Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

4 Kisah yang Membuat Kamu Tidak Lagi Meremehkan Uang Receh

by Surtan Siahaan on 29 Juni, 2016

uang receh - CekAja.com

Karena secara nominal tidak besar, banyak orang menyepelekan uang receh. Bahkan, tidak jarang orang malas memungut receh yang terjatuh dari kantong. Padahal, jika kamu mau sabar mengumpukan receh sedikit demi sedikit, nilainya bisa menjadi besar.

Bahkan ada banyak kejadian di mana orang melakukan pembelian barang-barang berharga hanya dengan uang receh. Mau tahu apa saja barang yang pernah dibeli dengan receh? berikut ini artikel selengkapnya:

Berangkat umrah

Jangan sepelekan receh. Seorang guru mengaji di Palembang, Sumatera Selatan bahkan bisa berangkat umrah dengan uang koin yang dikumpulkannya dengan sabar selama empat tahun. Seperti dikuti CekAja dari Dream, Erliyati, guru mengaji tersebut berhasil mengumpulkan uang senilai Rp 1 juta selama 4 tahun menabung receh.

Uang yang terkumpul tersebut kemudian ditabung dalam bentuk tabungan haji. Beruntungnya, bank tempat dia menabung memiliki program umrah gratis bagi guru yang menjadi nasabah tabungan haji. Erliyati pun menjadi satu di antara sejumlah guru yang berangkat mengunjungi tanah suci. (Baca juga: Mau Dongkrak Kekayaan di Dunia Investasi? Ini Tipsnya)

Beli motor

Hanya bermodalkan keinginan dan ketekunan menabung, pasangan suami istri, Dimyati dan Lina Latifah berhasil membeli satu unit motor yang sudah lama diidamkannya. Setelah bertahun tahun mengumpulkan receh, Dimyati berhasil mengumpulkan satu karung receh yang nominalnya mencapai Rp 5 jutaan.

Seperti dikuti dario jpnn, Dimyati yang berprofesi sebagai guru mengaji tersebut menabung receh karena penghasilannya yang kecil dan tidak familiar dengan perbankan. Namun, karena ketekunannya, Dimyati yang tidak punya rekening bank sekalipun berhasil membawa pulang motor idamannya.

Beli mobil

Mobil seharga ratusan juta rupiah bahkan bisa dibeli dengan receh. Kejadian nyata ini dilaporkan terjadi di China setelah seorang penjual permen membeli truk seharga Rp 170 juta dengan uang receh seberat setengah ton. Cai, seorang penjual permen dan biskuit tersebut awalnya mengaku tidak pernah berniat menabung receh.

Namun, dia merasa kesulitan jika harus menukarkan pecahan kecil tersebut ke bank setiap saat. Jadilah uang tersebut dikumpukkan sedikit demi sedikit selama bertahun-tahun. (Baca juga: Melebihi Harga Rumah, Ini 12 Jam Tangan Pria Termahal di Dunia)

Bisa beli rumah

Kejadian membeli rumah menggunakan uang koin memang belum pernah dilaporkan terjadi. Namun, hal itu bisa saja terjadi jika kamu adalah seorang kolektor pengumpul uang koin kuno. Sebab, ada banyak uang koin kuno Indonesia yang kini punya harga selangit. Salah satu yang paling mahal adalah uang koin pecahan Rp 20 ribu yang diproduksi pada tahun 1970.

Uang yang hanya diproduksi sebanyak 1.285 keping ini memiliki harga pasaran mencapai puluhan juta rupiah. Bayangkan, jika kamu memiliki 10 keping saja, bisa dipastikan nilainya cukup jika ditukarkan dengan uang muka rumah yang kamu inginkan.

Tentang Penulis