Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

4 Langkah Darurat yang Harus Segera Dilakukan Saat Rumah Kemalingan

by Rafly Aditia on 2 Juni, 2016

Kemalingan adalah salah satu peristiwa yang tidak pernah diinginkan oleh siapapun. Apalagi berita mengenai rumah yang berhasil dibobol maling makin banyak saja. Hal ini tentu membuat kamu jadi lebih khawatir. Oleh karenannya, keamanan rumah harus makin ditingkatkan. Tapi, bagaimana jadinya kalau rumah yang dibobol maling milik kita sendiri. Apa yang harus dilakukan?

Nah, kalau nasi sudah menjadi bubur, alias rumah sudah terlanjur kemalingan, coba lakukan 4 langkah darurat berikut ini:

Telepon polisi

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika mengetahui bahwa maling berhasil menggasak harta benda di rumah adalah menelepon polisi. Hal ini memang terkesan klise, tetapi ketahuilah bahwa bantuan dari pihak kepolisian akan sangat bermanfaat untukmu nantinya.

Selain itu, sebaiknya kamu tidak menyentuh barang-barang setelah rumah kemalingan karena nantinya polisi akan melakukan penyelidikan lewat sidik jari. (Baca juga: Baru Lulus Kuliah? Ini 5 Rahasia Sukses Agar Masa Depanmu Cerah)

Hubungi pihak asuransi

Di sinilah fungsinya kamu mengasuransikan rumah. Setelah menghubungi polisi, sekarang saatnya pihak asuransi mengetahui apa yang terjadi dengan rumahmu. Berikan keterangan selengkap mungkin, bahkan kalau bisa berikan laporan dari kepolisian.

Kalau kamu lupa apa saja yang raib di rumah, ingatlah bahwa ada beberapa poin tertentu tentang ganti rugi pada perjanjian antara kamu dan pihak asuransi. Bukan hanya barang hilang, tetapi kerugian akibat barang-barang yang rusak saat maling masuk ke rumahmu juga bisa diganti. Bayangkan kalau kamu gak punya asuransi rumah? Berapa banyak kerugian yang harus ditanggung sendiri?

Minta satpam di wilayahmu untuk lebih waspada

Ketika sudah mengalami kejadian seperti ini, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah menjadi lebih waspada. Kamu mungkin tidak bisa 24 jam terus ada di rumah. Untuk itu, minta pihak keamanan atau satpam setempat untuk lebih waspada terutama terhadap kehadiran orang asing.

Jangan sampai terjadi peristiwa merugikan yang kedua kalinya. Sebaiknya kamu juga lebih sering berkomunikasi langsung dengan satpam di wilayahmu.

Tidak ada salahnya menyelidiki sendiri

Ketika sudah melakukan langkah-langkah di atas, tidak ada salahnya untuk mencari tahu sendiri. Percayalah pada pihak kepolisian, tetapi kalau ingin mencari tahu lebih lanjut dan kamu merasa ada beberapa hal janggal coba saja selidiki sendiri. Tidak jarang justru kasus pencurian selesai di tangan korbannya sendiri. (Baca juga: 5 Trik Menghindari Pengeluaran Berlebih Saat Belanja)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.