Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

4 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Kecelakaan Lalu Lintas

by Rafly Aditia on 6 Januari, 2017

wanita lebih butuh asuransi _ asuransi kendaraan _ CekAja.com

Kecelakaan lalu lintas memang kerap kali membuat seseorang panik dan bingung harus melakukan apa. Terutama bagi kamu yang baru pertama kali mengalami kecelakaan di jalanan.

Tidak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi masalah satu ini jika melakukan hal yang tepat. Berikut ini 4 langkah penting yang harus dilakukan saat mengalami kecelakaan:

Normal kok kalau kamu mengalami syok

Sangat normal apabila kamu merasa syok ketika mengalami kecelakaan. Mungkin kamu tidak bisa berpikir jenih untuk sesaat, tangan gemetar, dan sebagainya. Untuk itu, kamu perlu menenangkan diri terlebih dahulu.

Buat tubuhmu lebih rileks dengan mencari tempat untuk duduk atau bersandar sesaat. Bahkan syok bisa terjadi selama beberapa hari. Tetapi, kalau kecelakaan tersebut menimbulkan syok atau trauma berkepanjangan, barulah sebaiknya kamu pergi ke dokter.

(Baca juga: 6 Mobil Baru Tahun 2017 yang Harganya Kurang dari Rp 100 Juta)

Segera pergi ke rumah sakit kalau kamu cedera

Apabila kamu mengalami cedera karena kecelakaan, misalnya patah tulang dan sebagainya maka kamu harus segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang terbaik.

Hubungi orang-orang terdekat dan keluargamu ketika situasi sudah sedikit terkendali, karena kamu sejatinya juga membutuhkan dukungan emosional dari mereka.

Berhubung biaya pengobatan rumah sakit mahal, sudah seharusnya kamu melindungi diri dengan asuransi kecelakaan diri atau asuransi kesehatan agar tidak bangkrut setelah kecelakaan.

Jaga kondisimu dengan disiplin setelah kecelakaan

Biasanya setelah kecelakaan dan kamu mengalami beberapa cedera serius, maka akan ada beberapa pantangan yang harus dihindari. Misalnya ketika kamu mengalami patah tulang dan baru dalam tahap pemulihan, hindari melakukan gerakan-gerakan yang berat dan berintensitas tinggi. Rajinlah konsultasi ke dokter terkait perkembangan proses pemulihanmu.

(Baca juga: Panduan Belanja untuk Menghemat Biaya Umroh)

Hubungi pihak asuransi, kalau perlu juga pengacara

Disinilah gunanya kamu memiliki asuransi, ketika hal-hal tidak diinginkan terjadi maka kamu bisa terhindar dari tuntutan finansial yang sangat mungkin membuatmu bangkrut. Ceritakan secara detil terkait kecelakaan yang menimpamu, apa saja yang kamu butuhkan dan sebagainya.

Bahkan ketika kecelakaan yang kamu alami terbilang serius dan diproses secara hukum, maka sudah pasti kamu perlu menghubungi pengacara agar semuanya dapat terkendali dengan baik.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami