Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

4 Niat Puasa yang Bahkan Tidak Diketahui Google

by lhmdi on 26 Maret, 2016

bisnis syariah-CekAja.com

Menjelang menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan, maka hampir semua masyarakat muslim memanjatkan niat puasa sebagai pertanda mereka akan menjalankan ibadah selama satu bulan penuh.

Niat ini dianggap sebagai bentuk kesungguhan umat muslim dalam menjalani ibadahnya. Selain itu, melalui niat pula yang membedakan antara puasa di bulan Ramadan dengan niat atau doa puasa lainnya.

Secara umum, niat puasa Ramadan biasanya dilakukan setiap malam sebelum waktu Subuh tiba, atau sebelum makan sahur. Selain itu, niat puasa di bulan Ramadan pun tidak perlu dilakukan setiap harinya, namun cukup dilakukan hanya dalam waktu satu kali dalam sebulan saja.

Saat di bulan Ramadan dan bulan puasa, tentunya kita tetap harus beraktifitas sehari-hari, termasuk dalam kegiatan keuangan yang kita lakukan. Bertepatan dengan momen bulan puasa tentunya ada nilai-nilai positif lain yang bisa kita tularkan. Salah satunya adalah kesungguhan selain niat puasa.

Jika kamu adalah seorang muslim dan bersiap untuk menikmati bulan Ramadan, maka jangan lupa juga untuk meniatkan beberapa hal berikut ini: 

  1. Membayar utang tepat waktu

Niat membayar utang merupakan salah satu hal yang penting dilakukan. Bahkan tidak hanya di bulan Ramadhan saja. Apalagi, jika di bulan-bulan sebelumnya pengeluaran kamu untuk membayar utang tidak terlaksana dengan baik.

Sehingga niat membayar utang tepat waktu menjadi terbengkalai. Akhirnya kerugian bisa terjadi pada diri kamu sendiri. Beban utang semakin besar, plus bunga yang dibayarkan akan semakin besar. Bertepatan dengan bulan Ramadhan tidak salah rasanya jika kamu mulai disiplin dalam membayarkan utang-utang secara tepat waktu kan?

  1. Membuat prioritas pengeluaran

Saat bulan puasa, hampir semua masyarakat pasti akan mengeluarkan uang yang lebih. Mulai dari berbagai macam kebutuhan primer, hingga kebutuhan lainnya seperti tiket mudik, membayar asisten rumah tangga dan berbagai macam kebutuhan lainnya.

Inilah saat yang tepat untuk memulai kembali niat membuat prioritas pengeluaran dengan teratur. Apalagi jika selama kamu masih belum rapi dalam mengelola keuangan sendiri. Bulan Ramadan bisa dijadikan sebagai momentum untuk melakukan kegiatan yang lebih positif seperti membuat prioritas pengeluaran yang tepat.

Jika sudah berhasil kebiasaan ini tentunya akan bisa terapkan di bulan-bulan berikutnya, selain di bulan Ramadhan. Jadi, sembari berniat untuk puasa dengan baik, jangan lupa untuk menyiapkan diri kamu sendiri untuk bersungguh-sungguh mengelola keuangan pribadi ya!

  1. Membayar cicilan

Bulan puasa merupakan bulan yang tepat untuk mengatur kembali keuangan seperti membayar cicilan dengan teratur. Lebih hemat karena bulan puasa plus kehadiran uang tunjangan hari raya biasanya akan membantu kamu mendapatkan uang yang lebih saat bulan Ramadan ini.

Nah! Jika uang yang didapat masih tersisa sekarang saatnya digunakan untuk membayar berbagai macam jenis cicilan dari pinjaman yang kamu ajukan. Misalnya jika kamu sedang mencicil untuk membeli rumah atau kendaraan bermotor maka uang yang didapat selama bulan Ramadhan bisa dijadikan sebagai alat pembayaran cicilan.

  1. Bayar Zakat

Siapa pun umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa pastinya diwajibkan membayar Zakat. Zakat sendiri merupakan jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan dan diberikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya dan sudah ditetapkan berdasarkan ketentuan syariah.

Selain niat puasa, umat muslim tentunya wajib untuk meniatkan membayar zakat sesuai dengan kemampuan mereka untuk berbagi kepada sesama. Jadi, agar puasa kamu lancar nantinya, jangan lupa untuk meniatkan sebuah hal yang postif bagi kehidupan kamu.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami