Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Pelajaran Bisnis yang Bisa Kamu Petik Dari Juara Liga Primer Inggris, Leicester City

by Rafly Aditia on 14 Mei, 2016

Kisah dongeng Leicester City di kompetisi sepakbola liga primer Inggris musim ini berakhir menjadi sejarah. Klub yang sama sekali tidak diprediksikan menjuarai liga pada awal musim tersebut justru tampil bagus dan memberi kejutan. Meski hanya memiliki peluang juara 5.000 banding 1, pasukan Claudio Ranieri tersebut akhirnya dapat merengkuh trofi sepak bola paling bergensi di Inggris.

Melalui kisah sukses yang dituai Leicester City musim ini, banyak sekali pelajaran yang bisa diambil, termasuk tentang bisnis. Yup, ternyata kamu bisa mendapatkan pelajaran bisnis lewat kisah The Foxes musim ini. Diadaptasi dari forbes berikut ini 4 pelajaran bisnis yang bisa kamu petik dari kesuksesan Leicester City:

Tempatkan sumber daya secara tepat

Leicester City tidak melakukan transfer besar selama awal musim panas lalu. Klub yang bermarkas di King Power Stadium tersebut hanya melakukan beberapa transfer kecil saja. Tetapi, mereka berhasil menempatkan para pemain di posisi yang benar-benar tepat. Riyad Mahrez, Jamie Vardy, dan Kante dimainkan di posisi yang membuat mereka maksimal.

Hal ini membuat perjalanan mereka di liga primer Inggris dapat berjalan mulus. Termasuk dalam bisnis, kamu harus memilih orang yang tepat di posisi yang tepat. Misalnya orang tersebut punya keahlian di bidang komunikasi, maka taruh dia di divisi Public Relationship, bukan justru ditaruh di divisi accounting.

Memaksimalkan apa yang ada

Leicester City bukanlah klub besar yang punya uang banyak, bahkan nilai keseluruhan skuat mereka hanya setara dengan nilai seorang pemain bintang seperti Raheem Sterling. Memanfaatkan apa yang dipunyai, Claudio Ranieri sebagai pelatih benar-benar tahu harus bagaimana. Menggali potensi anak didiknya, plus seperti yang sudah diceritakan pada poin di atas yaitu menempatkan mereka di posisi yang tepat.

Performa Leicester City berhasil membuat dunia tercengang. Dalam bisnis juga seperti itu, tidak usah minder kalau hanya memiliki modal kecil. Selama kamu punya ide dan rencana bisnis yang hebat, berbagai tujuan besar sangat mungkin untuk diraih.

Kekuatan mental

Para pemain The Foxes benar-benar mempunyai kekuatan mental luar biasa. Menjadi tim non unggulan yang berhasil mengejutkan dunia sejak awal musim, mereka tetap punya mental baja. Lewat kesuksesannya di awal musim, para pemain tidak menjadi besar kepala namun juga tetap tidak minder.

Inilah yang harus kamu tanam dalam pikrianmu. Ketika bisnis yang dibangun punya telah membuka peluang besar, jangan minder tetapi juga jangan jadi besar kepala.

(Baca juga: Bisnis yang Paling Digandrungi Anak Muda Indonesia Umur 20-an)

Fokus meraih tujuan jangka pendek terlebih dahulu

Salah satu resep utama yang membuat Jamie Vardy dan kawan-kawan merengkuh trofi liga primer Inggris adalah fokus. Para pemain Leicester City diminta oleh sang pelatih, Ranieri, untuk fokus terhadap tujuan-tujuan mereka, terutama tujuan jangka pendek yaitu menang dalam setiap pertandingan yang dijalani hari ini. Karena berhasil meraih tujuan jangka pendek tersebut akhirnya pencapaian besar berhasil diraih.

Begitu juga dalam bisnis, walau kamu punya tujuan jangka panjang yang besar tetapi jangan lupakan tujuan jangka pendek. Karena tujuan jangka pendek yang akan membawamu meraih tujuan besar di masa depan.

(Baca juga: Kalau Kamu Calon Pebisnis Sukses, Wajib Baca Artikel Ini)

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami