Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

4 Pelajaran Merintis Sukses dari Film Avengers: End Game

by Miftahul Khoer on 16 Mei, 2019

Sudah hampir satu bulan, film Avengers: End Game garapan Marvel masih tayang di banyak bioskop di Indonesia. Film yang disebut-sebut salah satu film terlaris sepanjang sejarah ini mencatatkan pendapatan lebih dari Rp30 triliun sejak resmi tayang pada 24 April 2019. 

Setiap film, tentu akan memberi kesan dan pesan terhadap penonton, tak terkecuali Avengers: End Game yang cukup banyak memberikan pelajaran berharga tentang hidup, perjuangan, pengorbanan dan kesuksesan yang bisa diteladani para penontonnya. Berikut pelajaran merintis sukses yang bisa dipetik dari film tersebut.

  1. Belajar dari Kegagalan

Kegagalan adalah pelajaran paling berharga. Istilah ini selalu menjadi kalimat pemicu semangat bagi siapapun yang ingin meraih kesuksesan dalam hidup. Banyak orang sukses harus melewati kegagalan sehingga ia belajar dari pengalaman pahitnya tersebut sehingga menjadi sukses.

(Baca juga: Avengers: End Game Kalahkan Titanic!)

Dalam banyak konteks, baik dalam karir, bisnis, pendidikan hingga rumah tangga, pengalaman gagal bisa menjadi pelajaran buat introspeksi diri. Inilah yang dilakukan para Avengers. Dalam film ini, diceritakan bahwa Thanos sang penjahat berhasil mengalahkan Avengers hingga merenggut banyak korban. Saking kuatnya, Thanos tak bisa dikalahkan.

Pelajaran inilah yang ingin disampaikan dalam Avengers: End Game. Para super hero ini akhirnya terus berpikir bagaimana caranya untuk bisa mengembalikan dunia dari kehancuran menjadi damai kembali dengan menggunakan konsep mesin waktu. Akhirnya, meski juga banyak rintangan, Thanos dan gerombolan penjahatnya kalah dan dunia kembali damai.

  1. Rela Berkorban

Kesuksesan gak bisa datang secara tiba-tiba. Segalanya harus dilakukan dengan fokus, komitmen dan penuh pengorbanan. Kalau kamu ingin sukses menjadi anggota legislatif misalnya, ya kamu harus rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran hingga finansial. 

Begitu juga jika kamu ingin sukses berbisnis dan berkarir, tunjukan pengorbanan apa yang bisa kamu berikan. Apakah kamu siap bangun pagi untuk memulai usaha? Siap mengeluarkan ide dan gagasan untuk kemajuan usahamu dan apakah kamu siap mengeluarkan modal agar bisnismu berkembang?

Jangan salah lho, Black Widow salah satu anggota Avengers bahkan rela mengorbankan nyawa hanya untuk memeroleh batu infinity demi kemaslahatan dunia. Black Widow harus berkelahi dengan sahabatnya sendiri Hawkeye hanya untuk rela mati sebagai syarat mendapatkan batu tersebut. Tapi bukan berarti kamu harus mengorbankan nyawa untuk meraih kesuksesan di bidang bisnis, karir dan pendidikanmu ya.

  1. Bangun Kekompakan

Buat yang sedang berbisnis atau merintis usaha, membangun kekompakan dengan tim sangatlah penting. Ciptakan kerja sama yang solid dalam tim secara profesional dan proporsional.

Sebuah perusahaan yang berkembang biasanya lahir karena manajemen yang baik dan sumber daya yang solid dan kompak. Dari mulai atasan hingga karyawan sama-sama mengerjakan tugas sesuai bidangnya masing-masing. Jika ada masalah yang terjadi pada karyawan, maka atasan ada baiknya hadir dan memberikan solusi yang dihadapi. 

Inilah juga pelajaran yang bisa didapatkan dari kekompakan para Avengers? Setelah Iron Man, Thor, Hulk dan banyak superhero yang sudah tak berdaya akibat dihajar oleh Thanos, para superhero dari karakter-karakter Marvel mulai dari Black Panther, Captain Marvel, hingga Spiderman akhirnya turun membantu para Avengers yang sudah lemah.

Berkat kekompakan para super hero yang turut membantu peperangan, akhirnya Thanos sang penjahat terkuat di dunia bisa dikalahkan.

  1. Sederhana dan Penuh Kasih Sayang 

Film Avengers: End Game banyak mengajarkan para penonton untuk hidup sederhana. Kita tahu Tony Stark yang menjadi Iron Man adalah orang super kaya. Namun, dalam film tersebut ia tidak dengan sengaja memamerkan kekayaannya kepada banyak orang.

Bahkan ia rela hidup di sebuah rumah yang sederhana. Ia juga tak lupa untuk mencuci piring sendiri di dapur.

Selain Tony Stark, ada juga Scott Lang si tokoh Ant Man dan Hawkeye yang jago memanah diceritakan sebagai tokoh yang sangat menyayangi keluarganya. Bukan hanya keluarga, ia juga tentu saja menyayangi banyak orang dengan menjadi superhero tersebut.

(Baca juga: Jangan Lupa Siapkan Stamina dan Tisu Sebelum Nonton Avengers: End Game)

Pelajaran yang bisa diambil adalah, ketika kamu sudah mencapai kesuksesan, janganlah pernah terlena dengan kemewahan yang berlebihan. Tetaplah hidup sederhana dan sayangilah sesama.

Dalam dunia nyata, tentu kamu bisa mengambil pelajaran dari film ini. Selain menyayangi keluarga, tentu saja setelah kamu sukses nanti, kamu harus menyayangi orang-orang yang membutuhkan dengan membantu mereka semampu kamu. Apalagi sekarang lagi bulan Ramadan, yuk sayangi dan cintai mereka-mereka yang membutuhkan.

Salah satu cara untuk menunjukkan rasa sayang kepada orang tua, istri, dan anak adalah dengan terus berupaya membahagiakan mereka. Mungkin dengan mengajak mereka liburan ke luar kota atau luar negeri saat musim libur lebaran nanti?

Jangan lupa manfaatkan promo dan diskon menarik yang bisa kamu dapatkan dari bank penerbit kartu kredit agar biaya liburan kamu bisa lebih hemat namun tetap hangat. Jika kamu belum punya kartu kredit, pilih sendiri kartu kredit yang cocok buat kamu lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.