Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

4 Pertanyaan yang Dijamin Bikin Kita Ingat Menabung

by Tisyrin N. T on 21 Desember, 2016

tips hemat menabung - CekAja.com

Hemat pangkal kaya, adalah peribahasa klasik yang sering kamu dengar saat masih duduk di bangku sekolah. Bagaimana cara menabung yang benar?

Namun, untuk mempraktekannya kerap terasa sangat sulit. Khususnya untuk kamu yang selalu merasa pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Coba jawab pertanyaan-pertanyaan berikut, agar tekadmu untuk lebih hemat semakin bulat.

Coba hitung pemasukanmu dalam setahun, ke mana saja uangnya, sudahkah menabung untuk masa depan?

Pernahkah kamu iseng menghitung uang yang kamu dapatkan dalam setahun? Banyak bukan? Kemana saja uang itu mengalir? Apakah kamu hanya menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari? (Baca: Kerja Puluhan Tahun, Sudah Cek Saldo Jamsostek Belum?)

Apakah kamu sudah menggunakannya untuk kepentingan yang bermanfaat di masa depan? Apakah kamu sering berbelanja tanpa pikir panjang setiap habis gajian? Adakah yang ‘tersisa’ dari gajimu selama ini?

Coba bayangkan jika kamu pandai mengatur pemasukan dengan baik, mungkin kamu akan mendapatkan ‘jejak’ dari gajimu, entah itu berupa tabungan, benda berharga, gelar pendidikan, deposito, traveling, rumah, mobil, modal untuk bisnis sampingan, ibadah umroh, ibadah haji, atau bahkan instrumen investasi.

Namun, jika kamu sama sekali tak menemukan ‘bekasnya’, kamu harus melakukan evaluasi pada keuanganmu. Apa yang salah? Jika kamu merasa gajimu terlalu kecil, kamu bisa mulai mencari peluang kenaikan gaji di kantor.

Cari tahu apa yang bisa membuatmu naik gaji. Atau, jalankan bisnis sampingan untuk menambah pemasukan. Jika gajimu tak ‘berbekas’ karena kamu boros, cobalah untuk lebih serius dalam berhemat. (Baca juga: Kontrak Kerja Karyawan Pengaruhi Pengajuan Kredit, Kenapa?)

Sudah berapa lama kamu bekerja dan berapa jumlah uang rekening?

Berapa lama kamu sudah bekerja? Berapa jumlah uang di rekeningmu? Jika kamu merasa sedih mendengar pertanyaan tersebut, maka ini merupakan tanda situasi darurat untuk berhemat. Untuk apa kamu membeli gadget mahal-mahal jika hanya menggunakannya untuk mengakses sosial media? Untuk apa membeli make up mahal-mahal jika kamu jarang menggunakannya?

Di mana kamu tinggal?

Kamu mungkin belum terpikir untuk membeli rumah, tetapi sadarkah kamu harga rumah bisa meningkat hingga 20% per tahun? Riset dari rumah123.com dan karir.com baru-baru ini bahkan mengungkapkan, hanya sebesar 17% dari kaum milenial yang mampu membeli rumah dengan harga kurang dari Rp 300 juta di wilayah sekitar Jakarta.

Di mana kamu tinggal sekarang? Nah, jika kamu tidak berhemat, bisa jadi kamu juga akan kesulitan membeli atau membangun rumah sendiri.

Kamu sudah berpenghasilan, pernahkah berkurban?

Bagi kamu yang muslim, sudah pernahkah kamu beli hewan kurban setiap hari raya Idul Adha? Harga smartphone yang kamu pegang setiap hari bisa jadi lebih mahal dari harga kambing. Cobalah tanamkan tekad untuk bisa berkurban tahun depan, kamu juga otomatis akan melakukan penghematan demi membeli hewan kurban.

Apakah kamu ingin traveling ke luar negeri?

Kamu selalu iri melihat foto-foto kawanmu yang sudah mengunjungi berbagai negara. Agar kamu bisa seperti kawanmu, butuh perjuangan mengumpulkan uang bukan? Mulai sekarang, bulatkan tekadmu untuk berhemat, ya!

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja bahkan cash back hingga jutaan rupiah? Daftar sekarang juga di sini

 

 

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.