4 Rekomendasi Buku Motivasi Diri Terbaik Sepanjang Masa

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan setiap orang untuk mendapatkan motivasi diri, mulai dari menonton film hingga membaca beberapa rekomendasi buku motivasi diri yang bisa kamu temukan dengan mudahnya di toko buku, baik itu secara online maupun offline.

rekomendasi buku motivasi diri

Masih sering dianggap sepele, faktanya membaca buku motivasi terkadang bisa membantu kita dalam menghadapi rintangan-rintangan di dalam hidup sekaligus menemukan kembali semangat kita yang sempat sirna demi mencapai kesuksesan.

Tidak hanya untuk kesuksesan semata, buku motivasi diri juga sangat ampuh dibaca untuk kamu yang tengah mengalami keputusasaan karena berbagai hal.

Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa rekomendasi buku motivasi terbaik sepanjang masa yang wajib kamu baca. Penasaran? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Rekomendasi Buku Motivasi Diri Terbaik

1. The Power of Positive Thinking

The Power of Positive Thinking - 4 Rekomendasi Buku Motivasi Diri Terbaik Sepanjang Masa

Rekomendasi buku motivasi diri yang pertama adalah The Power of Positive Thinking yang ditulis oleh Norman Vincent Peale. Dengan membaca buku ini, kamu akan diberikan beberapa peraturan penting yang akan membawamu kepada pemikiran yang positif, sesuai dengan nama dari bukunya itu sendiri.

Dr. Peale yang notabene berprofesi sebagai pastor ingin menyampaikan bahwa pemikiran positif yang dimiliki oleh setiap orang pada nantinya akan membawa orang-orang tersebut kepada impian dan kesuksesan.

Kamu akan belajar mengenai beberapa poin penting dari dalam buku ini, diantaranya adalah:

  • Jangan ragu untuk berekspektasi tinggi dan selalu berusaha untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan
  • Selalu percaya pada diri sendiri dan apapun yang tengah kamu lakukan
  • Kembangkan kekuatan untuk dapat mencapai tujuan
  • Hilangkan sikap takut dan khawatir dan jalankan hidup yang santai dan rileks
  • Kembangkan hubungan dengan orang lain, baik itu hubungan pribadi maupun hubungan profesional
  • Selalu berperilaku baik pada diri sendiri
  • Mengambil kendali atas seluruh keadaan yang kamu alami

Tidak hanya itu, buku ini juga akan menjelaskan mengenai pentingnya menciptakan pikiran yang tenang dengan membaca buku-buku inspiratif, jernihkan pikiran, dan visualisasikan hal-hal yang membuat dirimu menjadi tenang.

Dengan membaca buku ini, diharapkan kamu menjadi lebih termotivasi dalam menjalankan kehidupan yang penuh dengan optimisme dan harapan.

Penulis: Norman Vincent Peale

Penerbit: Fireside Books

Jumlah Halaman: 128 Halaman

Bahasa: Inggris

Kisaran Harga: Rp150.000

(Baca Juga: 6 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bisnis bagi Pemula)

2. The 7 Habits of Highly Effective People

The 7 Habits of Highly Effective People - 4 Rekomendasi Buku Motivasi Diri Terbaik Sepanjang Masa

Rekomendasi buku motivasi diri terbaik selanjutnya adalah The 7 Habits of Highly Effective People atau 7 kebiasaan paling efektif manusia yang ditulis oleh Stephen Covey. Buku ini dipublikasikan untuk pertama kalinya di Amerika Serikat pada tahun 1989 dan telah berhasil menjual sekitar 25 juta cetak di seluruh dunia.

Lalu, apa yang membuat buku ini sangat layak untuk dibaca? Buku ini membahas tentang 7 kebiasaan paling efektif yang bisa membuat seseorang bisa berhasil dalam mencapai tujuannya di dalam kehidupan.

Di dalam setiap bab yang ada, Covey membahas satu kebiasaan secara mendalam dan bagaimana kebiasaan tersebut bisa berkontribusi dalam menjalani hidup. Nah, 7 kebiasaan yang dibahas adalah:

  • Pertama: Menjadi Proaktif

Bertanggungjawab atas segala hal yang kamu lakukan, memiliki inisiatif untuk tetap optimis dan berusaha keras merubah suatu keadaan menjadi lebih positif. Selain itu, sadarilah bahwa lingkungan pergaulanmu selalu memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap berbagai hal yang kamu hadapi dan alami dan yang terakhir, jangan pernah menunggu suatu masalah terjadi sampai kamu mengambil aksi.

  • Kedua: Mulailah dari Akhir di dalam Pikiran

Maksudnya adalah bahwa kamu harus mulai untuk memikirkan masa depan dan jangan pernah menyerah untuk tetap berpaku pada rencana yang ingin kamu jalani.

Selain itu, pahamilah bagaimana orang lain mengambil keputusan di dalam kehidupan mereka dan jangan ragu untuk mengikuti langkah-langkah yang mereka ambil.

Agar lebih efektif, kamu juga perlu berperilaku berdasarkan beberapa prinsip, seperti: kamu ingin menjadi siapa di masa yang akan datang? Apa yang harus aku katakan kepada diri sendiri? Dan bagaimana kamu ingin diingat oleh orang lain?

Perlu diingat bahwa setiap kebiasaan baik yang kamu miliki kemungkinan bisa merubah hidupmu selamanya.

  • Ketiga: Dahulukan yang Utama

Mulailah untuk coba berpikir manakah yang harus menjadi prioritasmu, dan lakukanlah tugas-tugasmu berdasarkan skala prioritas yang sudah kamu buat.

(Baca Juga: 4 Film Inspiratif Penuh Motivasi untuk Meraih Kesuksesan)

  • Keempat: Berpikir Menang-Menang

Dalam menjalin suatu hubungan, cobalah untuk selalu mencari solusi atas berbagai masalah yang terjadi, namun dengan hasil akhir yang saling menguntungkan satu sama lain. Berpikir menang-menang bukan berarti kamu berusaha untuk menjadi baik, tetapi lebih kepada penyelesaian masalah yang cepat.

  • Kelima: Berusaha untuk Mengerti Orang Lain Terlebih dahulu, Baru Kemudian Dimengerti

Mendengar perkataan orang lain dengan empati agar mereka juga melakukan hal yang sama padamu. Hal ini mampu menciptakan rasa kepedulian, menghormati, serta memecahkan masalah dalam bentuk yang lebih positif.

  • Keenam: Sinergi

Menggabungkan kekuatan dari beberapa orang agar bisa menghasilkan kerjasama tim yang positif, sehingga guna mencapai tujuan, tidak ada satu orangpun yang akan bekerja sendirian.

  • Ketujuh: Asahlah Gergaji

Terakhir adalah dengan selalu berkembang. Seimbangkanlah antara energi dan kesehatan agar bisa menciptakan kehidupan yang bersifat jangka panjang, sebagai contoh seperti rutin melakukan meditasi ataupun yoga.

Penulis: Stephen R. Covey

Penerbit: Free Press

Jumlah Halaman: 372 Halaman

Bahasa: Inggris

Kisaran Harga: $17.00

3. How to Win Friends and Influence People

How to Win Friends and Influence People - 4 Rekomendasi Buku Motivasi Diri Terbaik Sepanjang Masa

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1936, buku How to Win Friends and Influence People sudah menjual lebih dari 15 juta copy di seluruh dunia. Maka dari itu, tak heran apabila buku ini juga masuk ke dalam daftar rekomendasi buku motivasi diri terbaik yang patut untuk kamu baca.

Bahkan pada tahun 2011, buku satu ini berhasil menduduki urutan ke-19 dari 100 buku paling berpengaruh di dunia menurut majalah Time. Ditulis oleh Dale Carnegie, buku ini mengajarkan kita tentang 12 cara untuk dapat mempengaruhi orang lain terhadap cara berpikir kita sekaligus 9 cara untuk dapat merubah orang lain tanpa ada rasa benci.

Selain itu, kamu juga akan belajar tentang bagaimana cara membuat orang lain menyukaimu, teknik dalam menghadapi orang lain yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, dan masih banyak lagi.

Dari kontennya saja, kita sudah bisa tahu bahwa buku ini bisa mempengaruhi siapapun yang membacanya untuk menjadi lebih sukses dalam menjalankan kehidupan.

Penulis: Dale Carnegie

Penerbit: Gallery Books

Jumlah Halaman: 288 Halaman

Bahasa: Inggris

Kisaran Harga: Rp100.000

4. Rich Dad, Poor Dad

Rich Dad Poor Dad - 4 Rekomendasi Buku Motivasi Diri Terbaik Sepanjang Masa

Buku yang ditulis oleh Robert Kiyosaki ini mengajarkan kita bagaimana cara mengatur finansial yang baik dan benar, namun sebenarnya belum pernah kita pelajar di sekolah sebelumnya.

Di dalam buku ini, Kiyosaki mencoba untuk menjelaskan bahwa guru terbaik di dalam hidup adalah kehidupannya itu sendiri. Ketika bangun setiap harinya, kamu akan berhadapan dengan masalah-masalah yang harus kamu pecahkan sendiri, yang mana masalah tersebut akan menjadi pembelajaran yang berarti bagimu.

Selain itu, buku ini juga akan mengajarkan kita bahwa sebenarnya selama ini kita memiliki persepsi yang salah terhadap uang. Orang kaya, mereka tidak bekerja untuk mencari uang, melainkan bekerja untuk mendapatkan aset dan salah satu kunci agar bisa mencapai kebebasan finansial adalah dengan memiliki kecerdasan finansial itu sendiri.

Buku ini akan merubah sudut pandang dan persepsi mu mengenai berbagai hal. Kamu akan mendapatkan pemikiran yang baru dan mungkin bisa merubah jalan hidupmu selamanya.

Penulis: Robert Kiyosaki

Penerbit: Warner Books Ed

Jumlah Halaman: 207 Halaman

Bahasa: Inggris

Kisaran Harga: Rp100.000

Jika kamu sudah menentukan ingin membeli buku yang mana namun masih bingung untuk membayar nya, kamu bisa ajukan kartu kredit di CekAja.com. Disana kamu akan dapat tawaran menarik dan sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha