Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Tempat Jual Emas Batangan Selain di PT Antam

by lhmdi on 4 April, 2016

tips kaya_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Bertahun-tahun yang lalu investasi emas sudah diminati untuk kepentingan jangka panjang.

Investasi emas sendiri bisa dikelola dengan mudah bagi siapa saja. Apalagi risiko yang dihasilkan juga terbilang rendah dibandingkan investasi lainnya. Harganya terbilang stabil, selain itu dengan jumlah modal yang tidak terlalu besar, membeli emas batangan pun dapat dilakukan dengan mudah.

Emas sendiri dapat dijual kembali, dalam kondisi keuangan yang mendesak dan bahkan nilai jualnya pun terbilang stabil. Salah satu tempat favorit dalam membeli emas adalah PT. Antam.

Aneka Tambang (Antam), merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Perusahaan ini kerap kali dijadikan sebagai tempat yang paling utama ketika masyarakat sedang mencari informasi atau ingin membeli emas batangan. Namun, masih ada tempat jual emas batangan lainnya yang bisa kamu tuju jika ingin membeli emas dan menginvestasikannya.

Berikut beberapa tempat penjualan emas batangan selain Antam yang bisa kamu pilih:

  1. Bank Syariah

Beberapa bank Syariah yang ada di Indonesia biasanya juga menawarkan layanan penjualan emas batangan. Beberapa bank Syariah tersebut diantaranya adalah Mandiri, BNI, hingga bank swasta seperti BCA.

Pembelian emas di beberapa bank Syariah ini bahkan bisa dibeli dengan kredit atau dicicil setiap bulannya.

  1. Pegadaian

Siapa yang tidak kenal dengan tempat yang ini. Identik sebagai “mengatasi masalah tanpa masalah” Pegadaian juga aktif menjual emas batangan kepada masyarakat yang tertarik membelinya.

Melalui Pegadaian masyarakat dimungkinkan untuk membeli emas baik secara tunai atau kredit. Bahkan Pegadaian bisa menjual emas dengan layanan online yang sudah mereka siapkan. Tujuannya sederhana, agar masyarakat semakin mudah membeli emas melalui lembaga keuangan resmi milik pemerintah ini.

  1. Layanan emas mobile

Selain PT Antam, terdapat juga anak perusahaan emas terbesar di Indonesia ini yang menyediakan emas bagi masyarakat yang tidak punya waktu panjang untuk membeli emas. Nama layanannya adalah Bukti Emas Mobil. Diberi nama butik, berarti tempat penjualan emas ini dikemas secara eksklusif.

Secara umum butik emas mobil ini ditempat di dalam gerai-gerai yang ada di pusat perbelanjaan seperti mal. Hingga saat ini lokasi butik emas sudah tersebar di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya yang terdiri dari dua butik, Makassar, Palembang, Semarang, Balikpapan, Banjarmasin, Medan, Denpasar dan Yogyakarta.

  1. Toko emas

Jika berkunjung ke toko emas biasanya akan disuguhkan dengan emas yang sudah dimodifikasi dalam bentuk perhiasan. Namun, jangan salah karena ada beberapa toko emas yang juga menawarkan emas batangan.

Bahkan beberapa toko emas ini juga memberikan sertifikat kepemilikan resmi tentang emas yang akan dibeli. Beberapa toko bahkan menjual harga emas yang sedikit lebih murah ketimbang PT. Antam. Namun, satu hal yang perlu dipastikan, jangan sampai tertipu dengan kenakalan pengelola toko emas ya.

Memilih Emas Batangan Asli

Hal penting lainnya yang perlu kamu ketahui sebelum membeli emas adalah tentu saja membuktikan apakah emas tersebut benar-benar asli. Beberapa cara berikut ini akan membantu kamu mengenali nilai sebuah emas:

Kepadatan emas murni 24 karat biasanya adalah sebesar 19.3 gram atau mililiter. Oleh karena itu, pastikan, sebelum membeli emas untuk mengetahui densitasnya dengan cara menguji terlebih dahulu. Secara umum, semakin tinggi kepadatan emas, maka akan semakin bernilai murni emasnya.

Jangan lupa, sebelum kamu membeli emas, pastikan untuk mengujinya terlebih dahulu. Baik itu saat membelinya di Pegadaian, atau toko emas dan berbagai macam tempat lainnya. Cara ini untuk menghindari agar kamu tidak tertipu saat membeli emas dan rugi besar ketika akan menjualnya kembali.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami