Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Tips Aman Dibonceng Abang Ojek Online

by Anes Saputra on 3 Februari, 2020

Keberadaan ojek online alias ojol di Indonesia sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup masyarakat. Selain lebih efisien, dibonceng ojek online juga bisa membuat mobilitas lebih cepat.

ojol

Namun, jangan asal cepat tapi juga harus selamat. Berikut ini adalah tips cara aman menggunakan layanan ojek online berdasarkan pengalaman penulis pribadi.

1. Wajib pakai helm

Helm merupakan standar keselamatan yang paling utama. Di mana setiap pengendara kendaraan sepeda motor harus menggunakan helm saat berada di jalan raya.

Selain itu helm juga adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi dan merupakan standar persyaratan dari perusahaan ojek online di mana harus selalu menyediakan helm untuk para penumpangnya.

Nah, jika kamu menemui pengendara ojek online yang tidak menawarkan helm saat menjemput mending langsung batalkan saja.

2. Tegur jika pengendara tidak taat aturan

Sebagai orang yang dibonceng oleh pengendara ojek online, tentunya wajar untuk memperingatkan sang pengendara yang bertanggung jawab atas keselamatan kita.

(Baca juga: Wahai Ojekers, Cek Nih Aturan Ojek Online yang Baru Diterbitkan)

Akan lebih baik memberi peringatan jika kamu merasa ketakutan karena pengendara melaju dengan kecepatan tinggi, atau apabila pengendara menerobos peraturan lalu lintas yang berlaku.

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Baik membonceng atau mengendarai sendiri sebuah sepeda motor, celana panjang adalah kostum yang wajib digunakan. Hal ini sangat sesuai dengan standar keselamatan berkendara dengan menggunakan sepeda motor di mana salah satu kostum wajib menggunakan celana panjang serta jaket.

Penumpang sebaiknya juga tidak menggunakan rok panjang, karena saat berkendara di jalan rok tersebut bisa tergulung ratai dan jari-jari motor.

Dengan menggunakan kostum standar keselamatan berkendara ini tentunya akan lebih aman dalam membonceng siapa saja termasuk ojek online ini. Jadi pastikan untuk menggunakan pakaian sesuai standar keselamatan sehingga kamu semakin merasa aman.

4. Jangan pakai sandal

Sebenarnya penggunaan sandal untuk pengendara ojek online sudah dilarang, namun tidak demikian dengan penumpangnya.

Tetapi alangkah baiknya jika penumpang tidak menggunakan sandal saat bepergian dengan ojek online. Sebab dengan menggunakan sepatu, penumpang bisa lebih terlindungi jika terjadi kecelakaan. Selain itu, sepatu juga mengurangi risiko pijakan kita selip jika berboncengan di tengah hujan lebat yang menyebabkan jalanan licin.

(Baca juga: 5 Bisnis Rumahan yang Bisa Bikin Kaya Hanya Mengandalkan Ojek Online)

Di beberapa negara juga ada peraturan khusus yang melarang pengendara maupun orang yang dibonceng sepeda motor menggunakan sandal. Misalnya di India yang pemerintahnya melarang masyarakat untuk berkendara dengan menggunakan sandal.

Itu dia empat tips aman berboncengan dengan pengendara ojek online yang bisa kamu ikuti. Kalau mau lebih aman lagi, miliki asuransi kecelakaan yang bisa melindungi diri kamu dan keluarga dari berbagai risiko kecelakaan di jalan raya.

Pilih dan ajukan asuransi kecelakaan yang sesuai dengan kebutuhan kamu lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke