Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

4 Tips Bisnis Modal Kecil Buat Nambah Penghasilan yang Pas-Pasan

by Gito on 27 April, 2020

Ancaman ekonomi terhadap banyak pekerja, merupakan bentuk nyata dari liarnya wabah virus Covid-19. Sepak terjangnya tidak hanya meruntuhkan dinding Kesehatan semata, melainkan banyak sektor ikutannya yang akhirnya juga terjangkit virus tersebut. Nah sebagai langkah mitigasi, kamu yang memiliki penghasilan pas-pasan, bisa mulai bisnis modal kecil.

Memiliki penghasilan tambahan merupakan berkah tersendiri, Apalagi buat kamu yang penghasilannya mini. Tambahan pendapatan tersebut bisa digunakan untuk dana tabungan atau juga untuk menyambung hidup.

Ada banyak bisnis modal kecil yang bisa kamu mulai. Seperti bisnis makanan, minuman kekinian, jasa dan distribusi.

Tidak usah langsung memikirkan berapa cuan yang bisa kamu dapat, tetapi yang terpenting adalah kamu bisa ikut berkontribusi untuk menjaga negara ini jatuh ke jurang resesi.

Ya, berdasarkan data Kementerian Koperasi, kontribusi bisnis yang memiliki modal kecil alias yang masuk dalam golongan usaha mikro kecil menengah (UMKM), mencapai 61% terhadap total produk domestik bruto (PDB).

Angka tersebut bakal terus digenjot melalui sejumlah insentif dan juga kebijakan lainnya hingga bisa menyentuh angka 65% pada tahun 2024 mendatang.

Memang, tidak dapat dipungkiri, banyak hal besar yang terjadi dimulai dari hal yang dianggap kecil sebelumnya.

Nah berikut merupakan 5 tips bisnis modal kecil yang cocok buat kamu yang memilki penghasilan pas-pasan.

Terpenting yang harus diperbuat adalah, kamu harus berani memulai bisnis tersebut, jangan biarkan idemu akhirnya usang termakan oleh mimpi dan khayal.

(Baca juga: Bisnis Modern Modal Kecil Yang Bisa Kamu Mulai)
1. Menjual menu berbuka puasa dan sahur tampaknya bagus
Menjual menu berbuka puasa dan sahur tampaknya bagus - 4 Tips Bisnis Modal Kecil Buat Nambah Penghasilan yang Pas-Pasan

Momentum bulan Ramadan tampaknya bisa menjadi ladang bisnis modal kecil untuk kamu. Kamu bisa memanfaatkannya dengan menjual menu untuk berbuka puasa seperti kolak, bubur kacang hijau, es kelapa, dan berbagai jenis makanan manis lainnya yang bisa digunakan untuk berbuka.

Menu seperti pudding, kolak biji salak, es buah, berbagai jenis gorengan tampaknya juga mudah untuk dilakukan.

Selain itu, saat malam hari kamu bisa mulai menjual makanan untuk menu sahur. Buatlah makanan yang bisa tahan lama dan tidak perlu repot untuk memasaknya kembali.

Makanan seperti rendang, keripik kentang balado, tahu bakso dan menu lainnya yang memiliki daya tahan lebih dan mudah untuk memasaknya kembali.

Kebutuhan modal untuk menjual menu berbuka tidak sampai Rp500 ribu. Urusan tempat untuk menata, bisa dilakukan diatas meja yang kami miliki. Jadi tidak perlu modal tambahan untuk membeli peralatan.

Terpenting dalam melakukan hal diatas adalah, kamu harus bisa melihat peluang dan celah yang bisa dimanfaatkan untuk kemudian diolah menjadi amunisi penghasil cuan.

Tidak usah berpikir ruwet, kadang dengan berpikir sederhana justru dapat menghasilkan, karena memang itulah yang orang banyak butuhkan.

2. Menjual aneka kue kering

Menjual aneka kue kering - 4 Tips Bisnis Modal Kecil Buat Nambah Penghasilan yang Pas-Pasan

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan menjual kue kering.

Adanya pandemi covid-19 memang membuat lebaran kali ini terasa berbeda, tetapi bukan berarti kebutuhan akan kue kering juga akan melambat.

Kamu bisa menjadi reseller dari beberapa merek kue kering kenamaan. Disitu kamu bisa mengambil untung dari harga jual yang diberikan.

Paket harga untuk menjadi reseller biasanya lebih murah dari harga yang bisa kamu lihat di toko.

Untuk lebih memudahkan, kamu juga bisa mulai menjadi dropshipper dari beberapa produk online.

Disini yang dibutuhkan adalah fokus, ya kamu harus bisa fokus untuk bisa memulai bisnis modal kecil.

3. Pakaian Muslim

Pakaian Muslim - 4 Tips Bisnis Modal Kecil Buat Nambah Penghasilan yang Pas-Pasan

Pakaian muslim biasanya bakal mengalami permintaan yang tingggi jelang lebaran.

Paling tidak untuk keluarga besar yang sekarang sedang menjalani pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pasti membutuhkan seragam pakaian muslim yang bisa dipakai untuk berfoto atau saat videocall.

Pada tahap awal, kamu bisa menggunakan skema dropship. Jadi tidak perlu modal, kamu hanya perlu memanfaatkan luasnya jaringan media sosial untuk memasarkan barang dagangan kamu.

Jadikan model bisnis dropship sebagai modal awal kamu dalam membangun kerajaan bisnismu. Oh ya, satu hal yang juga harus kamu lakukan sebagai tips awal berbisnis adalah ikuti kemauan pasar.

Seperti saat sekarang, banyak orang membutuhkan pakaian muslim, ya kamu juga harus bisa memulai bisnis tersebut. Nanti ketika sudah berhasil menemukan pasarnya, baru deh kamu bisa fokus menekuni bisnis modal kecil tersebut.

4. Jasa ketik

Jasa ketik - 4 Tips Bisnis Modal Kecil Buat Nambah Penghasilan yang Pas-Pasan

Jika tempat tinggal kamu berdekatan dengan fasilitas Pendidikan seperti kampus ataupun sekolah, kamu bisa memulai bisnis modaal kecil jasa pengetikan.

Modalnya hanya printer dan juga laptop. Untuk printer, harganya berkisar di kisaran Rp1 hingga Rp5 juta, kamu bisa pilih dengan harga yang terendah.

Tetapi potensi keuntungan yang bisa didapatkan juga cukup menggiurkan, karena rata-rata biaya jasa pengetikan mencapai Rp2.000 hingga Rp3.000 per lembar.

Jika ternyata kepepet membutuhkan layanan internet, kamu bisa manfaatkan personal hotspot dari telepon seluler kamu.

Jasa ketik yang bisa kamu layani mulai dari pengetikan tugas, makalah, daftar absensi siswa, daftar nilai siswa, hingga skripisi.

(Baca juga: Bisnis Kuliner Alternatif yang Menguntungkan )
Perluas bisnismu dengan modal yang kuat

Jika rencana bisnis modal kecilmu bisa berjalan sesuai dengan rencana, maka kamu bisa mengembangkannya ke tahap berikutnya.

Jika membutuhkan dana eksternal, tidak perlu takut. Karena ibarat pepatah, no pain no gain.

Kamu bisa ajukan dana dari Lembaga perbankan untuk memperkuat usahamu.

Kamu bisa mempertimbangkan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) dari Bank Permata sebagai mitra finansial, karena untuk mendapatkannya kamu yang tidak memiliki kartu kredit juga bisa mengajukan fasilitas KTA.

Ditambah, proses pencairan dana yang cepat juga bisa membantumu memperluas bisnis modal kecilmu. Karena dengan waktu 1 hari, dana yang kamu ajukan sudah masuk di rekening dengan nilai cicilan tetap.

Jadi jangan ragu untuk ajukan KTA dari Bank Permata. Akses CekAja.com dan temukan produk keuangan yang cocok untuk kebutuhanmu.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit