Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

4 Tips Mewujudkan Transparansi Keuangan Bersama Pasangan

by Rafly Aditia on 23 November, 2015

bisnis pasangan - CekAja.com

Permasalahan keuangan merupakan isu yang sensitif bagi setiap orang, bahkan dalam rumah tangga sekalipun. Saat ini tidak sedikit pasangan suami istri yang melakukan kebohongan mengenai kondisi keuangan masing-masing.

Sebuah penelitian dari Self.com dan Today.com yang melibatkan 24.000 laki-laki dan perempuan mengungkapkan, hampir 50 persen dari pasangan yang menikah mengakui bahwa mereka saling memiliki rahasia mengenai kondisi keuangan antara satu sama lain

Tidak kurang dari 37 persen pria dan 56 persen wanita dalam penelitian tersebut mengakui bahwa mereka berbohong kepada pasangannya mengenai situasi finansial mereka. Tentu hal ini bukanlah merupakan hal yang baik karena dapat memberikan pengaruh buruk terhadap hubungan pernikahan.

Tidak pakai kalimat menyalahkan

Penggunaan kalimat yang menyalahkan pasangan seperti “Kamu selalu.. atau kamu tidak pernah..” akan memberikan dampak buruk kepada pasanganmu dan membuat pasanganmu menutup diri darimu termasuk tentang uang simpanannya.

Usahakan lebih terbuka satu sama lain

Sebaiknya mulailah melakukan perencanaan keuangan lebih awal dan usahakan masing-masing mencoba untuk transparan. Bila ada rencana menikah, usahakan dilakukan sebelumnya.

Karena hal itu akan sangat membantu meraih tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Selain itu bisa membuat kamu dan dengan lainnya tidak saling memiliki rahasia terkait masalah keuangan.

(Baca juga: Mengatasi Pasangan Kamu Selingkuh Uang?

Tidak memancing konfrontasi

Akan sangat membantu apabila kamu duluan yang berbicara mengenai situasi dan kondisi keuangan. Karena hal tersebut akan membuat pasangan bisa lebih terbuka dalam mengungkapkan situasi keuangannya.

Jangan pernah berkonfrontasi dan menyulut api peperangan kepada pasangan termasuk masalah keuangan kalian berdua. Ingat, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa masalah keuangan jadi penyebab terbesar rusaknya sebuah hubungan.

Tanya ahli

Apabila kamu dan pasanganmu memiliki masalah serius terkait keuangan, terutama bila melibatkan jumlah uang yang banyak dan risiko yang tinggi, ada baiknya kamu menggunakan jasa konsultan keuangan atau tanya ahli perencanaan finansial.

Serahkan urusan keuangan kalian berdua kepada sang ahlinya, jangan sampai karena kamu berdua memiliki masalah keuangan berdampak buruk terhadap hubungan pernikahanmu. Ingat, uang memang bernilai namun hubungan pernikahanmu tak ternilai dan tidak bisa dibandingkan dengan hal apapun.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.