Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Trik Bisnis Internet Gratis Menggunakan Media Sosial

by lhmdi on 1 Desember, 2016

tips pakai media sosial - CekAja.com

Perkembangan teknologi semakin memudahkan cara masyarakat untuk memulai bisnis internet gratis.

Jika dahulu bisnis gratis digerakkan melalui layanan blog dengan berbagai teknik tersendiri untuk mendapatkan uang, maka pada era sekarang, media sosial menjadi alternatif baru untuk mendapatkan sejumlah keuntungan.

Sejak dimulainya era Facebook, secara perlahan nama-nama seperti Instagram, Twitter hingga aplikasi pengirim pesan seperti LINE dan BlackBerry messenger merupakan sarana untuk menjalankan bisnis secara gratis menggunakan internet, seperti membuat toko online.

Tahun 2017 merupakan tahun yang pernah dengan tantangan dan tentunya akan semakin banyak bermunculan berbagai macam ide-ide kreatif baru yang dapat digunakan sebagai media untuk memulai bisnis.

Lalu apa saja trik-trik yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis internet gratis dengan menggunakan media sosial pada tahun 2017?  Berikut beberapa pilihannya:

  1. Memilih media sosial yang tepat

Setelah membuat objektif dari bisnis yang direncanakan, pemilihan media sosial pun akan sangat berpengaruh. Setiap media sosial punya keunikan tersendiri dalam memberikan visualisasinya. Facebook dan Instagram pasti punya cara yang berbeda dalam menampilkan strategi pemasaran yang akan dijalankan.

Begitu juga ketika berbisnis menggunakan layanan seperti Twitter, atau menggunakan plafotrm aplikasi pesan instant seperti BBM atau LINE pastinya juga sangat berbeda.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

  1. Gunakan media sosial sebagai tempat survei

Mengelola media sosial sebagai tempat bisnis internet gratis bukan berarti hanya terus-terusan beriklan membuat postingan yang berisikan tentang produk. Bisa-bisa pelanggan atau follower akan menjadi bosan melihat hal tersebut.

(Baca juga: Kecerobohan di Media Sosial yang Bisa Bikin Kamu Bangkrut)

Sesekali cobalah melakukan penyegaran konten tersendiri dengan membuat survei kecil-kecilan. Selain sebagai bentuk penyegaran, cara ini akan membantu kamu mengetahui keinginan dari berbagai macam konsumen. Atau kemungkinan terbesar, kamu sebagai yang menjalankan bisnis mendapatkan ide-ide baru yang tidak jarang justru muncul dari customer.

  1. Menyajikan konten yang berbeda-beda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, media sosial butuh penyegaran konten atau postingan yang berbeda untuk menarik minat konsumen. Tidak hanya mengunakan kata-kata, namun sebuah foto, meme, video singkat atau video yang disiarkan secara langsung bisa menjadi konten baru untuk menunjang kegiatan bisnis di internet.

Menambahkan konten baru dapat menjaga dan menarik customer baru, dan membantu meningkatkan loyalitas brand yang sedang dibangun. Ciptakan konten yang sifatnya soft selling, sehingga pengikut di media sosial pun menjadi mengerti apa yang ditawarkan.

Konten yang menarik dan akan disebarkan oleh pengikut lainnya di media sosial mampu menciptakan “voice of share” yang berfungsi untuk mengenal bisnis lebih luas lagi.

  1. Tambahkan dengan video

Konten video pada tahun 2017 akan berperan penting untuk meningkatkan kepuasan customer dalam menyikapi apa saja yang akan dijual. Oleh karena itu pada tahun 2016 yang lalu beberapa brand sudah memulai cara ini untuk mendapatkan antusiasme masyarakat.

Namun tentunya bagi brand-brand baru atau bisnis kecil menengah menempatkan konten berupa video pun bisa menjadi solusi tersendiri. Oleh karena itu, mulailah berkreasi membuat video-video sederhana yang mengenalkan identitas brand atau produk-produk yang akan kamu jual.

  1. Memperluas jaringan

Tentunya, salah satu keunggulan bisnis internet gratis menggunakan media sosial adalah kehadiran fitur berbagi. Cara ini sebenarnya sangat baik bagi seseorang dalam memasarkan bisnisnya.

(Baca juga: 3 Jenis Barang yang Banyak Dicari Ketika Belanja Online)

Melalui fitur berbagi memungkinkan produk dilihat oleh banyak orang dan tidak hanya pengikut yang ada di media sosial saja. Selain itu beberapa media sosial pun sudah menawarkan fitur iklan bagi kamu yang memang benar-benar ingin berjualan secara langsung di media sosial.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.