Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Alasan Anda Harus Miliki Asuransi Perjalanan

by JTO on 10 November, 2014

Mulai dari bagasi yang hilang, penundaan pesawat, hingga risiko biaya rumah sakit di tempat Anda melakukan perjalanan, semuanya bisa diatasi dengan asuransi perjalanan. Dengan begitu, liburan Anda pun akan nyaman tanpa rasa khawatir.

Manfaat dan fungsi asuransi perjalanan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan asuransi pada umumnya, yaitu sebagai perlindungan. Hal yang membedakan, asuransi perjalanan memiliki jangka waktu yang singkat dalam perlindungan yang diberikan, yaitu sejak Anda sebagai pembeli premi melakukan perjalanan hingga Anda pulang dari perjalanan.

Sayangnya, banyak dari kita yang masih menganggap sepele untuk memiliki asuransi perjalanan. Alasannya bisa karena Anda telah memiliki asuransi kesehatan atau asuransi jiwa sendiri, atau dibanding membayar premi asuransi perjalanan lebih baik uangnya untuk tambahan uang saku perjalanan.

Padahal, asuransi perjalanan memiliki perlindungan yang berbeda dari asuransi yang mungkin sudah Anda miliki sebelumnya, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Bahkan, perlindungan terkait perjalanan yang dimiliki juga lebih khusus dan luas. (Baca juga: Travelling, Gunakan 3 Kartu Kredit Rekomendasi CekAja Ini)

Sebab, bukan saja perlindungan kesehatan dan jiwa, asuransi perjalanan memiliki perlindungan khusus yang terkait perjalanan. Mulai dari penundaan atau pembatalan penerbangan, hingga segala sesuatu yang Anda tinggalkan di rumah. Walau begitu, beragam manfaat dan perlindungan yang ditawarkan juga dipengaruhi oleh premi yang dibayarkan.

Nah, berikut adalah beberapa risiko atau kondisi yang bisa saja terjadi dan menjadi alasan bagi Anda untuk memiliki asuransi perjalanan.

1# Bila Penerbangan Ditunda atau Dibatalkan 

Sedang terburu waktu, ternyata pesawat Anda ditunda penerbangannya. Apalagi sampai dibatalkan. Hal itu tentu mengesalkan. Bila Anda yang sering melakukan perjalanan, tentu pernah merasakan kejadian ini. Bukan saja kerugian waktu yang ditimbulkan, namun juga kerugian materil. (Baca juga3 Fakta Anda Wajib Punya Asuransi Perjalanan)

Ternyata, asuransi perjalanan memberikan pertanggungan untuk risiko ini. Beberapa asuransi memberikan perlindungan apabila Anda mengalami penundaan penerbangan dengan minimal masa tunggu keterlambatan, ada yang menggunakan batas waktu masa tunggu 6 jam dan ada yang memakai 12 jam.

Bahkan, keterlambatan yang ditanggung bisa dikarenakan risiko karena aksi pemogokan, cuaca buruk, kerusakan mekanis atau cacat struktural atau penutupan bandara atau stasiun yang disebabkan oleh suatu kejadian diluar kendali Anda.

2# Bila Bagasi Hilang, Rusak, atau Telat Akan Diganti

Perjalanan Anda pastinya tidak akan nyaman bila bagasi atau barang bawaan yang kita bawa ternyata hilang atau rusak. Saat memiliki asuransi perjalanan, kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan dan kerusakan bagasi tersebut bisa mendapatkan perlindungan dan mendapatkan penggantian. Termasuk barang-barang yang ada di dalamnya maupun barang yang Anda pakai selama perjalanan. Enak toh? Bahkan, beberapa produk asuransi memberi ganti rugi jika ada keterlambatan penungguan bagasi lebih dari 12 jam.

3# Dokumen Perjalanan Hilang, Biaya Pengurusan Diganti

Passport hilang saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Ya, risiko inilah yang sering dialami oleh banyak orang saat melakukan perjalanan. Banyak kerugian yang bisa ditimbulkan dari kehilangan dokumen penting terkait perjalanan ini. Mulai dari harus memperpanjang waktu perjalanan untuk pengurusan dokumen, hingga penggantian tiket pesawat.

Bila Anda memiliki asuransi perjalanan maka tidak perlu khawatir. Sebab, perlindungan terhadap hilangnya dokumen perjalanan pun akan Anda dapatkan. Dalam polis, biasanya asuransi akan membayar Anda untuk biaya menerbitkan kembali paspor, tiket dan dokumen perjalanan lainnya yang hilang akibat pencurian dengan kekerasan, perampokan, pencurian biasa atau bencana alam (angin topan, gempa bumi dan lain-lain) ketika sedang di luar negeri selama jangka waktu pertanggungan.

4# Sakit atau Kecelakaan, Dapat Layanan Darurat 24 Jam

Misal, ketika sedang melakukan perjalanan, tiba-tiba Anda sakit atau mengalami kecelakaan. Setiap orang memang tidak mau mengalami risiko itu. Bahkan, bila perjalanan yang Anda lakukan adalah perjalanan ke luar negeri, Anda pun khawatir karena sadar dan tahu bahwa tidak sedikit biaya yang akan dikeluarkan untuk rumah sakit. (Baca juga: Mau ke Eropa? Miliki Dulu Visa Schengen dan Asuransi Perjalanan)

Beruntungnya, asuransi perjalanan juga menawarkan perlindungan manfaat pengobatan darurat ini. Beberapa produk asuransi perjalanan bahkan menawarkan fasilitas evakuasi medis atau bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia. Perlindungan yang diberikan akan memberikan manfaat penggantian biaya kesehatan atau kecelakaan termasuk juga biaya untuk evakuasi.

5# Evakuasi Medis, Sampai Pemulangan Jenazah

Semua orang memang tidak mau sakit pasca liburan. Namun, dengan asuransi perjalanan, tidak hanya penanganan saat proses perawatan medis yang akan ditanggung. Beberapa asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan untuk pemulangan seorang nasabahnya ke negara asal atau tempat tinggal setelah perawatan. Bahkan, perlindungannya memberikan pertanggungan untuk pemulangan jenazah. Untuk risiko pemulangan jenazah biasanya akan ditawarkan beberapa penawaran; yaitu biaya pemulangan jenazah atau biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.

Jadi, cukup banyak bukan manfaat dari asuransi perjalanan? Selanjutnya, kewajiban Anda adalah memastikan bahwa biro perjalanan di mana Anda membeli paket perjalanan telah menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi perjalanan.

Tidak hanya itu, pastikan pula paket perjalanan yang Anda bayar telah disertai asuransi perjalanan.

Langsung dapatkan asuransi perjalanan secara cepat di sini.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami