Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Pernah Naik Jabatan di Kantor

by Rafly Aditia on 30 November, 2015

pengusaha bangkrut - CekAja.com

Mengapa sampai sekarang kamu tidak pernah naik jabatan walau sudah mengabdi sejak lama di sebuah perusahaan. Jangan bingung, karena beberapa hal ini mungkin adalah penyebabnya.

Sebagai seorang pegawai kantoran, naik jabatan merupakan salah satu hal diidam-idamkan. Sebab, sebagian orang menganggap hal itu adalah salah satu indikator kesuksesan seseorang dalam berkarier. Meski begitu, tidak semua karyawan bisa memiliki jenjang karir atau naik jabatan walau sudah bekerja lama di sebuah perusahaan.

Bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama untuk perusahaan ternyata bukanlah merupakan indikator pasti bagi seseorang untuk dapat meraih promosi atau kenaikan jabatan. Mungkin saat ini kamu juga merasakannya, walau telah bekerja cukup lama untuk perusahaan kamu tak kunjung juga naik jabatan hingga saat ini.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Apa alasannya hingga saat ini kamu juga tidak meraih promosi jabatan di perusahaan? Berikut 5 penyebab karyawan tidak kunjung naik jabatan dikutip dari studi yang dilakukan CareerBuilder;

Tidak bisa menerima kritik dari rekan kerja

Untuk kamu yang belum juga mendapatkan kenaikan jabatan hingga saat ini, sebaiknya kamu berkaca diri sebelum melakukan protes ke atasan. Lihatlah dirimu sendiri, apakah selama ini kamu sering sekali mengabaikan atau bahkan marah ketika dikritik oleh rekan kerjamu?.

Ternyata, jenjang karir yang baik sangat ditentukan oleh kemampuan seseorang dalam menerima kritik dari orang lain. Melalui kritik, kamu diharapkan untuk terus berkembang dan bisa memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan. Atasanmu akan melihat bahwa kamu memiliki peluang besar untuk naik jabatan apabila melalui kritik-kritik tersebut kamu berkembang dan menunjukkan kontribusi kepada perusahaan.

Sementara, apabila kamu hanya mengabaikan atau bahkan marah ketika dikritik maka yang kamu dapatkan adalah pandangan atasan yang menganggap bahwa kamu orang yang tidak ingin dan tidak bisa berubah untuk menjadi lebih baik.

(Baca juga:  5 Pekerjaan Bergaji Besar Tanpa Gelar Pendidikan)

Tidak punya toleransi

Bekerja di sebuah perusahaan dengan banyak orang yang terdiri dari berbagai macam karakter yang berbeda mengharuskan kamu untuk mempunyai sifat yang lebih luwes dan toleran.

Apabila selama ini kamu ternyata tidak bisa mentolerir perbedaan atau apapun itu di tempat kamu bekerja, maka atasanmu melihat bahwa kamu merupakan seseorang yang tidak dapat memimpin.

Mengapa demikian? Karena seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan karakter serta situasi yang berbeda dimanapun dan kapanpun, selain itu pemimpin juga harus memiliki sifat yang lebih luwes untuk mendukung pekerjaan mereka dalam menghadapi banyak kepala yang berbeda.

Kurang berkomunikasi dengan atasan

Tanpa kamu sadari, berkomunikasi dengan atasan secara cukup intens akan mempengaruhi karirmu di sebuah perusahaan. Maksudnya disini bukan menjalin kedekatan personal, tapi berkomunikasi mengenai tugas-tugas serta kontribusimu terhadap perusahaan.

Semakin kamu sering berkomunikasi dengan atasan mengenai pekerjaan, atasan akan lebih mudah mengingat dan akan sering melihat bagaimana perkembangan dan kinerja kamu di perusahaan. Jika kinerja kamu baik, maka atasan tidak akan ragu lagi untuk memberikan kamu kenaikan jabatan.

(Baca juga: 5 Tips Menabung Untuk Masa Tua Bagi Pekerja Kantoran)

Pakaian kurang rapi

Bagi kamu yang selama ini berpenampilan kurang rapi saat bekerja di kantor, mulai sekarang ubah kebiasaan tersebut. Karena, menurut penelitian yang dilakukan oleh situs kerja ternama CareerBuilder tentang penyebab kegagalan promosi jabatan diluar kinerja karyawan, 31 persen dari 2.878 manajer di beberapa perusahaan di dunia mengatakan bahwa mereka tidak memberikan bawahan kenaikan jabatan karena pakain yang tidak rapi dan kusut.

Para manajer beranggapan bahwa pakaian yang tidak rapi dan kusut akan memberikan kesan bahwa karyawan tidak bisa mengatur pekerjaan dengan baik, selain itu penampilan memang merupakan hal penting bagi kamu yang ingin memiliki jabatan tinggi di perusahaan

Memiliki tato yang terlihat

Bukan merupakan sesuatu yang asing lagi apabila seseorang mengalami kesulitan dalam pekerjaannya karena memiliki tato. Untuk itu, bagi kamu yang memiliki tato di bagian tubuh yang terlihat maupun tidak terlihat, hal tersebut bisa menjadi penyebab kamu tidak mendapatkan promosi jabatan di perusahaan.

Masih berdasarkan studi yang sama, ternyata sekitar 31 persen manajer perusahaan mengaku bahwa penyebab mereka tidak memberikan karyawannya promosi jabatan karena kepemilikan tato.

Jadi, bagi kamu yang ingin menato tubuhmu ada baiknya untuk berpikir lebih lanjut karena hal tersebut bisa saja mempengaruhi karir di masa depan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.