Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Alasan Kenapa Liburan ke Pantai Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja

by Ariesta on 19 Agustus, 2016

Air punya banyak kegunaan positif bagi manusia. Bahkan, sebuah penelitian mengungkap bahwa hanya dengan berada di dekat air, otak bisa lebih terstimulus.

Pernahkah kamu merasa damai saat berjalan di pinggir laut? Atau merasa  tenang saat melihat air sungai mengalir? Apa yang kamu rasakan saat melihat air danau yang kebiruan? Ternyata perasaan tenang semacam ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Jawabannya karena berada di dekat air membawa efek positif pada otak kita.

Sebenarnya saat berada di dekat air, dengan melihat atau mendengar suara air pikiran menjadi rileks seperti dihipnotis. Pikiran pun jadi tenang dan lebih kreatif.

Hubungan antara air dan otak manusia ini telah diteliti oleh banyak neurosaintis dan psikolog. Wallace J. Nichols, salah seorang ahli kelautan pernah mengulas bagaimana air dapat memengaruhi manusia secara positif. Psikolog juga menemukan bagaimana memandang ke laut lepas dapat meningkatkan kesehatan mental.

1. Air berfungsi sebagai meditasi 

Saat kita mendengar suara ombak, suara tersebut memberikan efek meditasi. Suara ombak diterjemahkan dalam otak menjadi pola yang membuat tubuh rileks. Bahkan hanya mengamati pergerakan ombak saja bisa membuat pikiran menjadi tenang. Suara ombak berkontribusi menurunkan level stres, cemas, dan mampu memperbaiki pola tidur.

2. Air mengundang datangnya inspirasi dan memicu kreativitas

Saat berada di dekat air, otak kita beralih dari sibuk menjadi rileks. Dalam keadaan tenang, otak lebih mampu memikirkan ide-ide kreatif dan berkonsentrasi. Keadaan alami ini membuat otak lebih fokus karena tidak terpusat pada masalah yang memicu stres dan kecemasan.

(Baca juga: Masalah yang Bikin Kamu Susah Naik Jabatan di Tempat Kerja)

3. Air membuat terpesona

Saat melihat dana yang jernih dan tenang kita akan terpesona. Terpesona merupakan topik penting dalam ilmu psikologi positif. Emosi saat merasa terpesona berkontribusi terhadap kebahagiaan karena membuat kita berpikir tentang keindahan dan perasaan terhubung dengan alam.

4. Air meningkatkan manfaat olahraga

Berolahraga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan mental. Tapi jika dilakukan di dekat air, meski hanya berjalan santai di tepi laut, manfaat yang kamu dapatkan bisa 10 kali lipat lebih banyak.

Berenang di danau atau bersepeda di sepanjang sisi sungai membuat mentalmu lebih sehat daripada berolahraga di kota yang padat atau gym center yang ramai. Berolahraga sambil dikelilingi air meningkatan ion negatif lebih ekfetif ke dalam sistem tubuh sehingga selain lebih sehat, kamu pun  lebih bahagia.

5. Air kaya akan ion negatif

Udara yang kita hirup bermuatan ion negatif dan positif. Ion negatif memperbaiki sirkulasi darah dan menguatkan jantung, mengurangi stres dan kelelahan, dan membunuh bakteri. Ion positif cenderung berdampak negatif terhadap kesehatan karena dapat mendorong ketidakseimbangan kimiawi tubuh manusia. Keracunan ion positif bahkan bisa memicu produksi hormon serotonin sehingga dapat mengakibatkan kecemasan, hiperaktif, dan gangguan tidur.

Ion positif yang dapat menyedot energi alami banyak terdapat pada komputer, microwave, dan hairdryer. Sedangkan ion negatif berada di air terjun, ombak, dan petir. Semakin banyak ion negatif, semakin baik pula kemampuan tubuh menyerap oksigen. Selain itu, Level serotonin, enzim yang berhubungan dengan mood dan stres juga menurun.

(Baca juga: Jenis Olahraga Ini Paling Banyak Membakar Lemak Tubuh)

6. Sumber air alami bagus untuk fisik dan mental

Berada di dekat air tidak hanya baik terhadap kesehatan mental. Sumber air alami seperti laut, danau, dan air terjun menyegarkan tubuh. Ini karena perbedaan suhu air dengan tubuhmu. Air bersuhu dingin menenangkan saraf sekaligus menyegarkan tubuh baik secara fisik maupun mental. Sementara perairan hangat selama musim panas dapat membantu mengendurkan otot-otot yang tegang.

Jadi, saat pikiran kusut karena banyak masalah atau tekanan pekerjaan, luangkan sejenak untuk berlibur ke pantai. Kalau pantai, air terjun, sungai, atau danau berada jauh dari tempatmu tinggal, duduk saja di dekat air mancur yang ada di taman kota. Bila pikiran dan tubuhmu sudah segar, produktivitas kerja juga akan meningkat.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami