Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Alasan Kenapa Mengakses Samsat Online Jakarta

by lhmdi on 9 April, 2016

aplikasi untuk mobil motor - CekAja.com

Layanan Samsat online di Jakarta tentunya sangat menguntungkan bagi masyarakat yang tinggal di Ibukota.

Apalagi jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu, ketika pemilik kendaraan bermotor harus mengurus langsung dengan cara datang langsung ke kantor Samsat. Bahkan tidak jarang pula yang memanfaatkan layanan dari biro jasa dan lebih buruk lagi, menggunakan calo!

Seperti yang sudah diketahui bersama, kantor Samsat sering dikunjungi karena banyak masyarakat yang akan mengurusi perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK. Namun kini untuk melakukan perpanjangan STNK tidak merepotkan karena dengan layanan Samsat online atau e-samsat, prosesnya hanya menggunakan laman yang diakses menggunakan internet.

Sementara itu pembayarannya pun bisa dilakukan dengan menggunakan transaksi elektronik seperti menggunakan mesin ATM. Lalu, layanan apa saja yang bisa dilakukan khusus bagi Samsat online Jakarta saat ini? Secara umum tidak jauh berbeda dengan layanan Samsat sebelumnya. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Pengurusan kendaraan bermotor dengan pengesahan STNK selama satu tahun.
  2. Pengurusan kendaraan bermotor dengan kondisi tidak ganti STNK.
  3. Mengurus kendaraan bermotor yang disertai dengan BPKB, KTP dan juga STNK.
  4. Pengurusan kendaraan bermotor yang tidak terlambat lebih dari satu tahun.
  5. Pengurusan kendaraan bermotor yang tidak dalam kondisi hilang atau rusak, lapor jual dan bebas dari aksi kriminal.

Kehadiran Samsat online di Jakarta sendiri dapat kamu akses dengan membuka laman http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB/. Dari sini, kamu tidak perlu lagi datang langsung ke kantor Samsat Jakarta Selatan, Jakarta Pusat atau Samsat Jakarta Timur yang disesuaikan dengan kendaraan yang dimiliki.

Kemudian, apa saja ya keuntungan dari menggunakan Samsat online, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta?

Pertama, kamu dapat mengetahui info kendaraan bermotor. Pada bagian atas laman samsat online Jakarta akan tertulis “info kendaraan bermotor” yang dapat kamu klik dan mengarahkan kamu ke halaman tentang informasi kendaraan, model mobil hingga  kondisi STNK dari kendaraan.

kendaraan bermotor
kendaraan bermotor

Kedua, kamu dapat juga mengetahui tentang nilai jual kendaraan bermotor yang kamu miliki. Di sebelah tulisan “info kendaraan bermotor” akan terdapat tulisan “nilai jual kendaraan bermotor” yang memberikan informasi tentang jenis kendaraan yang kamu miliki, tahun produksi, hingga merk mobil. Menariknya, sebuah layanan seperti Samsat akan menampilkan semua daftar kendaraan  yang beredar di Indonesia plus nilai jualnya dalam satu waktu.

nilai jual kendaraan
nilai jual kendaraan

Ketiga, kehadiran Samsat online di kota Jakarta tentunya akan memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor atau mengurus semua hal yang terkait dengan dokumen atau surat-surat penting untuk kendaraan yang kamu miliki.

samsat online
samsat online

Empat, tidak perlu buang waktu untuk terjebak macet hingga antri dalam waktu yang lama. Tinggal duduk manis di depan komputer atau laptop yang terhubung dengan internet, maka kamu sudah bisa mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan tentang semua hal yang terkait kendaraan bermotor.

terjebak macet
terjebak macet

Lima, hemat biaya tentu saja akan menjadi pilihan. Kamu hanya perlu membayar segala hal yang berkaitan dengan Samsat langsung menggunakan mesin elektronik ATM, tanpa biaya tambahan seperti saat menggunakan biro jasa atau bahkan calo!

hemat
hemat

Selain Samsat online di Jakarta, beberapa daerah yang sudah terhubung dengan layanan ini diantaranya adalah Jawa Barat, D.I Yogyakarta, dan Jawa Timur. Menurut rencana pihak terkait akan membangun sistem ini secara bertahap-tahap di kota lainnya di Indonesia. Ayo ke samsat online sekarang untuk mempermudah mengurus kendaraan-kendaraan kamu!

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.