Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Alasan Mengapa Captain Marvel Layak jadi Panutan Perempuan!

by Sindhi Aderianti on 11 Maret, 2019

Marvel Studios kembali mengeluarkan film terbarunya. Kali ini, rumah produksi terbesar itu memperkenalkan tokoh yang sedikit berbeda. Tak lagi sosok pahlawan bertubuh kekar, namun perempuan mandiri dengan beragam kekuatan supernya.

Berlatar belakang tahun 1990-an, Carol Danvers akan mengungkap sejarah yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Seperti bagaimana ia bisa dianugerahi kemampuan superhero usai mengalami kecelakaan pesawat parah, hingga diandalkan sebagai pemimpin Avengers di masa depan.

Tenang, bukan spoiler jalan cerita yang akan CekAja bahas. Melainkan lebih kepada uniknya sosok Captain Marvel itu sendiri. Ya, unsur feminisme menang sangat kental direfleksikan oleh sosok yang diperankan oleh Brie Larson itu.

Aktris peraih Academy Awards 2016 itu bahkan sangat terkesan karena akhirnya memiliki kesempatan untuk mendorong sisi feminisme usai memerankan sosok Captain Marvel.

CekAja menilai ada banyak sekali hal positif dari sang kapten yang bisa dicontoh para perempuan. Terlebih waktu penayangan film ini secara internasional bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia, yakni 8 Maret 2019.

(Baca juga: 5 Film Marvel dengan Pendapatan Tertinggi Hingga Triliunan)

Apa sajakah sifat dan karakter Captain Marvel yang patut dijadikan panutan dalam kehidupan nyata itu?

1. Gigih menggapai mimpi

Dalam meraih impian, Captain Marvel tak seberuntung perempuan lain. Keinginannya untuk menjadi seorang pilot tidak direstui sang ayah. Namun meski begitu, Danvers tetap memilih bergabung dengan sekolah angkatan udara. Setelah melalui banyak perjuangan, ia pun akhirnya diangkat sebagai pilot oleh NASA, lembaga penelitian luar angkasa Amerika Serikat (AS).

Danvers berhasil menunjukkan kalau apapun mimpi seorang perempuan, bila disertai keyakinan dan kegigihan yang berbanding lurus, pasti akan tercapai.

2. Dapat diandalkan

Captain Marvel disebut memiliki peranan penting bagi Avengers yang ingin mengalahkan Thanos di sekuel terakhir Avengers: End Game. Seperti yang diketahui pada film terdahulu, hampir semua superhero Marvel telah dilenyapkan oleh ayah dari Gamora. Di adegan pascakredit film yang dirilis pada 2018 itu, Nick Fury mengirim pesan darurat kepada Captain Marvel lewat pager. Hanya Captain Marvel lah yang dianggap bisa menolong, terlebih ia memiliki dukungan dari Galacticus yang memiliki kekuatan terbesar di Marvel Universe.

3. Cepat beradaptasi

Dalam versi komik, Captain Marvel merupakan anggota dari sekian banyak organisasi penting yang ada di Marvel Universe, seperti SHIELD, A-Force, bahkan X-Men. Sedangkan untuk kemunculannya di film, besar kemungkinan dirinya akan tergabung dengan tim Avengers dan Guardians of The Galaxy.

Secara tidak langsung, hal ini menggambarkan kalau Captain Marvel sangat mudah beradaptasi di lingkungan manapun. Kendati diandalkan oleh organisasi dan tim yang bukan sembarangan, artinya ia juga kompeten dalam misi untuk menumpas kejahatan.  

4. Pantang menyerah

Banyak pertarungan sengit yang menunjukkan bahwa Captain Marvel juga memiliki karakter pantang menyerah. Ketika menjalani sejumlah pelatihan sebagai angkatan udara, jatuh dan bangunnya dianggap biasa. Bahkan setelah mengalami kecelakaan parah, ia tetap bangkit.

Begitu kembali menginjak Bumi, Captain Marvel pun bekerjasama dengan Nick Fury untuk menghadapi musuh bumi yang sebenarnya, bangsa Kree. Dengan penuh semangat pula, Captain Marvel berhasil keluar dari berbagai masalah yang membelenggunya.

5. Sangat kuat

Bagi penggemar Marvel Cinematic Universe, mungkin selama ini mengira kalau superhero terkuatnya adalah  Hulk atau Thanos. Anggapan tersebut sepenuhnya salah, mengapa? Ternyata, Captain Marvel lah yang paling kuat.

Ia memiliki setidaknya 15 kekuatan yang diperoleh setelah terpapar radiasi Tesseract yang ditembaknya dengan pistol. Tesseract sendiri merupakan inti energi yang digunakan Dr. Wendy Lawson alias Mar-Vell sebagai tenaga pendorong pesawat lintas ruang dan waktu. 

(Baca juga: Stan Lee Tutup Usia, Ini Fakta Unik Tentang Si Bapak Marvel)

Hasilnya Carol Danvers menjadi perempuan yang memiliki kekuatan, kecepatan, dan stamina diatas rata-rata. Beberapa di antaranya meliputi indera ketujuh, kemampuan mengendalikan gravitasi, super cepat, kebal terhadap penyakit, mampu menyerap energi, dan masih banyak lagi.

Dengan kekuatannya tersebut, Captain Marvel diharapkan bisa melawan Thanos untuk mengembalikan keadaan alam semesta seperti awal.

Berangkat dari kemampuan luar biasanya itulah, ada kemungkinan Captain Marvel akan menjadi pemimpin The Avengers yang diberi amanat untuk menjaga bumi di masa depan. 

Sejumlah kritikus dan jurnalis yang berkesempatan menonton film ini pun terlebih dahulu mengatakan, Captain Marvel cukup layak untuk ditonton. Penasaran seperti apa cerita lengkapnya? Saksikan aksinya weekend ini hanya di bioskop-bioskop kesayanganmu.

Manfaatkan promo buy one get one yang masih berlaku di CGV Cinemas seluruh Indonesia. Caranya mudah, cukup gunakan kartu kredit BRI Touch dengan apply langsung melalui CekAja.com!

 

 

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami