Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Alasan Mengapa Jadi Atlet e-Sport Sangat Menjanjikan

by Miftahul Khoer on 26 November, 2018

Banyak atlet kaya raya macam pemain sepak bola Ronaldo, atlet bela diri campuran Conor McGregor hingga atlet MotoGP seperti Valentino Rossi. Namun, selain para atlet di atas, ternyata banyak juga pemain game atau gamers yang menjadi atlet e-sport dan memperoleh bayaran menggiurkan.

Anda tentu sering mendengar berbagai turnamen game seperti League of Legend, DOTA 2, Mobile Legend, Poin Blank, PUBG dan game-game lainnya. Para pemain game ini belakangan juga sudah diakui sebagai atlet esport atau electronic sport.

Mereka ini merupakan atlet olahraga yang menggunakan game sebagai profesinya. Nah, kali ini CekAja akan mengulas tentang e-sport yang ternyata sangat menjanjikan. Yuk cek.

Menyalurkan hobi

Demam Mobile Legend (ML), PUBG, Poin Blank (PB) dan game-game lainn khususnya di tanah air makin membuat industri game semakin berkembang. Di kafe, kedai kopi, sekolah, kampus hingga pos ronda saat ini topik yang jadi bahan perbincangan adalah game.

Anda jangan heran jika dalam setiap kerumunan orang-orang, mereka akan menatap layar ponsel secara fokus tanpa mau diganggu. Bukan hanya sedang mantengin media sosial, tapi mereka ini sedang bermain game-game di atas.

Ya, maen game saat ini memang menjadi salah satu hobi yang susah dihilangkan. Kalau sudah bermain game, Anda mungkin akan kecanduan. Nah, maka dari itu, jika Anda penggila game, tidak ada salahnya untuk menjadi atlet e-sport.

Banyak klub e-sport yang membutuhkan para gamers profesional. Selain menyalurkan hobi Anda bermain game, Anda pun akan mendapat pelatihan dan pencerahan membela klub Anda. Selain itu, kemampuan Anda bermain game akan diadu dengan klub lain dan bisa menjadi tantangan buat karir e-sport Anda.

(Baca juga: Mengenal E-Sport, Olahraga Baru di Asian Games 2018!)
Bikin kaya raya

Sebuah klub e-sport hampir sama dengan sebuah klub olahraga lainnya yang punya banyak fans. Yang menjadi keuntungannya adalah sebagai atlet e-sport, Anda akan banyak mendapatkan pemasukan berupa uang mulai puluhan hingga ratusan juta per bulan.

Menjadi atlet e-sport bisa mendatangkan uang dari hadiah turnamen yang nilainya ratusan juta, gaji dari klub, hasil penjualan senjata game, hingga sponsorship.

Beberapa nama atlet e-sport yang punya pendapatan di atas Rp50 juta antara lain Joshua Vega, Ryan Prakasa, Farand Kowara, Muhammad Rizky hingga Hansel Ferdinand yang disebut-sebut sebagai dewanya atlet e-sport.

Adapun, nama klub atau tim e-sport yang sudah punya nama antara lain Sains, tim Mobile Legend yang berhasil menyabet turnamen MSC 2017. Ada juga tim RRQ.02 yang memiliki atlet e-sport profesional yang memenangkan beberapa turnamen.

Banyak diendorse

Bukan hanya kalangan sleebtweet, selebgram, YouTuber hingga atlet olahraga lapangan saja yang banyak diendorse oleh perusahaan-perusahaan. Para atlet e-sport juga banyak yang diendorse oleh perusahaan tertentu untuk membantu mempromosikan produknya.

Jadi jangan kaget ketika suatu saat Anda jadi atlet e-sport ternama, Anda akan banyak diendorse berupa perlengkapan atau peralatan gaming macam personal computer, laptop, keyboard, mouse hingga kursi khusus gaming. Adapun para gamer mobile bisa mendapatkan endorse berupa ponsel atau gadjet lain yang spesifikasinya tentu saja cocok untuk bermain game.

(Baca juga: 5 Item Termahal DOTA 2 yang Harganya Bisa Setara Rumah)
Bisa terkenal

Menikmati hobi bermain game, dibayar pula serta mendapatkan beragam fasilitas yang sangat mendukung untuk bermain game adalah surga tersendiri bagi para gamer. Nilai tambah lainnya adalah seseorang gamer profesional sudah tentu bakal terkenal layaknya para atlet olahraga lainnya.

Ya, menjadi terkenal memang bonus. Tetapi, bukan berarti Anda terjun menjadi atlet esport hanya untuk terkenal, melainkan menjadi gamer profesional yang bisa memuaskan diri pribadi dan juga klub. Menjadi terkenal biasanya akan megikuti dengan sendirinya.

(Baca juga: Ini Dia 5 Smartphone Paling Ngebut di 2018)
Jalan-jalan

Satu lagi bonus yang bisa dinikmati oleh seorang atlet e-sport profesional. Jika biasanya Anda duduk diam di kamar, atau tempat tongkrongan saat bermain game, maka tidak untuk atlet e-sport.

Setiap ada turnamen tingkat nasional hingga internasional, Anda akan sering jalan-jalan dari satu kota ke kota lain atau dari satu negara ke negara lain. Bukan hanya jalan-jalan, Anda juga akan menikmati berbagai akomodasi seperti transportasi, kamar hotel, makan, jalan-jalan secara gratis. Bahkan saat pulang pun Anda akan diberi oleh-oleh.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang sangat menjanjikan menjadi seorang atlet e-sport yang bisa dijadikan sebagai inspirasi buat Anda. Apa Anda sudah siap jadi gamer profesional?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami