Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Alasan Menggunakan Jasa Koperasi Pinjam Uang Tanpa Jaminan

by lhmdi on 24 Maret, 2016

bisnis sukses_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Sejak berdiri pada tanggal 12 Juli 1947, Koperasi pinjam uang tanpa jaminan dikenal sangat berpihak pada rakyat kecil.

Dana yang didapat dari masing-masing iuran anggotanya kemudian dikembangkan sebagai modal usaha atau pembiayaan bagi masyarakat yang membutuhkan. Koperasi sendiri memang berbeda dengan badan usaha lainnya seperti PT atau CV, karena proses modalnya disesuaikan dengan prinsip dasar yang tertuang dalam Undang-Undang Koperasi No 17 tahun 2012.

Isi dari Undang-Undang tersebut adalah, koperasi terdiri dari pengurus serta pengawas yang akan menjalankan bisnis koperasi demi kesejahteraan anggotanya. Nah! Hal ini yang mendasari bahwa koperasi simpan pinjam bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman tanpa jaminan dan proses cepat yang selalu dicari oleh masyarakat kelas menegah ke bawah.

Lalu, seperti apa sebenarnya prinsip dasar koperasi simpan pinjam ini? Berdasarkan ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang koperasi, prinsip dasarnya bahwa koperasi dikelola dengan sifat terbuka, sukarela, dan dikelola secara mandiri dengan tanggung jawab bersama.

Bagaimana ketika sebuah koperasi yang ingin mengembangkan dan memiliki modal baru? Dari mana saja modal yang mereka terima? Karena sifatnya yang dikelola secara mandiri bersama anggota koperasi tersebut, maka terdapat beberapa sumber modal awal dari sebuah koperasi.

Pertama, dikenal dengan istilah simpanan pokok yang dibayarkan pertama kali oleh anggota koperasi dan hanya berlaku satu kali.

Kedua, simpanan wajib, merupakan iurang yang dibayarkan oleh anggotanya setiap bulan.  yang dibayarkan oleh anggota setiap bulannya

Ketiga, simpanan sukarela yang sangat mirip dengan tabungan dan bisa dilakukan oleh anggota koperasi itu sendiri.

Empat, dana cadangan yang merupakan sisa hasil usaha yang tidak dibagikan kepada anggota namun digunakan untuk menguat modal koperasi itu sendiri.

Lima, modal pinjaman yang dilakukan oleh pemilik koperasi dengan meminjam uang dari bank atau lembaga keuangan resmi pemerintah lainnya.

Enam, modal yang berasal dari hibah atau donasi yang diberikan oleh pemilik modal untuk koperasi.

Alasan menggunakan Koperasi sebagai tempat pinjam uang

Koperasi menjadi populer di kalangan masyarakat karena untuk meminjam uang di tempat ini tidak diperlukan agunan atau jaminan. Beberapa masyarakat bahkan sering menyebutnya sebagai koperasi pinjam uang tanpa jaminan dan terus bergerak melayani masyarakat menengah ke bawah.

Karena sifat pinjamannya yang tanpa jaminan, maka setiap masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman dari koperasi memiliki beberapa keuntungan. Berikut diantaranya:

  1. Bunga pinjaman di koperasi

Beberapa koperasi hingga kini menerapkan sistem yang berbeda-beda. Ada yang tanpa bunga dan bahkan memiliki perhitungan bunganya sendiri. Tidak sama dengan bank atau lembaga keuangan lainnya nilai bunga di koperasi terbilang ringan.

Nilai bunga flat, atau bunga menurun, bunga menurun efektif dan bunga anuitas merupakan ragam dari sistem pinjaman yang dikembangkan koperasi sehingga tidak memberatkan masyarakat yang mencari pembiayaan atau pinjaman uang.

  1. Memiliki nilai

Nilai yang terdapat ketika bergabung di koperasi dan mengajukan pinjaman adalah setiap anggota mendapatkan keuntungan yang disebut dengan sisa hasil usaha atau dikenal dengan istilah SHU. Bahkan, koperasi pun sebenarnya mengajarkan setiap anggotanya untuk berorganisasi dan bergotong royong serta bertanggung jawab. Memberi kemudahan kepada seluruh anggota koperasi untuk memperoleh modal usaha.

Dengan bergabung pada koperasi simpan pinjam maka anggota koperasi dapat memperoleh modal usaha dengan mudah.Hal ini tentu saja berbeda jika anggota tersebut mengajukan pinjaman kepada bank atau kepada koperasi yang dia bukan anggota.Ada persyaratan yang lebih mudah untuk memperoleh pinjaman khusus bagi anggota koperasi simpan pinjam.

  1. Membuka kesempatan kerja

Tidak jarang kita menemukan banyak masyarakat atau seorang karyawan yang mencari pinjaman uang. Nah! Ini juga berlaku bagi pinjaman yang dilakukan oleh pekerja swasta di koperasi.

Sebenarnya masih banyak manfaat dari koperasi  pinjam uang tanpa jaminan. Tidak hanya untuk masyarakat kecil, bahkan tidak jarang para pensiunan atau pekerja swasta yang merasa pendapatan mereka masih kurang, ikut terlibat dalam mengembangkan koperasi serta menjadikannya sebagai tempat pencarian modal.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.