Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Aplikasi Android yang Wajib Diunduh Saat Ramadhan

by Arfan Wiraguna on 22 Juni, 2015

Menahan lapar dan haus serta mengendalikan amarah sebelum matahari tenggelam merupakan tantangan yang wajib dihadapi setiap muslim pada bulan Ramadhan. Namun Anda tidak perlu khawatir, beberapa aplikasi Android yang kami tampilkan didalam artikel ini bisa membantu kita agar tetap dapat beribadah dengan khusyuk.

Bulan Ramadhan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap muslim. Selain memiliki berbagai keistimewaan, bulan ini juga merupakan periode dimana keimanan setiap muslim dilatih dan diuji untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk memudahkan Anda menjalani periode ini, di bawah ini adalah beberapa apps yang dapat digunakan:

Al Quran

Saat ini tersedia banyak aplikasi yang merupakan versi digital dari Al Quran, seperti Al-Quran Dan Terjemahan oleh islam4all, MyQuran Al Quran Indonesia Lit oleh the WALi studio dan Quran Kata Per Kata oleh Saliima Software. Bahkan, beberapa diantaranya turut memasukkan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Dengan demikian, selain mencari pahala dari kegiatan membaca Al Quran, kita juga bisa mempelajari isinya dengan lebih mudah.

Di sisi lain, beberapa aplikasi ini dilengkapi pula dengan suara seorang qari atau ahli pembaca Al Quran untuk membantu kita terhindar dari kesalahan pelafalan. Manfaat lain dari aplikasi ini adalah kita dimudahkan didalam mencari suatu ayat dengan fungsi pencarian, sehingga kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang agama secara mendalam sebagai bekal untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.

(Baca juga: 12 Cara Mudah Ajarkan Pengetahuan Finansial untuk Anak)

Alarm Waktu Salat dan Arah Kiblat

Pernahkan Anda bertanya-tanya apakah sudah azan magrib sudah berkumandang saat sedang dalam perjalanan? Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kita tidak perlu ragu lagi. Berbagai aplikasi untuk mengingatkan kita waktu salat dan berbuka puasa, seperti Alarm Adzan Sholat dan Kiblat oleh GITS Indonesia, Azan ALARM oleh TURKUAZ SOFT dan Waktu Solat: Kiblat, Azan, Doa oleh Kamal Kornain, sudah tersedia sekarang. Dengan demikian, kita bisa memiliki alarm salat–dengan keindahan suara azan–langsung dari saku.

Selain itu, beberapa aplikasi ini juga dilengkapi dengan petunjuk arah kiblat untuk memudahkan kita didalam beribadah ditengah perjalanan ketika tidak menemukan musala atau masjid.

Ramadan Legacy

Aplikasi yang baru diluncurkan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan tahun 2015 ini memiliki berbagai fitur untuk mengarahkan dan memudahkan penggunanya didalam menjalankan dan mencatat ibadah. Dengan desain yang interaktif, penggunanya bisa membuat target pada bulan Ramadhan kali ini dan memantau pencapaiannya dengan mudah.

Misalnya, Anda berencana untuk membaca secara keseluruhan 30 jus didalam Al Quran. Aplikasi ini bisa menjadi jurnal harian yang membantu untuk mengingatkan kita agar tidak lupa membaca Al Quran setiap hari. Selain itu, app ini juga dilengkapi dengan fitur untuk berbagi (share) dengan pengguna lain yang dapat kita manfaatkan sebagai alat untuk mengingatkan sesama muslim.

(Baca juga: Mau Sukses Finansial dan Kaya? Wajib Baca 5 Buku Ini)

Pencatat Kalori dan Program Diet

Meskipun sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat kesehatan dari puasa, bukan berarti kita bisa memakan segala jenis makanan secara bebas. Salah-salah kita malah bisa menderita penyakit kolesterol tinggi akibat terlalu banyak mengonsumsi goreng-gorengan.

Saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi untuk mencatat asupan kalori–yang terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak–untuk memudahkan kita didalam memilih makanan dan minuman. Beberapa diantaranya adalah MyNetDiary Calorie Counter PRO oleh MyNetDiary.com, Calorie Counter – MyFitnessPal oleh MyFitnessPal, Inc. dan Calorie Counter oleh FatSecret. Selain itu, beberapa aplikasi ini juga menyediakan fitur berbagai program diet yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan.

CekAja

Untuk memudahkan Anda didalam menyusun bujet yang cenderung meningkat di bulan Ramadhan, aplikasi CekAja ini menyediakan berbagai artikel dan kalkulator yang dapat membantu kita mengalkulasi pemasukan dan pengeluaran. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk melakukan pembelian berbagai produk finansial yang dapat meningkatkan penghasilan dan menghemat pengeluaran. Fitur-fitur inilah yang membuat aplikasi ini sangat bermanfaat bagi kita untuk menghadapi Ramadhan kali ini.

(Baca juga: Aplikasi Android Terbaik untuk Mengelola Keuangan)

Dengan memiliki berbagai aplikasi di atas pada ponsel, maka Anda akan bisa memfokuskan diri pada ibadah dan biarkan fitur-fitur tersebut menjalankan fungsinya sebagai pengingat, pencatat dan pengelola segala urusan harian. Jadi, Anda dapat menjalankan bulan Ramadhan kali ini dengan berbagai kegiatan bermanfaat yang dilakukan secara efektif dan efisien.

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.