Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Aplikasi Pangan Terpopuler di Indonesia, Sudah Coba?

by Sindhi Aderianti on 16 Oktober, 2018

Aplikasi smartphone semakin beragam jenisnya. Kalau dulu rata-rata hanya bersifat hiburan semata, kini sudah banyak aplikasi yang justru amat memudahkan hidup masyarakat Indonesia. Sebut saja dari sektor transportasi, tiga tahun belakangan ini Anda pasti setuju kalau pergi kemanapun jadi lebih praktis dengan hadirnya ojek dan taksi online.

sayur untuk penderita maag _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Belum lagi aplikasi tiket perjalanan yang memberi layanan 24/7 dalam memenuhi kebutuhan traveling semua orang. Inovasi tersebut tak berhenti sampai di situ.

Beberapa aplikasi baru sekarang turut menawarkan kemudahan bagi ibu rumah tangga ketika ingin membeli bahan pangan. Mulai dari sayuran, buah-buahan, daging segar, hingga bumbu dapur. Untuk Anda yang tidak sempat berbelanja ke pasar atau supermarket, aplikasi ini akan sangat membantu.

Cukup klik, beli, dan barang pun dikirim. Nah berikut merupakan aplikasi pangan terkini yang dapat Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dapur Anda, cek yuk!

1. Etanee

Belanja bahan pangan langsung dari petani atau peternak? Coba aplikasi yang satu ini, Etanee namanya. Dengan Etanee, Anda dapat membeli bahan pangan dengan harga lebih murah karena dipesan secara online sehingga hemat biaya distribusi.

Untuk kualitas daging, Anda juga tak perlu khawatir. Selain terjamin kebersihannya, Etanee juga etanee berkolaborasi dengan rumah potong hewan (RPH) dan rumah potong hewan unggas (RPHU) yang sudah pasti memiliki sertifikasi halal dari MUI.

Hadirnya aplikasi tersebut diharapkan mampu menjadi akselerator bagi penerapan Perda Nomor 4 DKI tentang pelarangan ayam hidup masuk, dipotong, atau dijual di wilayah DKI Jakarta.

(Baca juga: Berencana jadi Driver Taksi Online? Baca Artikel Ini Dulu Sebelum Memutuskan)
2. Happy Fresh

Selanjutnya, ada Happy Fresh. Ide HappyFresh tentunya muncul karena kebutuhan akan makanan sehat yang semakin meninigkat di kalangan urban. Berbekal kerjasama dengan supermarket tertentu, aplikasi ini telah memiliki lebih dari 40.000 item yang siap dikirim kapanpun permintaan datang.

Bahan pangan yang dibeli dapat diantarkan dalam waktu satu jam, atau beberapa hari ke depan sesuai permintaan melalui jasa kurir resmi Happy Fresh yang kendaraannya dilengkapi kotak khusus. Sehingga pesanan akan tetap segar sampai tujuan.

Untuk pembelanjaan minimal Rp 700 ribu, Anda berhak mendapat gratis biaya pengantaran. Di bawah nominal itu, biaya pengantarannya berkisar antara Rp 25 ribu – Rp 40 ribu.

(Baca juga: 5 Tips Kredit Mobil untuk Taksi Online)
3. Sayurbox

Diluncurkan tahun 2016, Sayurbox memiliki konsep kerjasama dengan lebih dari 40 petani yang kebanyakan berasal dari wilayah Jawa Barat. Hingga kini ada sekitar 300 jenis sayuran serta buah-buahan. Semuanya organik dan non pestisida.

Itulah letak keunikan Sayurbox yang tidak ditemukan di toko konvesional pada umumnya. Model bisnis farm-to-table yang ditawarkan Sayurbox ini pun membuatnya banyak menarik perhatian sejumlah investor.

Contohnya, belum lama ini Sayurbox menerima pendanaan dari Patamar Capital dan beberapa investor lain. Perolehan seed funding ini diperkirakan berkisar US$ 200 – US$ 300 ribu.

(Baca juga:5 Alasan Kenapa Taksi Online Bisa Lebih Murah, Padahal Lebih Bagus dan Nyaman?)
4. Go-Daily

Go-Daily merupakan salah satu fitur pada aplikasi GoJek. Jadi sistemnya, driver GoJek lah yang akan membelikan pesanan Anda. Hampir sama dengan Happy Fresh, di Go-Daily Anda bisa memilih supermarket yang ingin Anda tuju secara online.

Biaya pengantaran belanja dengan GO-Daily dikenakan sekitar Rp 10 ribu atau gratis dengan GO-Pay dari toko rekanan. Namun, toko non-rekanan dikenakan Rp 13 ribu dengan jarak 0 sampai 4 kilometer. Kemudian, bertambah Rp 2500 per kilometer berikutnya, dihitung dari jarak lokasi Anda dengan supermarket tersebut.

5. Tukangsayur.co

Meski sama-sama menjual sayuran, namun Tukangsayur.co uniknya menghadirkan bahan pangan hanya dari pasar tradisional. Karena dari awal aplikasi ini memang memiliki misi untuk menyejahterakan para pedagang konvensional.

Saat ini, layanan TukangSayur.co sayangnya hanya masih bisa dinikmati oleh pelanggan di Jakarta. Biaya pengantaran pada aplikasi tersebut pun termasuk paling murah, yakni Rp 10 ribu saja. Jangan lupa sediakan uang tunai untuk membayarnya, mengingat belum sistem pembayaran online yang belum tersedia.

Selain sayur-sayuran, Anda juga bisa membeli berbagai macam bumbu dapur melalui Tukangsayur.co.

Bukti teknologi mempermudah segala hal semakin terlihat. Belanja bahan pangan saja dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik pada aplikasi di atas. Jadi, tak ada lagi kata repot apalagi harus bermacet-macetan di jalan untuk ke pasar atau supermarket.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami