Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Benda yang Paling Sering Digadaikan Orang Menjelang Lebaran

by Surtan Siahaan on 24 Juni, 2016

Dalam kondisi darurat di saat kamu membutuhkan uang, menggadai barang berharga bisa jadi alternatif tepat dan cepat untuk mendapatkan uang. Apalagi menjelang perayaan hari besar seperti Lebaran. Ketika kebutuhan akan tiket mudik, baju baru dan perlengkapan lainnya sudah di depan mata, gaji dan THR belum juga turun.

Jalan keluarnya adalah menggadai barang. Tempat gadai yang sering didatangi orang juga bukan hanya Pegadaian. Sejumlah gadai liar yang seringkali berada di pusat perbelanjaan juga jadi tempat favorit orang-orang yang kepepet.

Meskipun bunga yang dipatok seringkali jauh lebih mahal. Biasanya, ada sejumlah barang berharga yang paling sering digadaikan orang ke pegadaian. Apa saja barang tersebut? Berikut ini daftarnya:

Cincin kawin

Menjelang Lebaran, transaksi di pegadaian akan meningkat pesat. Banyak orang yang menggadaikan barang berharganya seperti cincin kawin yang terbuat dari emas. Emas memang jadi barang favorit untuk digadaikan.

Alasannya, pegadaian menerima logam mulia ini dengan jumlah plafon yang paling tinggi yakni 90% dari nilai pasarnya. (Baca juga: Cara Tepat Bagi Dana THR Supaya Tidak Bangkrut Pasca Lebaran)

BPKB kendaraan

Surat bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB) motor dan mobil adalah surat berharga yang sering digadaikan dalam keadaan darurat. Namun, tidak semua kendaraan bisa digadaikan di pegadaian ya. Biasanya ada persyaratan yang diberikan pegadaian. Misalnya tahun produksi dan pabrikan kendaraan.

Untuk motor tahun pembuatan yang diterima maksimal 5 tahun terakhir dengan merek yang umum digunakan di Indonesia. Sedangkan untuk mobil, minimal tahun pembuatan adalah keluaran 10 tahun terakhir. Saking seringnya BPKB kendaraan jadi barang gadaian, biasanya ada Pegadaian khusus yang hanya menerima barang satu ini.

Televisi

Bila kamu butuh uang dan membawa televisi tabung lama yang sudah berumur lebih dari 5 tahun, niscaya pegadaian akan menolak permohonan pinjaman uang yang kamu ajukan. Sebab, tidak semua televisi dapat digadaikan.

Selain hanya menerima televisi berwarna yang diproduksi oleh pabrikan terkenal di Indonesia, Pegadaian juga hanya menerima televisi yang tahun pembuatannya maksimal 1 tahun terakhir. Selain itu, Pegadaian hanya menerima televisi yang dibawa dalam keadaan utuh berikut perlengkapan standarnya seperti remote.

Elektronik

Barang elektronik seperti laptop, kamera bahkan kulkas sekalipun juga dapat digadaikan. Namun, syaratnya barang elektronik tersebut haruslah memiliki tahun pembuatan tidak lebih dari setahun.

Pastikan juga membawa perlengkapan yang diberikan toko pada saat pembelian. Selain itu, khusus untuk barang elektronik, pihak yang berniat menggadai harus membawa kwitansi pembelian asli. Hal dilakukan untuk mencegah barang-barang curian. (Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Sewa Mobil untuk Mudik)

Handphone

Meski ponsel adalah salah satu barang yang paling sering digadaikan orang, tidak semua merek diterima Pegadaian. Ponsel Blackbbery adalah salah satu jenis smartphone tersebut. Khusus untuk ponsel, merek yang diterima haruslah merek pasaran di Indonesia.

Bawa juga kelengkapan standar dan kotak saat akan menggadaikan. Sama seperti barang elektronik, Pegadaian juga akan meminta kwitansi pembelian asli.

Tentang Penulis