Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Biaya Ekstra Ini Sering Bikin Kantong Cekak Mahasiswa Tingkat Akhir

by Rafly Aditia on 15 Desember, 2015

pengeluaran mahasiswa _ kartu kredit - CekAja.com

Menjadi seorang mahasiswa tingkat akhir memang bisa dibilang merupakan momen dalam hidup yang tidak akan pernah kamu lupakan. Dalam fase ini, kamu akan merasa bahwa masa studi kamu akan segera berakhir tetapi kamu juga harus bersiap untuk memasuki dunia kerja yang bisa dibilang lebih rumit lagi.

Kali ini, kesampingkan dulu berbicara tentang dunia kerja yang penuh dengan kerumitan dan fokus kepada masa akhir studi kamu di perguruan tinggi. Ternyata, saat kamu menjadi mahasiswa tingkat akhir kamu memiliki beberapa biaya ekstra yang harus kamu keluarkan.

Kamu ingin tahu biaya ekstra apa saja yang perlu kamu keluarkan? Berikut 5 biaya ekstra yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa tingkat akhir;

 

Biaya print skripsi/tugas akhir

Salah satu syarat untuk lulus dari jenjang S1 adalah skripsi, sementara untuk D3 adalah tugas akhir. Keduanya menjadi beban yang paling berat dirasa oleh para mahasiswa tingkat akhir.

Bukan hanya menghabiskan energi dan waktu yang banyak, ternyata skripsi dan tugas akhir bisa memberatkan kamu secara keuangan. Biasanya saat kamu sedang bimbingan dosen kamu terkait laporan skripsi, atau tugas akhir akan ada banyak revisi yang dilakukan.

Perlu kamu sadari bahwa ini memberatkan kamu secara keuangan, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga total jutaan rupiah untuk menyelesaikan skripsi apabila kamu mencetak atau print skripsi tersebut di rental komputer karena banyaknya revisi yang diperlukan. Untuk itu, sebaiknya kamu membeli printer, kertas serta tinta sendiri demi menghemat pengeluaran yang ada.

 

Kartu kredit khusus mahasiswa bisa dipilih di sini.

 

Beli Buku

Dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi kamu membutuhkan beberapa macam buku yang akan kamu gunakan sebagai sumber, serta menjadi dasar dalam mengerjakan skripsi atau tugas akhir kamu tersebut.

Harga buku yang kamu butuhkan tentu bervariasi, tetapi biasanya untuk buku satu buah buku cetak original menghabiskan uang hingga ratusan ribu rupiah. Solusinya? Gunakan dan manfaatkan teknologi yang ada dengan cara menggunakan ebook yang bisa kamu download dengan harga yang terjangkau.

(Baca juga: Tip Jitu Pilih Investasi yang Tahan Krisis Ekonomi)

Budget Riset

Apabila tugas akhir atau skripsi kamu melibatkan beberapa riset atau penelitian pastinya kamu perlu mengeluarkan sebagian uang yang kamu miliki demi mendukung skripsi atau tugas akhir yang sedang kamu kerjakan tersebut. Berapa besar biaya yang dibutuhkan? Benar-benar bervariasi tergantung apa penelitian yang kamu lakukan.

 

Uang Semester

Pastinya sebagai mahasiswa yang masih terdaftar dalam perguruan tinggi kamu perlu membayar uang semester selama kamu masih berada di perguruan tinggi bahkan walau kamu berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir yang tidak lagi mengikuti kelas sekalipun.

Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak menunda menyelesaikan skripsi atau tugas akhir agar kamu tidak mengalami penundaan kelulusan yang pastinya akan memberatkan kamu secara keuangan dan pastinya menghabiskan waktu yang kamu miliki.

(Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Tabungan Rencana di Indonesia)

Pengeluaran Wisuda

Bahkan setelah kamu dinyatakan lulus setelah mempresentasikan tugas akhir atau skripsi kamu pada saat sidang, kamu juga masih membutuhkan uang lebih untuk membayar biaya pengeluaran wisuda.

Tentunya kamu ingin momen-momen berharga yaitu saat kamu lulus nanti dapat kamu nikmati bersama teman-teman dan momen tersebut dapat dikenang sebagai salah satu yang spesial dengan menggunakan toga dan hadir pada saat wisuda bukan?.

 

 

Ajukan permohonan KTA dengan simpel dan mudah disini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami