Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Biaya Pernikahan Ini Cenderung Besar Kalau Kurang Pintar Menyiasatinya

by Rafly Aditia on 28 Februari, 2017

biaya nikah_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Berbicara tentang resepsi pernikahan, kurang lengkap rasanya kalau tidak membahas tentang biaya pernikahan. Yup, untuk kamu yang merencanakan pernikahan dalam waktu dekat, perkirakan biaya merupakan hal yang sangat ingin diketahui.

Perlu kamu ketahui juga, ternyata ada komponen biaya pernikahan yang bisa dibilang cukup besar kalau kamu ingin menyelenggarakan pernikahan. Berikut ini 5 biaya yang ternyata membutuhkan biaya besar kalau kamu tidak pintar dalam menyiasatinya:

Seragam dan tata rias keluarga

Di Indonesia, biasanya pernikahan akan dihadiri oleh keluarga besar. Bukan hanya dihadiri, keluarga besar dari kedua mempelai kerap kali mengambil peran dalam acara resepsi pernikahan seperti menjadi penerima tamu dan sebagainya.

Oleh karena itu, seringkali keluarga besar dibuatkan seragam khusus. Nah, biaya seragam khusus keluarga besar pasalnya tidak sedikit loh. Semakin banyak anggota keluarga maka semakin besar dana yang perlu kamu keluarkan untuk urusan seragam, belum lagi biaya tata rias mereka terutama untuk yang berperan sebagai penerima tamu.

Ada baiknya bagimu untuk membatasi jumlah penggunaan seragam untuk keluarga, terutama bila kamu memiliki jumlah anggota keluarga yang cukup besar. Selain itu, pilihan untuk menyewa juga cukup bijak apabila dana yang kamu miliki cenderung sedikit.

Souvenir pernikahan

Selain itu, kamu juga perlu memikirkan belanja souvenir pernikahan. Barang apa dan berapa harga satuannya yang kamu inginkan untuk dijadikan sebagai suvenir pernikahan.

Semakin banyak jumlah undangan maka bujet untuk suvenir pernikahan akan semakin mahal. Jadi, kamu perlu memperhitungkannya dengan baik. Kalau kamu ingin menekan bujet suvenir pernikahan, pilihlah suvenir yang harganya Rp 1000-2000 per buah, kamu bisa mencarinya secara online kok.

Katering

Sudah tidak perlu diragukan lagi, katering merupakan pengeluaran paling besar dalam resepsi pernikahan. Bahkan kamu perlu mempersiapkan uang hingga puluhan juta hanya untuk katering saja. Ingat juga, dalam mempersiapkan katering jumlah yang disediakan berlaku kelipatan dari undangan.

Misalnya kamu menyebar 500 undangan maka setidaknya perlu mempersiapkan sekitar 1000 porsi untuk katering makanan dan minuman.

Untuk urusan katering, utamakan kualitas bukan hanya harga. Jangan sampai para tamu undangan kecewa karena makanan yang disajikan memiliki rasa dan kualitas yang kurang baik. Untuk menekan bujet satu ini, hanya ada sedikit cara seperti; memilih katering dari kenalan dekatmu, atau mengurangi jumlah tamu undangan.

Dokumentasi pernikahan

Apabila kamu ingin mengabadikan pernikahan dan didokumentasikan dalam bentuk video. Maka ada biaya ekstra yang perlu dikeluarkan, kamu perlu menyewa jasi videografer selama berlangsungnya akad hingga resepsi pernikahan.

Biaya yang dikeluarkan tentu juga tidak sedikit, bahkan kamu bisa menghabiskan sekitar Rp 5-10 juta rupiah tergantung penyedia jasa yang kamu pilih. Agar lebih murah, kamu bisa memilih jasa para mahasiswa karena biasanya harga yang mereka berikan jauh lebih murah bahkan di bawah rata-rata.

Baju pengantin

Baju pengantin merupakan salah satu pengeluaran yang tanpa kamu duga cukup memberatkan kantong, loh. Apalagi kalau kamu dan pasangan mengagendakan resepsi lebih dari satu kali, tentunya baju yang perlu kamu kenakan juga bertambah.

Harga baju pengantin tentu tidak murah, satu pasang baju pengantin bisa mencapai Rp 10 juta bahkan lebih tergantung desain yang dipilih. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memilih untuk menyewa saja dibandingkan membeli baju pengantin.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.