Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Biaya yang Mesti Kamu Persiapkan Jika Berencana Punya Anak Tahun Ini

by Tisyrin on 6 Januari, 2017

mudik dengan ibu hamil _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Seiring merencanakan memiliki momongan, kamu dan pasangan juga harus melakukan sederet persiapan finansial.

Tujuannya agar proses kelahiran lancar dan masa depan anak terjamin. Jadi, tak sebatas biaya melahirkan saja yang harus kamu persiapkan lho. Berikut penjelasannya secara lengkap.

Biaya melahirkan

Kamu pasti sudah paham betul bahwa kamu harus mempersiapkan biaya yang satu ini. Biaya melahirkan di rumah sakit di Jakarta terbilang tidak murah, biaya melahirkan normal atau Caesar mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Nah, alangkah lebih baik jika istri sudah terlindungi asuransi, baik itu berupa asuransi kesehatan dari kantor atau BPJS Kesehatan. Dengan asuransi, kamu dan pasangan pun akan lebih tenang menghadapi momen kelahiran anak.

Biaya pendidikan anak

Kamu mungkin berpikir, anakmu belum lahir, kenapa harus memikirkan biaya pendidikannya sejak sekarang? Saat ini biaya pendidikan SD-SMA negeri di beberapa daerah memang gratis. Namun ingat, anakmu juga membutuhkan biaya untuk melanjutan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan dapat menjadi bekal untuk anakmu menghadapi masa depan. (Baca juga: Dari Karyawan Jadi Pebisnis, Ini Beberapa Hal yang Harus Kamu Persiapkan)

Semakin dini kamu mempersiapkannya akan semakin baik, karena kenaikan biaya pendidikan mencapai 15% per tahunnya. Kalau saat ini biaya kuliah di Jakarta saja mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah selama 8 semester, maka berapa biayanya saat anakmu kuliah nanti?

Tak ada salahnya menyiapkan biaya pendidikan sejak anakmu lahir. Kamu bisa menyisihkan uangmu setiap bulan dan menginvestasikannya agar tidak tergerus inflasi biaya pendidikan.

Asuransi jiwa untuk pencari nafkah

Asuransi jiwa untuk pencari nafkah sangat penting agar keluarga tidak menanggung beban yang terlalu berat ketika hal terburuk menimpa pencari nafkah. Sebab, setiap pencari nafkah memiliki risiko meninggal dunia.

Dengan asuransi jiwa, ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan sehingga mereka memiliki bekal untuk melanjutkan hidup ketika pencari nafkah tiada. Kalau kamu berencana punya anak tahun ini, itu berarti tanggung jawabmu bertambah. Sebaiknya, pertimbangkan untuk melindungi dirimu dengan asuransi jiwa.

Dana darurat untuk keluarga

Sebuah keluarga idealnya memiliki sejumlah dana darurat untuk menghadapi peristiwa-peristiwa tak terduga yang membutuhkan biaya besar. Dana darurat juga akan membantu keluarga terhindar dari utang. Sebaiknya siapkan dana darurat setelah menikah. (Baca juga: Mau Bebas Stress di Tahun 2017? Cukup Lakukan 5 Olahraga Ini)

Lindungi anak dengan asuransi kesehatan

Orang tua mana yang tidak khawatir ketika anak sakit. Pastikan setelah anakmu lahir nanti, dia dilindungi asuransi kesehatan. Dengan begitu, kamu dan pasangan akan lebih siap secara mental dan finansial ketika anak jatuh sakit.

Butuh asuransi kesehatan yang diterima ratusan rumah sakit berkualitas di Indonesia? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.