Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Biaya yang Tanpa Kita Sadari Sering Menguras Saldo

by Surtan Siahaan on 10 Agustus, 2017

investasi - CekAja.com

Semua orang pasti kesal bila saldo tabungannya berkurang secara drastis tanpa pernah dibelanjakan. Raibnya uang di rekening bisa disebabkan bermacam hal. Salah satunya karena tergerus sejumlah biaya yang dipungut oleh bank.

Sebenarnya hampir setiap pemilik rekening bank pernah mengalami hal ini. Namun, seringkali tidak sadar sampai suatu ketika pemilik rekening melihat rekaman transaksi tersebut. Lantas, apa saja biaya yang bisa menyebabkan saldo kita berkurang tanpa pernah dibelanjakan? Berikut ini rincian selengkapnya.

Biaya administrasi

Biaya ini dipungut tiap bulan oleh bank. Besarnya bervariasi mulai dari ribuan rupiah per bulan hingga Rp 20 ribu per bulan. Biaya administrasi bank akan terus dibayarkan nasabah selama masih menggunakan rekening bank secara aktif. Beberapa bank memang mengeluarkan produk tabungan tanpa biaya administrasi. Namun, fasilitas yang diberikan biasanya lebih minim dibandingkan tabungan biasa.

IPOTPAY-CekAja

Biaya penalti

Pemilik rekening dengan saldo kurang dari jumlah minimal yang ditetapkan bank biasanya dikenakan penalti. Jumlah saldo minimal dan nilai penalti yang diberikan juga berbeda antara bank satu dan bank lainnya.

Biaya Transfer dan tarik tunai antar bank

Ada kalanya pemilik rekening harus melakukan transaksi baik itu tarik tunai atau transfer antar bank. Contohnya, ketika menarik uang melalui ATM milik bank yang berbeda dengan penerbit kartu debit kita. Besaran pungutan ini pun bervariasi mulai dari Rp 6.500 per transaksi.

Biaya penggantian kartu debit yang hilang/rusak

Salah satu risiko menggunakan alat pembayaran berupa kartu adalah potensi kartu debit hilang dan rusak. Bank memang memberikan penggantian terhadap kartu yang hilang atau rusak. Namun, nasabah biasanya dikenakan biaya penggantian kartu bervariasi tergantung kebijakan bank. Nilainya berkisar antara belasan hingga puluhan ribu rupiah.

Biaya pembayaran tagihan via ATM

Kemajuan teknologi memungkinkan kita membayar tagihan rutin seperti tagihan listrik, internet, PDAMN dan telepon secara online. Pembayaran bahkan dapat dilakukan melalui ATM. Namun, untuk setiap transaksi, bank biasanya memotong biaya transaksi dari rekening nasabah dengan nominal di level ribuan rupiah per transaksi.

Gunakan rekening cerdas tanpa beragam potongan

Beruntung bagi kita yang hidup di era sekarang. Kecanggihan teknologi lembaga keuangan memungkinkan kita memiliki rekening bebas biaya administrasi dan potongan lainnya yang bisa melindungi saldo dari pengurangan yang tak menguntungkan.

Solusi itu ada pada IPOTPAY sebagai platform financial technology (fintech) terbaru. IPOTPAY merupakan produk yang mampu memaksimalkan saldo nasabah sekaligus bisa digunakan untuk urusan bayar, beli, hingga transfer dana di hari yang sama.

Dengan IPOTPAY, dana yang dimiliki dapat dikerek secara maksimal. Sebab, dana akan ditempatkan secara otomatis di reksadana pasar uang – yang setahun terakhir mampu menoreh hasil di kisaran 7-9% per tahun (gross). Hasil di kisaran ini tergolong lebih besar dari e-wallet atau platform lainnya. Dana yang dikelola pun lebih maksimal lantaran aktivitas pembayaran, pembelian dan transfer melalui IPOTPAY tanpa biaya bulanan, tanpa limit dan tanpa potongan biaya apapun.

Nasabah juga tak perlu khawatir akan keamanan. Sebab, selain terdaftar dan diawasi OJK IPOTPAY juga diproteksi dengan sistem keamanan SSL 256 bit dan three layer security (password, secure PIN, dan kode OTP). Sistem keamanan lapis tiga ini terbilang selangkah lebih maju dari dunia perbankan yang hanya menggunakan 2 Factor Authentication (2FA) yaitu level password dan level OTP. IPOTPAY disokong 3 Factor Authentication (3FA) yaitu level passwordrandomized numerical PIN dan OTP (One Time Password).

Level password terdiri atas kombinasi (minimum) 8 digit angka, huruf dan spesial karakter. Sementara level randomized numerical PIN adalah sistem pengacakan 10 digit nomor yang hanya bisa dipilih melalui klik atau layar sentuh hasil kreasi team IT IndoPremier. Asal tahu saja, lapis keamanan ini mampu mengantisipasi malware seperti key-logger.

Tertarik dengan rekening yang bisa menjaga saldo dari potongan yang merugikan? Buka akun IPOTPAY sekarang juga melalui www.ipotpay.com atau unduh langsung apps IPOTPAY di Play Store atau App Store.

Tentang Penulis