Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Bidang Pekerjaan yang Mesti Dipilih Kalau Mau Karier Menjanjikan di Masa Depan

by Arfan Wiraguna on 21 Oktober, 2015

pekerjaan bergaji besar _ KPR - CekAja.com

Banyak yang mengidamkan pekerjaan di industri tertentu karena berbagai pertimbangan, mulai dari lingkungan kerja, gaji yang didapat hingga akses eksklusif yang bisa didapat. Oleh sebab itu, pengetahuan kita tentang tren karier yang berkembang belakangan ini erat kaitannya dengan kesuksesan pekerjaan di masa depan.

Baru-baru ini, menurut laporan Michigan State University Trends, mengungkap lima bidang pekerjaan yang dikatakan bisa memberikan karier sangat menjanjikan. Kelima bidang pekerjaan ini dianggap menjanjikan sebab sangat dibutuhkan oleh industri-industri di sekelilingnya yang saat ini tengah berkembang dengan sedemikian pesat. Otomatis, untuk masalah gaji akan ikut menjanjikan juga pastinya.

Yuk, kita simak bersama apa saja kelima bidang pekerjaan tersebut.

Konstruksi

young-asian-architect-woman-yellow-hard-hat-vibrant-blue-background-safety-helmet-holding-work-plan-sheet-53584024472616277_d1

Bidang pekerjaan pertama yang dapat mendongkrak masa depan seseorang adalah bidang konstruksi. Pasalnya, peningkatan jumlah kebutuhan tempat tinggal dan kantor yang cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan ini turut mendorong pertumbuhan sektor industri properti dan konstruksi.

(Baca juga: Bunga Pinjaman Pegadaian dan Bank, Mana Lebih Murah?)

Oleh sebab itulah, kita menjadi semakin terbiasa melihat pembangunan gedung-gedung baru. Di sisi lain, itu pula alasan utama mengapa bidang pekerjaan ini memiliki potensi peningkatan gaji dengan sangat besar.

 

PAUD, TK dan SD

uhsttemplate

Teaching calling on student in classroom

Tenaga kerja di bidang pendidikan, mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD), semakin dibutuhkan dalam beberapa tahun belakangan ini. Penyebabnya, kemajuan pendidikan di tingkat PAUD, TK dan SD berperan penting bagi perkembangan suatu bangsa.

Di Indonesia sendiri, setiap tahun pemerintah berusaha meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan di Indonesia. Mutu ini sangat tergantung pada tiga hal, yaitu bangunan fisik yang memadai, mutu guru yang baik, dan metode kurikulum yang tepat.

Bahkan, di bidang pembangunan Indonesia, tidak ada sektor yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang harus mengalokasikan 20 persen anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) kecuali bidang pendidikan.

Selain itu, undang-undang yang berlaku di Indonesia juga mengharuskan peningkatan anggaran pendidikan secara terus-menerus. Itu pula sebabnya, karir di bidang ini sangat menjanjikan bagi masa depan kita.

 

Jasa Keuangan dan Asuransi

stock-photo-19780195-asian-woman-bank-teller-serving-customer-approaching-retail-bank

8230_ENTRY_LEVEL_BANKER_0753

Meskipun bank di berbagai negara mulai mengurangi jumlah karyawannya, ternyata tak serta merta berarti para pekerja di bidang jasa keuangan dan asuransi akan mengalami masa depan yang suram. (Baca juga: Cek Perbedaaan Reksadana Syariah dan Konvensional?)

Pasalnya, kebanyakan perusahaan yang bergerak di bidang ini memang sedang melakukan berbagai upaya efisiensi—dengan mengalihkan sistemnya ke arah digital, namun dengan tujuan untuk menyambut masa depan yang menjanjikan tersebut.

 

Manufaktur

8800569239_e1d19dc32b_m

north-korea-factor_3458404b

Di tengah pelambatan ekonomi global, industri manufaktur masih terus tumbuh. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi kenaikan pertumbuhan produksi industri manufaktur baik industri besar-sedang dan mikro-kecil pada triwulan II-2015 ini dibandingkan periode yang sama tahun 2014. Sebelumnya, BPS juga melaporkan bahwa industi manufaktur besar dan sedang pada kuartal I-2015 tumbuh 5,05 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Penyebabnya, industri ini memproduksi berbagai jenis kebutuhan masyarakat, seperti produk pakaian jadi hingga jasa reparasi dan pemasangan mesin. Itulah sebabnya, bidang ini dapat terus meningkat dan dapat memberikan karir yang menjanjikan di masa depan.

 

Transportasi

6

Businesswoman with plane

Jumlah pengguna angkutan umum di dunia terus bertumbuh sering dengan semakin baiknya sarana transportasi publik tersebut. Bahkan, seperti dikutip dari artikel “Sistem Nontunai Efektifkan Operasi Angkutan Umum” yang dimuat secara online oleh Kompas, pengguna transportasi publik di wilayah Jabodetabek saja diperkirakan akan mencapai 21 juta orang per hari pada 2020.

(Baca juga: Lebih Untung Menyicil Barang dengan Pembiayaan Syariah)

Perkembangan ini sejalan dengan pembangunan infrastruktur dan penambahan moda transportasi umum. Di sisi lain, perkembangan ini pula yang pada akhirnya menuntut ketersediaan tenaga kerja berkualitas dalam jumlah yang memadai. Dengan kata lain, bidang pekerjaan ini dapat memberikan masa depan yang cerah bagi para karyawan yang bergelut di dalamnya.

Sebagai tambahan, selain memilih beberapa bidang pekerjaan di atas yang diyakini mampu menunjang masa depan cerah karena bisa menuai penghasilan besar, sebaiknya kita tak lupa menanamkan kembali  sebagian penghasilan kita untuk investasi.

Tak perlu terlalu besar, berangkat dari investasi kecil-kecilan pun bisa mengantarkan kita menjadi semakin sukses secara finansial. Sebagai contoh, kita dapat memulainya dengan menyusun rencana untuk mencicil rumah atau berinvestasi dalam bentuk lain, seperti saham atau reksa dana. Dengan begitu, walaupun saat ini gaji kita tak terbilang besar, hasil investasi tersebut kelak dapat mendatangkan keuntungan berlimpah di masa depan. 

 

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.