Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Bisnis Kuliner Modal Kecil dengan Omzet Menggiurkan

by Riri Anggraheni Eka Rimandasari on 10 April, 2016

kuliner Bandung - CekAja.com

Bisnis kuliner tak pernah kenal istilah sepi peminat. Mengapa orang begitu banyak melirik bisnis kuliner sebagai pilihannya?

Salah satu jawabannya, karena menjalankan usaha di bidang kuliner itu tidak terlalu sulit dan potensi keuntungan cukup besar. Yang dibutuhkan hanyalah keterampilan mengolah makanan atau minuman yang enak.

Mau tau bisnis kuliner menggiurkan dengan modal bisnis kecil? Bahkan bisa jadi kamu membuat brand untuk bisnis kulinermu ini lho. Berikut ini adalah bisnis modal kecil di dunia kuliner yang bisa kamu jalankan.

Bisnis kuliner aneka makanan ringan

Kamu tentu paham kenapa makanan ringan menjadi urutan pertama di bisnis kuliner dalam artikel ini. Tentu kamu bisa melihat, semua rentang usia dari anak-anak hingga lansia pun senang dengan aneka makanan ringan. Betapa tidak? Makanan ini murah dan bisa menemani di segala aktivitas. Salah satu jenis makanan ringan yang populer adalah snack.

Snack menjadi pilihan yang tepat disaat nyantai. Nah, bagi kamu para pengusaha newbie (baru) di dunia enterpreneur tidak ada salah mencoba bisnis kuliner makanan ringan ini. Sebagai langkah awal Kamu bisa mencoba dengan makanan kecil seperti snack, keripik, atau kue kering lainnya.

Akan lebih baik bila Kamu juga mempunyai keterampilan untuk membuat sendiri produk tersebut sehingga profit yang diperoleh akan lebih besar. Manfaatkan momen lebaran atau natal untuk meningkatkan omset dengan mempromosikan kue kering khas hari raya buatan Kamu sendiri. Jika kamu memiliki kemampuan dibidang ini jangan pernah disia-siakan.

Bisnis kuliner aneka minuman pelepas dahaga

Wah, di segala aktivitas baik sekolah hingga bekerja pun rasanya pasti ada bekal atau sajian minuman. Tentu saja! Ketika melaksanakan kegiatan pasti ada kalanya haus. Jadi, minuman segar atau jus pun bisa menjadi peluang usaha kuliner kamu. Usaha ini sangat mudah untuk dijalankan. Kamu bisa membidik pasar di kalangan remaja dan mahasiswa dengan membuat inovasi minuman atau beraneka jus dengan berbagai wadah yang unik, rasa yang unik dan nama yang membangkitkan rasa ingin tahu.

Selain itu Kamu juga bisa mempopulerkan kembali minuman-minuman tradisional seperti sari jahe, bajigur, atau bandrek dengan tampilan yang lebih modern. Dalam menjalankan usaha ini kamu harus pintar-pintar mencari tempat yang bagus, tempat yang mudah untuk dijangkau orang banyak, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa.

Bisnis kuliner aneka crispy dan gorengan

Kuliner yang satu ini bisa dikatakan digemari oleh semua kalangan masyarakat di berbagai usia. Apalagi gorengan dikenal dengan harga murah dan sangat cocok dinikmati dengan minuman hangat di sore hari.

Agar tidak berkesan monoton, buatlah gorengan dengan bentuk yang berbeda misalnya singkong goreng keju, pisang goreng berbulu, cireng beraneka bentuk, tahu isi pedas, dan sebagainya. Keunikan ini tentu akan mampu menarik perhatian para penyuka wisata kuliner.

Bisnis catering paket makanan

Usaha ketering memang takan pernah mati, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat. Tingkat ekonomi masyarakat Indonesia kini juga mulai membaik serta budaya serba instan yang kini menjalar di masyarakat, terutama pekerja kantor dan mahasiswa. Sehingga membuat usaha kuliner katering semakin berkembang pesat.

Dahulu masyarakat kita jarang menggunakan jasa katering ketika mengadakan acara, tetapi berbeda dengan sekarang dimana masyarakat lebih memilih jasa ketering. Usaha ketering ini mempunyai prospek yang bagus, mengingat hampir semua masyarakat membutuhkan jasa ketering dengan alasan untuk mencari kemudahan, instan dan siap saji.

Kamu tidak harus memulai bisnis rumahan ini dengan modal besar. Kamu bisa memulainya dengan modal usaha seadanya dan dengan alat–alat seadanya yang ada di dapur kamu. Untuk biaya bahan baku kamu bisa meminta DP atau uang muka atas pesanan makanan yang akan kamu buat sehingga kamu dapat menekan biaya modal pembuatan makanan tersebut.

Jika usaha katering kamu semakin berkembang, tentu tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan usaha dengan skala yang lebih besar serta menyediakan juga alat-alat prasmanan, tarub dan lain lain.

Bisnis kuliner aneka kudapan nusantara

Aneka kudapan nusantara disini berarti kamu menyajikan makanan khas dari berbagai daerah. Wah, ini sih tentu banyak yang suka baik masyarakat Indonesia bahka turis mancanegara yang berkunjung. Kamu bisa memulainya dengan warung tenda masakan nusantara sederhana namun menu masakan cukup variatif dan untuk harga cukup bervariasi.

Pada dasarnya untuk menjalankan bisnis kuliner ini cukup mudah, kamu cukup mencari tempat yang bagus, dekat dengan market konsumen dan mempunyai kemampuan dalam mengolah aneka makanan yang banyak diminati.

Kamu tentu tergiur dengan bisnis kuliner yang menjanjikan iitu bukan? Memulainya pun bisa dengan modal kecil lho. Bagaimana menurut kamu? Atau kamu justru memiliki bisnis kuliner dengan ide unik yang belum pernah dilakukan? Silakan diperhitungkan dan selamat berbisnis kuliner!

Tentang Penulis