Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Bisnis Online Tanpa Modal

by Satrya Agung on 22 Desember, 2016

tips bisnis - CekAja.com

Ingin terjun ke dunia bisnis online? Jika kamu masih bingung, berikut kisi-kisi profesi apa saja yang bisa kamu jalani di dunia maya. Semoga bermanfaat.
  1. Reseller atau Dropshiper

Kamu tidak perlu pusing dengan stock barang ketika memutuskan menjadi reseller atau dropshiper apa lagi ribet dengan pengiriman barang. Kelebihan inilah yang membuat banyak orang terjun menjadi penjual online tanpa perlu pusing dengan segala perintilan produksi hingga pengiriman.

Yang perlu dilakukan hanyalah memasarkan sebanyak mungkin. Saat ini banyak toko online yang menawarkan kemitraan menjadi reseller mereka. Tapi sebelum memutuskan menjadi mitra baiknya kamu pelajari terlebih dahulu riwayat transaksi mereka. Apakah toko online tersebut bisa dipercaya terlebih dengan kualitas barang yang dijual.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Dengan menjadi reseller atau dropshiper setiap pembelian atas nama kamu akan dikirimkan langsung toko online rekanan kita dengan mencantumkan alamat dan nama toko kita. Seolah-olah memang kita sendiri yang mengirimkannya.

(Baca juga: Begini Cara Bisnis Online Shop di Tahun 2017)

Sistem ini untuk menjaga kepercayaan di kedua belah pihak. Dimana produk toko online tersebut tetap terjual dan kita sebagai reseller atau dropshiper tetap mempunyai pelanggan. Untuk keuntungan yang didapat berasal dari persenan dari harga jual yang disepakati. Biasanya harga jual tetap sama baik yang dikeluarkan oleh toko online dan reseller.

  1. Affiliate Marketer

Sesungguhnya ini sama dengan reseller, tapi ada beberapa perbedaan. Jika pada reseller kita langsung mempromosikan hingga terjadi transaksi jual beli. Sedangkan pada affiliate marketer kita hanya mempromosikan dan mengarahkan calon pembeli mengikuti tautan yang sudah dicantumkan yang berujung pada website penjual.

Dan jika terjadi transaksi penjual tinggal menghitung berapa banyak pembelian yang melalui tautan link si affiliate. Contoh sederhananya, jika kamu mengunjungi blog yang mana membahas tentang finansial (misal tentang pinjaman tanpa agunan) dan pada artikel tersebut ada tautan link yang mengarah pada website yang mana bisa mengajukan pinjaman di sana maka si empunya blog disebut affiliate.

Jika kamu akhirnya mengajukan pinjaman di website tersebut maka si empunya blog akan mendapatkan komisi atas jasanya yang telah mempromosikan website mereka. Dan masih banyak lagi contoh affiliate ini. Selain itu, bisnis baju online menawarkan untung lumayan. Bisnis online adalah bisnis online gratis tanpa modal usaha.

  1. Penulis konten website

Kalau kamu mempunyai keahlian di bidang menulis maka pekerjaan ini cocok untuk kamu jalani. Profesi sebagai penulis konten website sudah menjamur di bidang bisnis online. Ada banyak website yang membutuhkan jasa para penulis konten ini. Alasannya adalah, pertama , tidak semua orang bisa menulis, dan kedua, konten adalah elemen yang vital karena akan berpengaruh pada trafik website tersebut.

Selain penulis, konten juga bisa berbentuk gambar dan video. Sehingga yang bisa menjalani profesi ini tidak hanya penulis, tapi para desain grafis, dan videografer dan editor. Tapi yang paling banyak kebutuhannya adalah penulis, karena berkaitan dengan SEO. Jenis bisnis online syariah adalah bisnis online terbaik.

  1. Jasa Pembuatan Website/Blog

Kemampuan dalam mengolah kode-kode program sangat penting untuk yang menekuni di bidang ini. Walau pun sudah ada website-website yang menyediakan template-template yang gampang digunakan siapa saja tapi agar pebih profesional kamu harus paham juga dengan bahasa program.

Jika tidak maka ada jutaan orang di luar sana yang sanggup membuat website hanya dengan template yang sudah tersedia seperti yang bisa ditemui di WordPress dan situs lainnya.

  1. Blogger profesional

Profesi ini seiring sejalan dengan penulis konten. Kedua sama-sama membutuhkan keahlian dalam menulis. Tapi agar lebih menonjol dari blogger lainnya kamu yang berminat terjun di dunia blog sebaiknya meng-upgrade keahlian kamu dengan fotografi dan videografi. Walaupun tidak harus namun kamu akan lebih cepat dilirik jika memiliki keahlian lebih.

Nah, dengan 5 profesi di dunia bisnis online di atas, mana yang akan kamu pilih?

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami