Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Cara Agar Gaji Anda Tidak Cepat Habis

by JTO on 27 Agustus, 2014

persiapan biaya pernikahan - CekAja.com

Anda sudah gajian? Sebagian mungkin akan menjawab sudah, dan sebagian lagi belum. Ikuti 5 cara ini, maka gaji Anda tidak akan cepat habis dan tidak perlu melakukan pinjaman.

Bagi karyawan menjelang akhir bulan menjadi momen yang membahagiakan karena akan segera mendapatkan gaji dari hasil kerja keras mereka. Menerima gaji menjadi momen yang paling ditunggu bagi karyawan pada akhir bulan.

Banyak karyawan yang sudah merencanakan penggunaan gaji mereka bahkan sebelum waktunya. Ada karyawan yang segera membayar utang, ada juga karyawan yang ingin segera membelikan pakaian baru untuk suami atau istri mereka.

Setiap karyawan pastinya mempunyai rencana masing – masing untuk menghabiskan gaji yang telah diterima. Tetapi masalahnya adalah banyak dari Anda yang menghabiskan gaji sebelum waktunya, misalnya pada tengah bulan. Pengelolaan dan perencanaan yang kurang baik menjadi alasan utama masalah ini timbul. Oleh karena itu dibawah ini beberapa tips untuk membantu mengelola gaji Anda :

  1. Bagi-bagi

Bukan artinya Anda membagi-bagikan gaji Anda ke orang-orang. Namun, disini adalah, apabila Anda sudah mendapatkan gaji, bagilah pendapatan menjadi beberapa bagian seperti bagian utang, bagian kehidupan sehari – hari, bagian tabungan, bagian sosial, dan beberapa bagian sesuai kebutuhan Anda.

Tentukan presentase dari setiap bagian misalnya bagian utang 30 persen, bagian kebutuhan sehari – hari 40 persen, sisanya bagian tabungan 30 persen.  (Baca juga: Kapan Waktu Tepat Membeli Rumah?)

  1. Mana yang prioritas?

Setelah Anda membagi pendapatan Anda menjadi bagian – bagian tertentu, maka Anda perlu memprioritaskan bagian mana yang menjadi prioritas. Misalnya Anda perlu memprioritaskan membayar cicilan hutang terlebih dahulu seperti cicilan pinjaman uang ke bank yang bisa berupa Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Kemudian, prioritas kedua biasanya pada bagian kebutuhan sehari-hari seperti tagihan listrik, air, internet dan lainnya.

  1. Pisahkan tabungan

Apabila telah memiliki rencana untuk menabung, sebaiknya Anda memisahkan rekening tabungan dengan rekening sehari-hari. Maksudnya agar Anda lebih mudah mengontrol tabungan dan tidak terpakai uang yang ada disitu. Carilah tabungan dengan biaya administrasi rendah. Selain itu, pisahkan atm tabungan ini dari dompet agar Anda tidak dengan mudah menggunakan tabungan.

  1. Siapkan cadangan

Kejadian tidak terduga bisa terjadi kapan saja. Misalnya Anda sakit atau keluarga Anda membutuhkan uang mendadak. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu menyiapkan dana cadangan dalam tabungan. Dana cadangan biasanya berkisar antara 10 hingga 15 persen sesuai dengan pendapatan yang Anda miliki. (Baca juga: Berapa Pinjaman Anda? Gunakan Kalkulator Simulasi Kredit Bank untuk Hitung CIcilannya)

  1. Sosial dan investasi

Anda sudah melaksanakan keempat tips sebelumnya, jangan lupa untuk mengalokasikan sedikit dana untuk tujuan sosial seperti membantu orang sakit, membantu kegiatan keagamaan, sumbangan untuk bencana alam. Ingat, semakin banyak Anda memberi maka rezeki Anda akan semakin lancar.

Ya, Anda boleh percaya atau tidak dengan pepatah itu. Namun, setidaknya kegiatan sosial itu positif. Selain itu, apabila Anda masih memiliki uang lebih dari gaji, maka sudah saatnya investasikan uang Anda agar semakin bertambah melalui saluran investasi seperti reksadana, deposito, atau unit-link. Anda tinggal menyesuaikan investasi Anda dengan karakteristik Anda.

Dengan mempraktekkan kelima tips ini maka Anda bisa mengelola keuangan Anda dengan lebih baik. Hal paling penting dalam mengelola keuangan adalah kedisplinan. Walaupun Anda sudah merencanakan keuangan Anda, tetapi tanpa disiplin yang baik maka neraca keuangan Anda akan selalu bermasalah. Apabila Anda tertarik mendapatkan tips – tips finansial lainnya maka Anda bisa klik di sini.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami