Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Cara Agar Uang Gaji Anda Tidak Langsung Ludes

by hanna on 25 September, 2014

Tanggal gajian tiba! Mungkin Anda sudah menyiapkan daftar belanjaan untuk menghabiskan penghasilan sebulan. Tapi, coba lihat kembali daftar tersebut, tarik napas dalam-dalam, dan tanyakan beberapa hal ini sebelum Anda benar-benar mengeluarkan uang.

  1.  “Apakah pengeluaran ini membantu saya meraih rencana masa depan, harapan, dan impian?”

Seringkali orang terjebak dalam rencana finansial yang kurang terorganisir dan kurang terencana. Tanpa perspektif jangka panjang, rencana keuangan yang dibuat akan jatuh dengan mudah dalam perangkap kehidupan dan segera saja Anda akan menghabiskan setiap rupiah yang dihasilkan. Dengan pemikiran jangka panjang, rencana finansial tadi akan membantu Anda menyadari bahwa menghabiskan uang dengan cepat akan menghancurkan impian masa depan Anda.

(Baca juga: Punya Kredit Lain Tapi ingin Ajukan KPR, Pelajari Dulu Simulasinya)

  1.  “Akankah pembelian ini memberikan penghasilan untuk saya atau mengambil penghasilan dari saya?”

Berapa banyak barang dibeli yang akhirnya menambah penghasilan Anda? Agaknya orang-orang justru biasa memperoleh penghasilan untuk kemudian dibelikan barang-barang yang menyenangkan. Padahal, penghasilan yang Anda dapatkan bisa dibelikan sesuatu yang justru menambah penghasilan, seperti saham, bisnis, rumah untuk disewakan, atau deposito. Coba ajukan pertanyaan ini pada diri sendiri dan Anda akan mengubah pandangan tentang uang.

(Baca juga: 5 Cara Memulai Investasi)

  1.  “Apakah saya memiliki uang untuk membayar semua barang di daftar pengeluaran secara tunai?”

Jika Anda tidak memiliki uang tunai untuk membayar barang yang bukan kebutuhan pokok di daftar pengeluaran, sebaiknya jangan dibeli kecuali itu merupakan rumah atau aset yang akan bertambah nilainya.

  1.  “Akankah barang ini bertambah atau berkurang nilainya?”

Mengajukan pertanyaan sederhana ini akan mencegah banyak keputusan pengeluaran yang tak berguna. Mobil, kulkas, kolam renang, dan pakaian adalah contoh barang yang akan berkurang nilainya.

Jika Anda tidak membutuhkannya atau sudah memilikinya, sebaiknya tidak membeli. Sementara bisnis, rumah, tanah, saham, dan properti intelektual (paten, lisensi, dsb) adalah contoh hal yang akan bertambah nilainya.

(Baca juga: 5 Kegiatan Ini Lebih Menguntungkan Jika Pakai Kartu Kredit)

  1.  “Apakah saya membutuhkan ini?”

Ini tampaknya merupakan pertanyaan dasar, tapi seringkali kita terjebak dalam suasana “Saya Ingin Ini!”. Saat itulah terus tanyakan pertanyaan ini.

Terkadang barang yang diinginkan boleh saja dibeli, tapi ketika pertanyaan ini terus diajukan Anda bisa mengambil keputusan yang lebih bijak.

Setidaknya tunggu semalam sebelum menjawab pertanyaan ini. Tidur yang baik akan membawa Anda pada keputusan yang baik.

Siap hidup lebih hemat? Ayo mulai terapkan 5 langkah tadi!

Tentang Penulis

hanna

Social media writer, coffee lover, twenty-something.