Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Cara Aman Transaksi Perbankan Saat Listrik Padam

by Gentur Putro Jati on 7 Agustus, 2019

Mati listrik memang menyebalkan. Apalagi kalau saat mati listrik tersebut, kamu ingin melakukan transaksi perbankan yang penting dan tidak bisa ditunda. Jangan panik, simak beberapa cara aman transaksi perbankan saat listrik padam dari bos sejumlah bank besar di Indonesia.

Tarik Tunai ATM - CekAja

Akhir pekan lalu, tepatnya pada hari Minggu (4/8) sampai Senin (5/8) sebagian besar pelanggan listrik PT PLN (Persero) di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat merasakan sendiri arti menyebalkan akibat mati listrik.

Rasa panik pun menjalar, terutama bagi kamu yang berniat atau bahkan sedang melakukan transaksi perbankan untuk membeli barang, menarik uang dari mesin ATM dan keperluan penting lainnya.

Semua kemudahan yang diberikan industri perbankan untuk melakukan pembayaran secara online, menarik dan menyetor uang lewat ATM, menggesek kartu kredit dan kartu debit serta berbagai aktivitas keuangan lainnya mendadak terhenti karena padamnya setrum dari PLN.

Apa yang harus dilakukan nasabah saat listrik padam

Ketika menghadapi kejadian listrik padam seperti kemarin, para petinggi tiga bank besar di Indonesia meminta masyarakat yang ingin melakukan transaksi perbankan untuk tidak panik.

(Baca juga: Pemadaman Listrik Berlanjut, Ini 7 Tips Memilih Genset Rumah Tangga)

Berikut adalah cara aman melakukan transaksi perbankan saat listrik padam menurut Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragi, dan Sekretaris Perusahaan BNI Meiliana, dikutip dari berbagai sumber:

1. Jangan panik

Kamu sebagai nasabah bank, diminta untuk tidak panik begitu daerah tempat tinggal kamu mengalami pemadaman listrik.

Tenang saja, saldo kamu yang miliaran sampai triliunan rupiah itu tidak akan menguap atau berpindah tangan karena server perbankan yang mencatat nilai saldo kamu dipastikan tidak ikutan mati meskipun listrik padam.

Seluruh fasilitas perkantoran milik bank-bank besar, tentu sudah dilengkapi dengan generator set (genset) yang secara otomatis memasok listrik jika aliran setrum PLN padam.

BRI misalnya, yang mengaku sangat terbantu dengan kehadiran satelit BRISat untuk mendukung jaringan komunikasi di saat black out.

Dengan pemanfaatan jaringan BRIsat, setiap kantor dan mesin ATM BRI dapat terus terkoneksi dengan data center BRI, sehingga tidak terdapat gangguan dalam melayani nasabah.

2. Transaksi lewat ATM di kantor cabang dan pusat perbelanjaan

Jika kamu ingin menarik uang, mentransfer dana, dan melakukan berbagai transaksi keuangan lainnya lewat mesin ATM, segera sambangi kantor cabang bank atau pusat perbelanjaan.

Dua lokasi ATM tersebut dijamin tetap hidup karena teraliri listrik dari mesin genset.

“ATM yg di cabang dan mal ada genset jadi gak masalah untuk ambil uang tunai,” kata Jahja Setiaatmadja, bos besar BCA.

Alternatif lainnya, kamu juga bisa melakukan transaksi mesin ATM yang berada di area layanan publik seperti restoran, bandara, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, kamu tetap bisa melakukan cara aman transaksi perbankan saat listrik padam.

3. Transaksi gesek kartu kredit/debit

Pembayaran menggunakan kartu kredit atau kartu debit melalui mesin EDC juga tetap bisa dilakukan.

Cara aman untuk melakukan transaksi tersebut saat listrik padam adalah dengan mengunjungi toko atau restoran yang beroperasi normal karena memiliki genset sebagai pasokan listrik cadangan.

Namun, jika kamu sudah terlanjur makan di restoran tanpa genset, cara lainnya yang sedikit repot adalah dengan menarik uang tunai dari mesin ATM terdekat yang tetap hidup.

4. Transaksi online

Jaringan telekomunikasi dan internet yang sempat terganggu saat listrik PLN padam, cepat pulih kembali dalam beberapa saat.

Oleh karena itu nasabah perbankan bisa kembali melakukan transaksi mobile banking atau internet banking tanpa gangguan yang berkepanjangan.

“Transaksi juga masih dapat dilakukan melalui BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking,” ucap Meiliana, Sekretaris Perusahaan BNI.

5. Antisipasi Bank

Untuk menghindari kepanikan para nasabah apabila kejadian pemadaman listrik terulang, para petinggi bank melakukan sejumlah antisipasi sebagai bentuk peningkatan layanan.

(Baca juga: Ini Daftar Kompensasi Pemadaman Listrik dari PLN)

Osbal Saragi, Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI, mengatakan perusahaannya telah mengambil berbagai langkah antisipatif sehingga operasional layanan perbankan tetap dapat berjalan dengan baik meskipun listrik padam.

“Diantaranya memastikan ketersediaan uang di seluruh mesin ATM BRI dan CRM BRI serta menambah stok bahan bakar yang digunakan genset untuk mengantisipasi kondisi listrik yang belum stabil,” ujar Osbal.

Itu tadi lima cara bertransaksi perbankan secara aman meski listrik padam yang bisa kamu lakukan.

Jadi bisa dipastikan semua kebutuhan perbankan kamu tetap bisa dilayani, seperti halnya CekAja.com yang selalu setia melayani kamu dalam mendapatkan berbagai produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum