Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Cara Berhemat Saat Harus Sering Makan di Luar

by JTO on 10 September, 2015

izin usaha - CekAja.com

Bulan lalu, berapa kali kamu lebih memilih makan-makan di luar meski stok di kulkas masih banyak? Sekali? Dua kali? Atau bahkan terlalu sulit untuk dihitung? Mungkin kamu sebenarnya sudah berusaha membatasi dengan membuat perencanaan jadwal. Namun, selalu saja saat-saat di mana kamu terlalu lelah, sibuk dengan pekerjaan, atau tak punya waktu untuk memasak. Kamu tak sendirian. Ada banyak orang yang merasakan hal serupa.

Sayangnya, anggaran untuk makan di luar tentu akan lebih besar dibanding anggaran untuk masakan rumahan. Jika kamu memang ingin bisa memangkas anggaran untuk masalah satu ini, seringkali orang langsung menyarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari rutinitas makan di luar. Dengan perencanaan yang lebih pintar, kamu bisa tetap berhemat meski sering mampir ke restoran. Berikut beberapa tip yang bisa menjadi pegangan.

Pintar-pintarlah memesan

Porsi makanan di restoran kadang cukup besar dan tidak habis dimakan sendirian. Ini sangat tidak bersahabat dengan kantong – dan juga dengan ukuran pinggangmu. Kamu bisa menyiasatinya dengan berbagi. Bisa sambil mengajak teman untuk makan bersama. Atau bisa juga menyisakan sebagian porsinya untuk dibawa pulang. Kamu pun sudah menyiapkan menu makan siangmu untuk keesokan harinya.

Mendulang poin dan potongan harga dengan kartu kredit

Ada banyak bentuk promosi kartu kredit yang bisa dimanfaatkan ketika bersantap di restoran. Jadi, pintar-pintarlah memilih restoran yang bekerja sama dengan kartu kredit yang kamu miliki. Semakin banyak point rewards yang didapat, semakin besar pula manfaat lain yang bisa digunakan selain sekadar makan malam di restoran favorit kamu. Atau, kamu bisa memilih restoran yang sedang memberikan potongan harga yang cukup besar jika bertransaksi dengan kartu kreditmu.

Lakukan reservasi secara online

Kamu bisa memanfaatkan platform direktori dan reservasi restoran secara online. Biasanya situs semacam ini akan memberikan potongan harga dengan memanfaatkan layanannya. Atau, ada juga yang menerapkan sistem poin yang bisa digunakan untuk reservasi selanjutnya. Promosi-promosi semacam itu tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja bukan? Kamu pun bisa memanfaatkan harga khusus yang biasa ditawarkan restoran pada saat-saat di luar jam makan. Dengan begitu Anda akan terhindar dari antrian serta keramaian restoran.

Manfaatkan promo potongan harga pembeli voucher di e-commerce

Sebelumnya ada situs khusus daily deals seperti Disdus dan Living Social. Kini, keduanya berkembang dan mengikuti tren e-commerce jenis B2C atau marketplace yang memang menjamur di Indonesia. Dengan membeli voucher restoran di beberapa e-commerce ini, kamu bisa mendapatkan potongan harga yang lumayan besar. Agar tak tertipu, kamu harus memastikan agar kupon atau voucher yang dibeli bisa dimanfaatkan lebih maksimal. Pastikan agar persyaratan yang ditentukan memang tidak membuatmu justru merugi.

Buatlah anggaran khusus

Inilah cara terbaik untuk bisa melihat seberapa besar uang yang akan dihabiskan untuk makan di luar. Yang perlu diingat, anggaran bukanlah batasan. Ini hanyalah satu instrumen yang bisa membantu kamu lebih baik dalam mengatur pos-pos anggaran pengeluaranmu.

 

Sumber Artikel

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.