Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Cara Habiskan Uang Tanpa Khawatir

by hanna on 21 Agustus, 2014

Saat mendapatkan gaji di akhir atau awal bulan, apa yang pertama kali Anda lakukan?

Masih banyak orang yang memiliki kekhawatiran akan penghasilan yang diterima. Setiap bulan, mereka didera pertanyaan: dengan berbagai kebutuhan yang ada, bagaimana caranya agar uang tidak habis semua? Atau minimal, ada sedikit uang yang tersisa untuk ditabung. Cobalah memakai 5 cara ini, dan Anda pun akan dapat menghabiskan uang tanpa merasa khawatir.

  1. Jangan beli barang lagi

Kebanyakan orang berpenghasilan tinggi sering gagal dalam hal ini karena orang-orang cenderung membeli lebih banyak lagi barang saat penghasilan mereka bertambah. Padahal kepuasan membeli barang baru hanya akan bertahan sesaat. Dibanding membeli banyak barang namun nyatanya tidak terpakai, sebaiknya Anda menyimpan uang demi tujuan pensiun dan meraih kemandirian finansial secepatnya.

(Baca juga: Anda Perantau? Ini Kisaran Biaya Hidup di Jakarta)

  1. ‘Jual’ sejumlah uang untuk kenyamanan

Mungkin Anda memiliki sedikit waktu untuk melakukan beberapa kegiatan seperti membersihkan rumah, mencuci pakaian dan membersihkan pekarangan rumah. Dengan ‘membeli’ tenaga untuk mengerjakan kegiatan ini, Anda bisa memperoleh waktu lebih yang dapat digunakan untuk beristirahat sehingga uang yang Anda hasilkan benar-benar dapat digunakan untuk kenyamanan Anda.

  1. Investasi secara pasif

Alasan sebenarnya berinvestasi secara aktif adalah untuk mencoba mengalahkan pasar. Ketika Anda mendapatkan penghasilan lebih dan berinvestasi lebih, maka kebutuhan terhadap pasar akan berkurang. Saat Anda tidak mau mengambil risiko, sebaiknya coba berinvestasi pasif. Dengan perkiraan bahwa ekonomi dunia akan terus berekspansi, Anda tidak perlu khawatir akan perputaran pasar. Anda bisa rileks sementara menunggu hasil investasi terus bertumbuh. Contoh investasi pasif, membeli komoditi emas atau properti.

(Baca juga: 4 Strategi Agar Deposito Jadi Investasi Menguntungkan)

  1. Bandingkan waktu

Anda pernah mengingat kembali masa ketika hanya menghasilkan uang 20% dari gaji sekarang? Coba bandingkan masa itu dengan kehidupan sekarang. Apakah Anda merasa beruntung dengan semua yang bisa diperoleh dengan pendapatan ekstra tersebut? Jika pengeluaran lebih yang dilakukan saat ini tidak membuat Anda bahagia, sebaiknya hentikan pengeluaran tersebut karena tidak menambah kualitas hidup Anda.

(Baca juga: 5 Tips Hindari Jebakan Investasi Bodong)

  1. Mari memberi

Kekuatan dalam memberi adalah mengubah kehidupan. Dengan memberi, Anda tidak hanya menyadari berkat yang diterima, tapi juga dapat melihat kebahagiaan si penerima. Coba donasikan penghasilan ekstra, dan Anda akan merasa lebih bahagia.

Mungkin Anda sulit percaya bahwa makin banyak uang tidak menjamin kebahagiaan seseorang. Beberapa orang justru tidak bahagia karena tidak bisa memanfaatkan secara maksimal uang ekstra yang dimiliki. Jika Anda memiliki uang lebih dari yang dibutuhkan, sebaiknya rencanakan pengeluaran dan habiskan secara bijak.

 

 

Rancang ulang ruangan rumah bisa jadi pilihan untuk habiskan uang Anda tanpa khawatir. Ini caranya.

 

Tentang Penulis

Social media writer, coffee lover, twenty-something.