Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Cara Kreatif Atur Uang untuk Membeli Gadget Baru

by Tisyrin on 31 Juli, 2018

Semakin canggih zaman, kebutuhan akan gadget termasuk smartphone dengan fitur yang memadai semakin tinggi. Apalagi, fungsi smartphone tak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga merangkap berbagai fungsi lain yang memudahkan kehidupan sehari-hari. Anda berniat membeli gadget baru? Simak cara atur uang untuk membeli gadget baru!

smartphone 2018

Melirik riset Gartner, tercatat penjualan smartphone secara global untuk end user pada kuartal pertama 2018 tumbuh 1,3 persen dibandingkan periode yang sama 2017. Berdasarkan riset Gartner, total penjualan ponsel mencapai 455 juta unit di kuartal pertama 2018.

Khusus untuk smartphone, angka penjualannya mendekati 384 juta unit di kuartal pertama 2018, atau sebanyak 84 persen dari total penjualan ponsel. Angka tersebut tentu membuktikan bahwa minat masyarakat terhadap smartphone masih tinggi, termasuk Anda bukan?

(Baca juga: Ini Dia 5 Smartphone Paling Ngebut di 2018)

Namun, harga gadget dengan fitur yang memadai biasanya tidak murah. Anda kerap merasa kesulitan jika harus membelinya bukan? Simak cara-cara kreatif atur uang untuk membeli gadget baru berikut ini.

Sisihkan uang kembalian

Hampir setiap hari Anda melakukan transaksi pembelian atau pembayaran bukan? Mulai dari berbelanja di pasar atau minimarket, membayar ongkos tranportasi umum, membeli bensin bagi pemilik mobil pribadi, membayar parkir, membeli makanan ringan, membeli makan siang, dan lain sebagainya.

Transaksi tunai tentu menghasilkan uang kembalian atau recehan jika Anda tidak menggunakan uang pas. Jika Anda berniat membeli gadget baru, Anda dapat mengumpulkan uang kembalian dan recehan dengan jumlah random setiap harinya. Biarkan selama beberapa bulan, dan Anda bisa takjub melihat hasil tabungan Anda, karena akan cukup untuk membeli gadget baru.

(Baca juga: 5 Smartphone Keren Ini Bakal Rilis di Tahun 2018)

Siapkan wadah khusus seperti dompet atau bahkan celengan untuk melakukan hal ini. Lakukan secara konsisten setiap hari jika Anda benar-benar membutuhkan gadget baru.

Berburu gadget murah saat flash sale

Untuk menghemat pengeluaran Anda, rajin-rajinlah memantau flash sale yang sedang diadakan oleh online shop. Biasanya, pada saat flash sale terdapat tawaran diskon menarik yang sangat menggiurkan. Anda bisa mendapatkan gadget jauh lebih murah dari harga sesungguhnya.

Namun, jika memanfaatkan flash sale, kekurangannya adalah Anda tidak bisa memilih gadget sesuai yang Anda inginkan. Anda hanya bisa memilih sesuai dengan gadget yang tersedia di flash sale. Dengan begitu, pilihlah diantara gadget tersebut yang paling mendekati dengan kebutuhan Anda.

(Baca juga: Waspada, Ada 20 Entitas Lagi yang Tawarkan Investasi Bodong)

Menjual barang preloved

Anda bisa memilih barang-barang Anda yang jarang terpakai atau belum pernah dipakai sama sekali. Jual di aplikasi yang fokus terhadap jual beli barang preloved seperti Carousell dan Prelo. Jika Anda  kumpulkan, hasilnya akan lumayan untuk membeli gadget baru.

Misalnya Anda memiliki sepeda yang baru satu atau dua kali digunakan. Selain itu, ada pula baju dan sepatu  branded yang Anda beli secara online dan ternyata kurang cocok untuk Anda kenakan. Anda bisa menjual barang-barang tersebut untuk mendapatkan dana yang bisa Anda gunakan untuk membeli gadget baru.

Menabung harian dengan jumlah yang sama

Cara lain menabung yang bisa Anda praktekan adalah menabung secara harian dengan jumlah yang sama. Misalnya saja Anda menargetkan dapat mengumpulkan Rp6 juta untuk membeli gadget baru. Maka Anda dapat mengumpulkan Rp20.000 per hari selama 10 bulan. Atau, tambahkan jumlahnya jika Anda ingin dananya lebih cepat terkumpul.

(Baca juga: Mau Berbisnis Makanan, Simak Kiat-kiat Ini!)

Apabila Anda menggunakan cara ini, secara otomatis Anda juga akan tergerak untuk berhemat karena harus menyisihkan Rp20.000 setiap harinya. Coba pikirkan, untuk apa saja biasanya Anda menghabiskan uang sebesar Rp20.000? Rp20.000 bisa habis dalam sekejap hanya untuk jajan bukan?

Dengan tekad akan membeli gadget baru, kurangilah pengeluaran yang tidak terlalu penting. Maka, Anda akan dengan mudah menyisihkan Rp20.000 per hari.

Gunakan promo kartu kredit

Tak sedikit kartu kredit yang mengadakan promo berupa diskon atau cashback untuk pembelian gadget. Jika Anda pengguna kartu kredit, manfaatkanlah promo tersebut untuk mendapatkan gadget dengan harga lebih murah.

(Baca juga: BPJS Kesehatan Berlakukan 3 Aturan Baru, Cek di Sini!)

Apabila Anda belum memiliki kartu kredit, segera ajukan kartu kredit secara online di CekAja.com. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia ini menjalin kerja sama dengan berbagai bank terpercaya penerbit kartu kredit.

Sebelum mengajukan, Anda dapat membandingkan terlebih dahulu kartu kredit satu dengan lainnya agar bisa mendapatkan kartu sesuai kebutuhan. Kartu kredit menyediakan fasilitas cicilan yang akan meringankan beban Anda. Yuk cek!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.