Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur di Musim Hujan

by Anes Saputra on 6 Maret, 2020

Perubahan cuaca dari panas terik ke hujan deras, sering terjadi belakangan ini di Indonesia. Kondisi tersebut menyebabkan udara lembab di dalam kabin mobil yang bisa memicu tumbuhnya jamur di jok berbahan kain.

Tanpa cover kulit, jok berbahan kain bawaan dari pabrik memang sangat rentan terkena noda. Entah itu makanan atau minuman, sampai noda pijakan sepatu anak-anak yang sering pindah-pindah tempat duduk selama perjalanan.

Ditambah dengan cuaca yang lembab plus mobil yang jarang digunakan, semakin tinggi kesempatan jamur untuk tumbuh dan berkembang di atasnya. Namun jangan khawatir, kamu bisa kok membersihkan sendiri jok mobil kesayangan kamu dari jamur dan noda lainnya tanpa harus pergi ke salon mobil.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 cara membersihkan jok mobil yang berjamur di musim hujan:

  1. Siapkan perlengkapan

Untuk membersihkan jok mobil yang berjamur, dibutuhkan beberapa perlengkapan:

  1. Gunakan vacuum cleaner/sikat halus

Sebelum memulai membersihkan jok mobil, kenakan masker agar jamur yang kamu bersihkan tidak terhirup hidung. Selain itu, buka seluruh pintu mobil agar bisa mendapat sirkulasi udara.

Jika kamu memiliki vacuum cleaner di rumah, sedot seluruh permukaan jok dari jamur dan partikel kotoran lain. Jika tidak ada vacuum cleaner, kamu bisa membersihkannya secara manual memanfaatkan sikat berbulu halus. Sikat jamur tersebut satu arah menuju lantai kabin, agar nantinya mudah dibersihkan.

(Baca juga: Yuk, Cek Tips Mendapat Keuntungan Asuransi Mobil)

Tahap membersihkan ini dilakukan pertama agar jamur dan kotoran lainnya tidak semakin menempel saat jok sudah terkena cairan pembersih.

  1. All purpose cleaner

Semprotkan cairan all purpose cleaner ke seluruh permukaan jok, kemudian ratakan dengan kain microfiber.

  1. Cairan pembersih jamur

Campurkan cairan pemutih pakaian dan sabun cair cuci piring dengan komposisi 1:1 dalam wadah. Campuran kedua cairan ini mampu mencegah jamur datang kembali.

Celupkan ujung sponge cuci piring ke cairan tersebut, lalu gosok permukaan jok yang sebelumnya tumbuh jamur secara perlahan ke satu arah agar kain jok tidak rusak

  1. Keringkan dengan kain microfiber

Lakukan proses di atas ke seluruh jok yang di dalam mobil. Setelah semua jok dipoles cairan pembersih jamur, kamu bisa kembali ke jok pertama untuk mengeringkan permukaan jok dengan kain microfiber.

Setelah selesai, biarkan pintu mobil terbuka di bawah terik matahari selama 30 menit. Cahaya matahari akan membantu mengeringkan jok mobil.

Agar jamur tidak kembali berkembang biak di atas jok mobil kamu, panaskan mobil minimal seminggu 2 kali sambil membuka seluruh pintunya.

Kamu juga bisa mencopot cover mobil yang basah terguyur hujan, untuk mencegah kembalinya si jamur. Setelah cover tersebut kamu jemur hingga kering, baru pasang kembali untuk melindungi mobil kesayangan dari debu.

Males ribet? Bawa ke salon mobil aja

Kalau kamu masuk kategori kaum rebahan yang malas ngapa-ngapain di akhir pekan, tidak ada salahnya juga membawa mobil kamu ke salon mobil langganan untuk dibersihkan seluruh interiornya.

Namun, cara mudah ini hanya bisa kamu lakukan kalau dompet di kantong masih berisi duit. Tapi jangan khawatir, kalau kamu memang lagi tidak punya duit namun juga tidak mau ribet membersihkan jok mobil, kamu bisa mengajukan pinjaman peer to peer lending (P2P) yang aman lewat Cairin.

(Baca juga: Cara Pinjam Dana Cepat Lewat Cairin.id yang Aman dan Terdaftar OJK)

PT Idana Solusi Sejahtera selaku pemegang bendera Cairin telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-216/NB.213/2019, yang membuat layanan P2P nya aman untuk digunakan.

Cairin sendiri tidak menuntut persyaratan yang neko-neko bagi kamu yang membutuhkan pinjaman dana cepat.

Kamu hanya perlu menyiapkan KTP yang nantinya bakal kamu foto untuk di-upload di aplikasi Cairin. Selain itu, agar bisa mengajukan pinjaman, kamu hanya dipersyaratkan berusia minimal 20 tahun yang memiliki rekening pribadi serta memiliki pekerjaan atau penghasilan.

Selanjutnya ikuti empat langkah sederhana agar pengajuan pinjamanmu dapat diproses dan dikabulkan pihak Cairin. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Unduh dan install aplikasi Cairin di smartphone kamu;
  2. Isi dan lengkapi data pribadimu sebagaimana yang diminta aplikasi;
  3. Tunggu proses verifikasi dari pihak Cairin;
  4. Verifikasi selesai, nominal pinjaman akan dicairkan melalui nomor rekening yang kamu daftarkan.

Agar proses verifikasi di aplikasi berjalan lancar, saat mengisi dan melengkapi data, kamu harus memastikan bahwa informasi yang diisi sesuai dengan yang tercatat di KTP dan rekening pribadimu.

Selain itu, pastikan foto yang kamu unggah terlihat atau terbaca dengan jelas. Terakhir, saat proses verifikasi wajah, pastikan bahwa kamu berada di tempat dengan pencahayaan yang cukup serta dengan koneksi internet yang stabil.

Semakin lengkap dan jelas informasi yang kamu bagikan, tentu akan semakin besar kesempatan kamu untuk lolos verifikasi dan semakin cepat pinjamanmu cair. Selamat mencoba ya!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke