Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

10 menit waktu bacaan

5 Cara Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami, Yuk Coba!

by Kyla Damasha on 21 Februari, 2020

Ada berbagai cara mencegah kerontokan rambut secara alami yang bisa kamu lakukan. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa rambut merupakan mahkota paling berharga, terutama bagi wanita.

cara mencegah kerontokan rambut secara alami

Maka dari itu, tak jarang banyak wanita yang melakukan segala cara untuk mempertahankan keindahan dari ‘mahkotanya’, meskipun harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit.

Teruntuk wanita yang sebagian besar memiliki rambut panjang, memang perawatan rambut menjadi cenderung lebih rumit dibandingkan pria. Tidak hanya itu saja, berbagai permasalahan rambut pun kerap dialami wanita, mulai dari ketombe, rambut bercabang, hingga yang paling sering adalah masalah kerontokan rambut.

Nah, walaupun saat ini kamu sudah bisa melakukan perawatan rambut di salon dengan mudah, tetapi bukankah akan lebih hemat apabila kamu juga mengetahui cara mencegah kerontokan rambut secara alami? Yang tentunya bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Memang mencegah jauh lebih baik dibandingkan mengobati.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tips dan cara mencegah kerontokan rambut secara alami yang bisa kamu lakukan dengan murah dan mudah.

Cara Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami
1. Lidah Buaya

Lidah Buaya - Cara Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami

Cara pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tidak hanya untuk mencegah kerontokan, lidah buaya bahkan juga sangat dianjurkan sebagai salah satu solusi dalam menangani kebotakan dini.

Kandungan 20 mineral, 12 vitamin, 18 asam amino dan 200 phytonutrient yang terdapat di dalam jenis tanaman satu ini dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri yang ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kulit lainnya, salah satunya seperti jerawat.

Karena itu, tak heran apabila lidah buaya sering dimasukan ke dalam berbagai produk kecantikan dan perawatan. Cara mencegah kerontokan rambut secara alami menggunakan lidah buaya adalah:

·     Lidah Buaya dan Yogurt

Lidah buaya dan yogurt dinilai menjadi salah satu cara mencegah kerontokan rambut secara alami yang cukup ampuh. Yogurt itu sendiri merupakan bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kerontokan rambut. Caranya pun juga sangatlah mudah.

Kamu hanya perlu mencampur beberapa sendok makan yogurt dengan gel lidah buaya dan jadikanlah sebagai masker rambut. Aplikasikan ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala serta pijat secara perlahan. Tunggulah hingga kurang lebih 30 menit.

Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih. Lakukan cara mencegah kerontokan rambut secara alami satu ini setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu hingga kamu bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

·     Lidah Buaya dan Kemiri

Cara mencegah kerontokan rambut secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya dan kemiri. Memang sudah menjadi resep lama bahwa minyak kemiri itu sendiri berkhasiat dalam membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat, dan sekaligus mengatasi kerontokan.

Kandungan minyak kemiri dinilai bisa membuat akar rambut menjadi lebih kuat serta merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih lebat. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuh secara kasar. Kemudian tumbuk kembali sampai halus hingga dapat mengeluarkan minyak.

Setelah itu, campurkan minyak kemiri tersebut dengan gel lidah buaya dan usapkan pada rambut. Setelah itu, keramas dengan menggunakan shampo agar rambut menjadi bersih. Lakukanlah secara rutin untuk hasil yang memuaskan.

·     Lidah Buaya dan Jeruk Nipis

Selanjutnya ada campuran lidah buaya dan jeruk nipis yang juga bisa menjadi cara mencegah kerontokan rambut secara alami yang cukup ampuh. Caranya pun sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah, yaitu dengan menyediakan perasan jeruk nipis sebanyak setengah cangkir ukuran kecil yang biasanya bisa kamu dapat dari tiga buah jeruk nipis ukuran sedang.

Kemudian, campurkan perasan jeruk nipis tersebut dengan gel lidah buaya hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, jadikan campuran itu sebagai masker yang kamu aplikasikan ke rambut serta kulit kepala. Pijat secara perlahan dan diamkan kurang lebih selama 1 jam.

Setelah masker mulai terasa mengering di kepala, segera bilas dengan air hangat yang kemudian dilanjutkan dengan air dingin sampai benar-benar bersih.

2. Alpukat

Alpukat - Cara Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami

Buah satu ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk dijadikan sebagai masker rambut. Selain bisa dijadikan sebagai cara mencegah rambut rontok secara alami, alpukat juga sangat ampuh untuk mengobati berbagai permasalahan rambut lainnya, seperti permasalahan rambut kering.

Minyak yang terdapat di dalam alpukat sangat mudah diserap oleh kantung-kantung rambut yang membuatnya sangat bagus untuk mengatasi rambut kering. Selain itu, buah satu ini juga sudah lama digunakan oleh bangsa Mesir kuno untuk bisa meningkatkan pertumbuhan rambut serta menambah kilau rambut.

Ada beberapa cara mencegah kerontokan rambut secara alami menggunakan alpukat yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan cara:

·     Alpukat dan Pisang

Campuran alpukat dan pisang dikenal menjadi salah satu cara mencegah kerontokan rambut secara alami yang cukup ampuh sekaligus mempertahankan kilau rambut dan memperbaiki rambut kering.

Kamu hanya perlu mengambil satu buah pisang matang, satu sendok makan alpukat matang yang diambil dagingnya saja, satu sendok makan minyak zaitun, serta beberapa tetes minyak esensial favoritmu seperti lavender, rose, jasmine, dan lain-lain.

(Baca Juga: 10 Penyubur Rambut dari Bahan Alami Wajib Coba)

Kemudian, blenderlah pisang dan alpukat sampai lembut yang kemudian tuangkan ke dalam mangkuk. Setelah itu tambahkan minyak zaitun dan 2-3 tetes minyak esensial dan aduk hingga rata.

Basahi rambut dan aplikasikan masker pada kulit kepala secara merata. Jepit rambut ke atas dan bungkuslah dengan shower cap selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan shampo dan beri kondisioner untuk hasil yang memuaskan.

·     Alpukat dan Kuning Telur

Tidak hanya menjadi salah satu cara mencegah kerontokan rambut secara alami, campuran alpukat dan kuning telur juga dinilai mampu menambah volume rambut serta melembabkan dan efektif dalam melembutkan. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai kondisioner alami.

Cara membuat ramuan maskernya yaitu dengan mempersiapkan setengah alpukat matang dan kuning telur yang kemudian di blender hingga menjadi pasta. Setelah itu basahi rambut dan jadikan pasta tersebut sebagai masker. Pijatlah dengan lembut beberapa menit di area kulit kepala sampai ujung rambut guna menstimulasi aliran darah.

Diamkan selama 15 – 20 menit dan bilas dengan menggunakan shampo dan kondisioner agar benar-benar bersih. Untuk masker mengandung telur, usahakan untuk membilas rambut dengan menggunakan air dingin dan bukan air panas atau hangat.

3. Santan

Santan - Cara Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami

Cara mencegah kerontokan rambut secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan santan. Kandungan protein di dalam santan nyatanya sangat efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut serta mencegah kerontokan rambut berlebih.

Dengan manfaatnya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan rambut, membuat marker menggunakan santan juga tergolong mudah lho. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

·     Santan dan Madu

Cara mencegah kerontokan rambut secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan santan dan madu. Madu pada dasarnya memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri pada kulit kepala. Nah, infeksi pada kulit kepala inilah yang juga menjadi pemicu timbulnya kerontokan rambut.

Kamu hanya perlu mencampurkan ½ cangkir santan dan 2 sendok makan madu yang kemudian dioleskan pada rambut dan kulit kepala yang basah secara merata. Setelah itu, tutupi tutupi rambut dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam.

Jika sudah selesai, bilas rambut dengan shampo sampai benar-benar bersih. Lakukanlah setidaknya sekali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

·     Santan dan Minyak Zaitun

Cara mencegah kerontokan rambut secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan santan dan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki manfaat dalam menjaga kelembapan kulit kepala tanpa menyumbat akar rambut, sehingga dapat mengurangi kerontokan rambut akibat rambut kering.

Tidak hanya itu saja, tersumbatnya akar rambut juga terkadang bisa menimbulkan masalah baru pada rambut itu sendiri, seperti munculnya ketombe. Oleh karena itu, campuran santan dan minyak zaitun dipercaya tidak hanya mampu mencegah kerontokan rambut saja, melainkan juga mengurangi ketombe dan rambut kering.

Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan santan dengan minyak zaitun. Kemudian gunakan bantuan dari bola kapas untuk oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Pijat kepala dengan lembut menggunakan ujung jari selama 5-10 menit dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.

Bilas hingga bersih menggunakan shampo. Cara mencegah kerontokan rambut secara alami menggunakan santan dan minyak zaitun ini bisa dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Yogurt

Yogurt - Cara Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami

Berbicara mengenai cara mencegah kerontokan rambut secara alami, maka tidak boleh ketinggalan dengan yogurt. Faktanya banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari olahan susu yang difermentasi ini, baik bagi kesehatan maupun bagi kecantikan. Tidak hanya efektif untuk dijadikan sebagai masker rambut, yogurt juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai masker wajah maupun sebagai salah satu menu dalam menurunkan berat badan.

Berbagai kandungan vitamin dan asam lemak yang terdapat di dalam yogurt dikenal mampu menyelesaikan beraneka ragam masalah yang dihadapi oleh rambut. Caranya pun juga sangat mudah untuk dilakukan, yaitu:

·     Yogurt dan Telur

Cara mencegah kerontokan rambut secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan campuran telur dan yogurt. Kandungan protein di dalam telur dikenal mampu menutrisi rambut dan kulit kepala serta mempercepat pertumbuhan rambut dan membuatnya menjadi lebih sehat berkilau.

(Baca Juga: Promo Kartu Kredit Awal Tahun 2020)

Kamu hanya perlu mempersiapkan 1 butir telur dan 2 sendok makan yogurt. Kemudian, kocok telur hingga merata dan campurkan dengan yogurt hingga berbentuk seperti pasta. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala serta pijatkan secara perlahan dan teratur.

Diamkan selama 15-30 menit hingga masker meresap. Bersihkan dengan menggunakan air dan shampo hingga benar-benar bersih. Lakukanlah minimal 2 kali seminggu untuk hasil yang baik.

·     Yogurt dan Madu

Selanjutnya adalah dengan menggunakan yogurt dan madu. Campuran madu dan yogurt dikenal sangat efektif dalam mengontrol produksi minyak di kulit kepala serta mencegah terjadinya penyumbatan pada folikel. Kamu hanya perlu mencampurkan ½ cangkir yogurt, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan cuka dari sari apel hingga berbentuk pasta.

Setelah itu, oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut dan pijat dengan lembut. Bilas dengan menggunakan shampo hingga benar-benar bersih.

5. Teh Hijau

Teh Hijau - Cara Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami

Cara mencegah kerontokan rambut secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan teh hijau. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam teh hijau mampu meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus mengurangi kerontokan.

Bagi kamu yang cenderung malas membuat masker, ramuan teh hijau bisa dijadikan pilihan. Caranya pun juga sangatlah mudah, yaitu:

  • Teh Hijau dan Minyak Kelapa

Kombinasi antara teh hijau dan minyak kelapa membuat rambut tidak kehilangan proteinnya yang dapat membantu dalam memperkuat rambut. Cara mencegah kerontokan rambut secara alami dengan menggunakan kedua bahan ini juga cukup mudah untuk dilakukan sendiri di rumah.

Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan teh hijau dengan setengah potong perasan jeruk lemon ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata dan kemudian tambahkan minyak kelapa. Aduk kembali.

Aplikasikan ketiga bahan yang sudah dicampur tersebut pada rambut dan kulit kepala dan pijat dengan lembut selama kurang lebih 5 menit. Kemudian biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Lakukanlah sebelum atau sesudah mencuci rambut. Hal ini akan membuat rambut menjadi lebih kuat serta mengurangi kerontokan rambut yang parah.

  • Teh Hijau Basi

Banyak yang langsung membuang teh apabila sudah tercium bau basi. Padahal sebenarnya, teh basi juga memiliki manfaat sebagai salah satu cara mencegah kerontokan rambut secara alami lho.

Jika kamu tidak memiliki teh basi, kamu bisa seduh teh tanpa gula semalam atau dua malam sampai teh tersebut menjadi basi. Selanjutnya, siramkan teh pada kulit kepala dan pijatlah secara perlahan. Diamkan sebentar dan kemudian lakukan keramas seperti biasa.

Sejatinya, banyak sekali faktor-faktor yang bisa membuat rambut menjadi mengalami kerontokan. Selain menggunakan beraneka ragam bahan-bahan alami, memperbaiki pola makan dan gaya hidup juga bisa membantu dalam mencegah kerontokan rambut.

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin A, B, C, dan E agar rambut bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Nah, apabila kamu terkadang malas untuk membuat ramuan alami guna mencegah kerontokan rambut, tak ada salahnya kok jika sekali-sekali memanjakan diri dengan pergi ke salon.

Tetapi sebelum kamu memutuskan untuk pergi ke salon, jangan lupa ajukan dulu kartu kreditmu. Tahukah kamu? Sebenarnya kamu bisa lho pergi ke salon dengan harga yang relatif lebih murah dan hemat.

Saat ini sudah banyak sekali jenis kartu kredit yang bekerjasama dengan salon atau tempat perawatan kecantikan agar bisa memberikan potongan harga bagi siapapun yang bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit tertentu.

Maka dari itu, yuk segera ajukan kartu kreditmu di CekAja.com dan nikmatilah berbagai perawatan rambut di salon dengan harga yang relatif lebih murah dan hemat.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda