Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Cara Mendulang Pengalaman Seru Secara Gratis Saat Traveling

by JTO on 3 Oktober, 2015

Berkelana di negeri orang selalu menjadi pengalaman menarik yang tidak mudah dilupakan.

Disadari atau tidak akan ada banyak hal baru yang bisa didapatkan dari setiap perjalanan yang Anda lalui selama di luar negeri. Bahkan, sangat mungkin Anda justru mendapatkan tambahan pemasukan dari pengalaman baru tersebut.

Anda pun bisa sedikit menutup biaya perjalanan Anda atau memang sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan banyak.

Ada banyak kesempatan yang memungkinkan Anda mendapatkan tambahan uang ketika sedang melancong di luar negeri.  Beberapa di antaranya sangat memungkinkan mengasah kemampuan dan skill Anda. Ini bisa menjadi bekal portofolio yang bagus kelak. Berikut ini beberapa pengalaman serta petualangan seru yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

Widget TRV Insurance

Menjadi Relawan Guru Bahasa Inggris

Anda yang berbahasa Inggris dengan sangat lancar dan sedang ingin berkunjung ke Spanyol atau Jerman bisa memilih pengalaman seru ini. Ada sebuah perusahaan yang bernama Diverbo yang akan mempertemukan para guru relawan dengan murid mereka.

Anda akan mendapatkan agenda liburan gratisan yang ditukarkan dengan jadwal ‘mengajar’ bahasa inggris para penduduk lokal yang ikut serta pada program tersebut. Liburan gratisan ini termasuk akomodasi seperti penginapan, makan, serta transportasi selama program berlangsung. (Baca juga: Buktikan Pasangan Kamu Cinta Mati dengan Lakukan Pre Wedding di Tempat Ini)

Mengandalkan Bonus Airmiles Kartu Kredit

Bonus airmiles yang diberikan kartu kredit bank penerbit tertentu memang sangat menguntungkan bagi mereka yang suka jalan-jalan naik pesawat. Berbagai bentuk penawaran dari bank penerbit bisa dimanfaatkan untuk terus menambah jumlah airmiles. Nantinya, dari koleksi airmiles yang terkumpul bukan tidak mungkin Anda bisa jalan-jalan keliling Eropa.

Tinggal di Rumah Sewaan Bersama Orang Lokal

Jasa penyewaan tempat menginap kini semakin variatif. Salah satu yang mendapatkan peminat cukup besar adalah ruang sewaan dari orang-orang lokal yang mereka jajakan di situs internet.

Biasanya mereka menyewakan salah satu ruang kamar yang tidak terpakai di rumahnya dengan harga sewa cukup miring dibandingkan harga sewa hotel. Beberapa situs yang menawarkan ini antara lain AirBnB dan CouchSurfing. Yang lebih menyenangkan mereka yang menawarkan kamar di CouchSurfing tidak meminta bayaran sewa alias gratis.

Menumpang Mobil Orang atau Hitchhike

Tradisi menumpang mobil ini cukup familier di Amerika Serikat. Seseorang yang ingin menumpang akan berdiri di tepi jalan sambil melambaikan tangannya dan mengacungkan ibu jari.

Mobil yang berkenan menerima tumpangan akan berhenti dan mengajaknya ikut di perjalanan sampai lokasi yang disepakati . Dan kini beberapa negara lain juga mulai mengadopsi tradisi ini. Salah satunya adalah di Armenia Masing-masing negara memiliki aturan main tersendiri dengan masalah menumpang ini. Jadi yang harus dipastikan adalah Anda mengikuti aturan main tersebut. (Baca juga: 5 Negara Tujuan Wisata Tak Disangka Berbiaya Murah)

Menjadi Instruktur

Jangan sia-siakan skill yang Anda miliki ketika sedang melancong. Misalnya Anda jago berselancar di laut atau bermain ski. Gunakanlah kemampuan Anda untuk berbagi ilmu dengan orang lain di lokasi tujuan wisata Anda. Apalagi, kemampuan berbahasa Anda sangat baik sehingga bisa menguasai lebih dari satu bahasa asing. Jangan ragu lagi untuk mencoba menjadi instruktur. Anda mungkin bisa mencoba mencari peluang kerjaan sambilan ini di situs Adventure Work.

Note: Artikel ini adalah artikel CekAja.com yang diterbitkan di Cleo.co.id. 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.