Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Cara Meningkatkan Pendapatan di Tahun 2019

by Miftahul Khoer on 18 Januari, 2019

Bagi Anda yang merasa pendapatannya mentok atau stagnan dalam beberapa tahun belakangan ini, mungkin sudah saatnya Anda meningkatkan pendapatan bulanan Anda. Mumpung masih awal tahun, banyak peluang yang bisa dilakukan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Anggap saja resolusi 2019 adalah memperbanyak penghasilan ketimbang pada tahun-tahun berikutnya.

Hari Oeang Uang Rupiah Pinjaman CekAja

Nah, berikut CekAja telah merangkum lima cara untuk menambah pemasukan bulanan yang bisa Anda lakukan. Yuk, langsung simak saja.

Minta naik gaji

Bagi sebagian orang meminta kenaikan gaji kepada bos adalah hal yang tabu. Namun, cara ini sebetulnya wajar saja mengingat Anda punya hak untuk hal tersebut. Apalagi jika kinerja Anda boleh dikatakan cemerlang dibandingkan dengan para karyawan lain.

Meminta kenaikan gaji tentu saja tidak dilakukan seenaknya. Anda harus percaya diri dan yakin bahwa selama Anda bekerja, kontribusi terhadap perusahaan cukup besar. Misalnya, Anda seorang marketing yang setiap bulannya paling banyak melakukan closing penjualan, maka dalam hal ini Anda bisa percaya diri meminta kenaikan gaji. Atau paling tidak Anda meminta kenaikan bonus.

Memang, masing-masing perusahaan memiliki karakter berbeda-beda. Ada manajemen yang bisa menyetujui kenaikan gaji karyawannya, ada juga yang cukup ribet dan harus melalui mekanisme yang melibatkan dengan bagian lain untuk dirapatkan terlebih dahulu. Biasanya, perusahaan-perusahaan kelas menengah ke bawah yang bisa bernegosiasi kenaikan gaji antara karyawan dan bosnya.

(Baca juga: Yuk, Susun Resolusi Kesehatan Tahun 2019!)

Cari pendapatan tambahan

Cara paling realistis untuk menambah penghasilan bulanan Anda adalah dengan mencari pendapatan lain. Jika Anda sebagai seorang karyawan yang kerja Senin hingga Jumat masuk pagi pulang sore, maka Anda bisa memanfaatkan hari Sabtu dan Minggu untuk mencari tambahan penghasilan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan. Misalnya Anda berjualan pada Sabtu dan Minggu atau di luar jam kerja. Anda juga bisa membuka usaha online yang bisa dikerjakan di rumah.

Jika senang menulis, Anda juga bisa menjadi penulis lepas. Saat ini, banyak media yang menampung artikel dari penulis lepas dengan bayaran lumayan. Atau Anda bisa membuka les sesuai kemampuan Anda di saat waktu Anda longgar.

Investasi

Sudah tahun 2019 Anda belum investasi? Waduh ke mana saja. Coba deh mulai saat ini Anda berinvestasi untuk meningkatkan pendapatan. Anda bisa investasi di saham, reksadana, emas, obligasi, dan lain-lain.

Jika Anda masih menganggap investasi ini sulit, maka segera ubahlah mindset Anda. Sekarang ini investasi semakin mudah. Misalnya, Anda mau investasi di saham, Anda bisa memilih menabung saham.

Skema menabung saham sama seperti menabung uang biasa di bank. Bedanya, jika Anda menabung uang harus punya rekening bank, maka menabung saham bisa dengan cara membuka rekening efek. Perbedaan lainnya, menabung saham lebih menguntungkan ketimbang menabung uang di bank. Karena harga saham relatif terus meningkat. Jadi, saham yang Anda tabungkan akan bernilai tinggi nantinya.

(Baca juga: Berbagai Resolusi Keuangan untuk Anda di Tahun Baru)

Hemat pengeluaran

Apakah Anda pernah bertanya kepada diri sendiri, apa yang menyebabkan uang bulanan bocor? Ya, mungkin salah satunya karena Anda sering tak kontrol dalam berbelanja.

Cobalah untuk bijak mengeluarkan uang belanjaan agar pendapatan bulanan tidak boros. Misalnya, batasi kegiatan nongkrong, nonton, ngopi atau makan di luar yang cukup berdampak besar terhadap pengeluaran uang belanjaan.

Jika Anda mampu menghemat dengan baik uang pengeluaran, maka tentu pendapatan Anda akan lebih besar dan bisa diinvestasikan ke hal-hal lain.

Menikah

Apa hubungannya menikah dengan menambah pendapatan? Eits, jangan salah, jika Anda menikah terutama dengan pasangan yang juga sama-sama memiliki penghasilan, maka aset Anda tentu akan bertambah.

Ingatkah dengan prinsip uang suami adalah uang istri atau sebaliknya uang istri adalah uang suami? Nah, jika digabungkan maka uang bulanan Anda dengan pasangan tentu saja akan bertambah.

Lagi pula, jika kedua penghasilan Anda dan pasangan digabung dan dialokasikan untuk keperluan produktif lainnya, maka niscaya pendapatan Anda akan semakin bertambah juga. Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan. Berani mencoba?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.