Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Cara Menyampaikan Ucapan Lebaran yang Kekinian

by lhmdi on 31 Mei, 2017

bisnis seleb _ pinjaman usaha - CekAja.com

Salah satu tradisi Idul Fitri yang sering dilakukan masyarakat Indonesia adalah mengirimkan salam atau ucapan lebaran.

Kata-kata ucapan idul fitri yang menyentuh hati ini menurut sejarah dikabarkan sudah dimulai di masa lalu, yang dimulai dari salah satu sahabat Nabi Al-Hafizh Ibnu Hajar.

Seiring berjalannya waktu, pengucapan idul fitri pun terus berkembang. Di Indonesia, khususnya pada tahun 1990-an ucapan idul fitri disampaikan dengan menggunakan kartu lebaran yang biasanya dijual di kantor pos Indonesia atau melalui pedagang kaki lima.

Kartu pos ini dikirimkan kepada teman, hingga kerabat jauh yang tidak sempat bertemu saat Idul Fitri. Memasuki era tahun 2000-an dan seiring dengan berkembangnya teknologi, pengucapan selama Idul Fitri pun berkembang menggunakan teknologi ini.

Pastinya kita sangat ingat bagaimana mengirimkan ucapan idul Idul Fitri bisa dilakukan dengan menggunakan SMS atau pesan singkat, hingga penggunaan MMS atau Multimedia Messaging Service dengan tampilan grafis yang sederhana.

Macam-macam bentuk ucapan Idul Fitri

Secara umum, bentuk tradisi ini terus berlanjut secara umum hingga sekarang. Jika kembali lagi ke belakang, tepat sekitar sepuluh tahun yang, setiap Idul Fitri datang, berbagai ucapan Idul Fitri dalam berbagai macam versi selalu berdatangan.

Mulai dari ucapan Idul Fitri yang lucu, Ucapan Idul Fitri dalam bahasa Arab hingga ungkapan Idul Fitri berbahasa Inggris pun selalu menghiasi layar ponsel atau ponsel pintar yang dimiliki masyarakat Indonesia.

Namun, kini, terdapat gaya baru dalam menyampaikan ucapan lebaran atau Idul Fitri. Ucapan ini tidak lagi dirangkai dengan kata, kata namun dalam bentuk multimedia yang menarik bahkan membuat ucapan hari raya Idul Fitri yang dikirmkan atau diterima terasa lebih lucu.

Seperti apa ya, ucapan Idul Fitri dengan gaya kekinian. CekAja.com kali ini akan merangkum beberapa diantaranya:

  1. Ucapan menggunakan GIF

GIF atau merupakan kepanjangan dari Graphics Interchange Format, merupakan bentuk gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga seseorang yang melihatnya disebut sebagai gambar animasi atau gambar yang bergerak.

GIF secara umum sering ditemukan di Internet atau tampilan situs-situs humor. Nah! Bagi kamu yang ingin mencoba mengirimkan ucapan Idul Fitri dengan gaya berbeda, maka menggunakan GIF bisa dicoba saat Idul Fitri nanti.

Membuatnya pun mudah, bisa menggunakan piranti lunak seperti Adobe Photoshop atau menggunakan GIF yang sudah di laman internet.

  1. Gunakan Video singkat

Pastinya kamu sudah mengenal layanan media sosial Instagram Stories atau Snapchat dan berbagai macam layanan video dengan durasi yang berkisar diantara tiga hingga lima menit lainnya.

Video singkat ini bisa digunakan juga sebagai layanan untuk mengucapkan Idul Fitri kepada teman-teman atau kerabat yang terhubung dengan akun media sosial kamu.

  1. Gunakan stickers

Berbagai media sosial hingga aplikasi pesan singkat saat ini berlomba-lomba menggunakan menghadirkan stickers sebagai bentuk karakter visual yang menarik. Beberapa aplikasi pesan yang sudah menggunakan layanan ini beberapa waktu diantaranya adalah LINE dan Telegram.

Bukan tidak mungkin tahun ini ucapan Idul Fitri menggunakan stickers akan lebih bervariasi, karena aplikasi berkirim pesan hingga media sosial seperti BlackBerry Messenger, Facebook, dan Instagram akan menghadirkan lebih banyak stickers atau karakter visual yang menarik!

  1. Menggunakan Meme (Mim)

Meme atau dibaca dengan Mim merupakan bentuk lain dari sebuah aktifitas di internet yang sangat luas. Secara umum, tujuan dari Meme ini merupakan bentuk konten yang menghibur.

Beberapa masyarakat bahkan menyebutnya sebaga komedi foto yang menghadirkan berbagai gambar dengan berbagai macam ekspresi. Nah! Bagi kamu yang ingin mencoba menghadirkan ucapan lebaran dengan gaya baru, maka mengucapkannya dengan membuat meme bisa dicoba.

  1. Gunakan tagar

Tagar atau istilah global yang dilakukan pegiat media sosial adalah Hastagh dengan menggunakan ikon “#” biasanya akan sangat populer saat digunakan melalui media sosial Twitter. Nah! Beberapa waktu yang lalu ucapan Idul Fitri di sosial media Twitter, khusus Indonesia diraimakan dengan tagar #LebaranBabes.

Tagar ini sendiri cukup rutin digagas oleh warga net atau netizen Indonesia dalam dua tahun terakhir. Bahkan tagar lainnya #HappyIed dan #IdulFitri biasanya akan sangat ramai diperbincangkan melalui media sosial Twitter saat lebaran tiba.

Kamu pun bisa menggunakan tagar ini untuk menyampaikan ucapan idul ftri atau lebaran dengan gaya kekinian.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.