Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Cara Mudah Menjadi Orang yang Bertanggung Jawab

by Rafly Aditia on 17 April, 2016

peningkatan karier - CekAja.com

Rasa tanggung jawab bukan bawaan lahir. Tetapi, sikap tersebut muncul seiring dengan pertumbuhan seseorang serta pendidikan dan lingkungan sekitarnya. Sayangnya, saat ini banyak orang yang tidak memupuk rasa tanggung jawab sejak dini.

Padahal sikap ini sangat diperlukan. Bertanggung jawab adalah sifat seorang kesatria. Terutama kamu bagi para lelaki, tanggung jawab adalah hal yang wajib kamu miliki. Untuk itu, 5 tips yang diadaptasi dari lifehack.org berikut bisa membantu kamu menjadi lebih bertanggungjawab :

Gak usah banyak alasan

Cara pertama adalah membiasakan diri untuk tidak menyalahkan orang lain atau sesuatu atas kegagalan diri sendiri alias cari alasan. Biasakan ketika melakukan kesalahan, jangan menunjuk orang lain sebagai penyebabnya.

Tetapi, akuilah bahwa kesalahan atau kegagalan tersebut merupakan akibat dari tindakanmu. Maka, berusahalah untuk berpikir jernih setiap bertindak. Jangan pernah menutupi kesalahan dengan berbagai alasan.

Stop komplain

Kedua, stop komplain sana sini. Sudahi drama banyak bicara yang kamu lakukan selama ini. Gak perlu kebanyakan komplain atas sesuatu dan mulailah mengambil tanggung jawab atas semua hal dengan tanganmu sendiri. Dengan melakukan hal ini, rasa bertanggung jawab dalam diri perlahan akan tumbuh terus menerus.

(Baca juga: Lakukan 5 Trik Sederhana Ini Kalau Kamu Mau Jadi Pebisnis Sukses)

Belajar mengatur keuangan

Salah satu hal yang paling sering dilupakan oleh seseorang adalah tanggung jawab terhadap uang yang dimiliki. Biasanya, hal ini dialami oleh kamu yang belum pernah merasakan bagaimana sulitnya kehidupan dalam hal keuangan.

Karena selalu dimanjakan dengan harta apalagi semuanya serba ada, maka kamu tidak peduli untuk mengatur keuangan. Perlu kamu ketahui, dunia itu berputar. Mungkin saat ini kondisimu sedang di atas, tetapi besok atau lusa? Tidak ada yang tahu.

Jadi, cobalah untuk bertanggung jawab atas uang dan harta yang kamu miliki dengan cara belajar mengatur keuangan. Kurangi belanja yang tidak perlu atau hangout terlalu sering dengan teman-teman. Pikirkan investasi jangka panjang dan asuransi untuk menanggulangi risiko dalam hidup.

Jangan menunda pekerjaan

Selain itu, kamu juga perlu untuk membiasakan diri tidak menunda pekerjaan. Memang sih, ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan nanti karena memang belum waktunya untuk selesai.

Tetapi, selama ada waktu luang untuk mengerjakan hal tersebut sebaiknya kerjakanlah. Semakin cepat selesai pekerjaan, semakin banyak pula waktu yang dimiliki.

Bukan cuma itu. kamu juga bakalan lebih cepat dalam menggapai tujuan-tujuan yang kamu inginkan karena kamu mengerjakan pekerjaan tersebut lebih cepat daripada seharusnya.

(Baca juga: Ke Mana Larinya Biaya Asuransi yang Kamu Bayar? Berikut Penjelasannya)

Fokus dan konsisten

Hal yang terakhir yang harus kamu lakukan adalah tetap fokus dan konsisten. Ketika sudah memiliki rencana dan jadwal untuk mengerjakan sesuatu, sebisa mungkin lakukan hal tersebut sesuai dengan jadwal.

Jangan sekali-kali mengalihkan perhatianmu terhadap hal tidak penting, misalnya bekerja sambil chating dengan teman hingga pekerjaan terbengkalai. Berusahalah untuk tetap fokus dan konsisten sampai pekerjaan tersebut selesai. Baru setelah itu kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu inginkan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami