Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Cara Pilihan Cari Kredit HP Tanpa DP

by lhmdi on 6 Agustus, 2017

tips pakai smartphone - CekAja.com

Meski harganya cukup mahal, namun hingga kini belum ada penawaran kredit hp tanpa DP (selain kartu kredit) yang dilakukan oleh toko offline atau pun online.

Handphone atau lebih akrab dengan sebutan smartphone merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang kini tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan sehari-hari.

Sayangnya, seperti disebutkan di atas, belum ada kredit (selain kartu kredit) yang menawarkan pembelian ponsel tanpa adanya uang muka. Contohnya layanan kredit seperti Akulaku atau Home Credit, yang memberikan kemudahan kredit tanpa menggunakan kartu kredit pun masih tetap meminta calon konsumen untuk menyetorkan Down Paymet atau uang muka sebelum membeli hp yang mereka inginkan.

Namun, masih terdapat alternatif lain untuk mengajukan kredit hp tanpa DP dengan para penjual baik dari toko online atau pun offline.

Pilihannya saat ini adalah dengan menggunakan kartu kredit atau memanfaatkan fasilitas cicilan 0% yang ditawarkan oleh toko retail tertentu.

Cara ini biasanya dilakukan untuk menarik minat konsumen dalam membeli hp atau ponsel pintar terbaru. Sementara itu, dari sisi konsumen pun juga akan mendapatkan keuntungan, karena membeli ponsel pintar yang harganya mahal, namun bisa melakukan pembayaran dengan cara dicicil.

Kredit HP Tanpa Syarat Ribet? Ini Pilihannya

Meskipun saat ini belum tersedia layanan pembelian kredit hp tanpa uang muka namun terdapat beberapa layanan yang bisa memberikan kemudahan dalam pembelian ponsel pintar.

Berikut beberapa diantaranya:

  1. Gunakan kartu kredit

Alternatif pertama untuk pembelian kredit hp tanpa uang muka dan syarat yang tidak rumit adalah dengan menggunakan kartu kredit. Pihak bank biasanya akan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk membeli smartphone atau HP tertentu dengan menggunakan kartu kredit yang mereka terbitkan.

Meskipun sifat pembayaran menggunakan kartu kredit adalah utang, namun biasanya bank akan memberikan fitur tambahan agar transaksi terus meningkat. Paling sering adalah fitur Cashback dan juga potongan harga (diskon) khusus yang dapat dinikmati konsumen ketika memanfaatkan kartu kredit sebagai transaksi pembelian ponsel pintarnya. Jadi banyak promo kartu kredit yang bisa Anda pakai saat ingin membeli HP.

  1. Kunjungi toko online

Toko online atau dikenal dengan E-commerce saat ini jumlahnya sudah sangat banyak dan memiliki variasi layanan yang berbeda-beda. Nah beberapa toko onlin ini pun biasanya menawarkan kredit hp tanpa DP.

Pembeli diarahkan pada berbagai macam pilihan. Bisa membelinya secara tunai atau fasilitas cicilan dengan menggunakan kartu kredit. Jika pembelian dilakukan menggunakan kartu kredit, toko online biasanya bekerjasama dengan beberapa bank tertentu untuk memudahkan pembelian ponsel pintar ini.

Caranya sangat mudah, tinggal pilih jenis hp atau smartphone yang kamu inginkan, baca lengkap syarat dan ketentuan bertransaksi dengan kartu kredit, dan setujui metode pembayarannya. Sangat mudah kan?

  1. Datang langsung ke toko retail atau distributor

Berbagai toko retail atau distributor khusus penjualan hp pun tidak sepi meskipun toko online semakin banyak bermunculan. Nah, bagi kamu yang ingin kredit hp tanpa DP pun bisa dilakukan di tempat ini.

Pilihannya kamu bisa membelinya secara tunai atau bertransaksi menggunakan kartu kredit. Bahkan dengan datang langsung ke toko retail kamu bisa melihat, bertanya hingga memilih hp yang kamu inginkan.

(Baca: 5 Langkah Mudah Ajukan Pinjaman Online Bunga Ringan)

Tidak jarang pula toko retail atau distributor ini memberikan berbagai macam promo untuk menarik minat konsumen dalam membeli hp atau ponsel pintar secara langsung.

  1. Perusahaan finance

Perusahaan finance atau lembaga keuangan tertentu kini tidak hanya menawarkan layanan kredit untuk kendaraan bermotor saja. Beberapa diantaranya menawarkan kredit hp tanpa DP.

Namun, tidak semua perusahaan finance menawarkan pembelian hp tanpa DP. Kamu perlu cermat untuk mendapatkan layanan kredit hp yang tidak menggunakan uang muka.

Sekarang, setelah mengetahui tempat-tempat alternatif untuk kredit HP tanpa DP, kamu bisa membandingkannya terlebih dahulu, mana yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang sudah kamu persiapkan.

Jika memang sudah terbiasa menggunakan kartu kredit, tentunya persyaratan untuk pembelian hp atau ponsel pintar bisa menjadi lebih mudah.

  1. Kredit online tanpa kartu kredit

Layanan lainnya yang patut kamu coba adalah Kredivo. Pembelian hp atau smartphone pun bisa dilakukan di tempat ini tanpa syarat yang ribet. Hanya dengan proses pendaftaran dan pengajuan aplikasi online, pembelian hp di layanan ini tidak membutuhkan DP atau uang muka.

Namun, yang perlu kamu sikapi dengan bijak adalah apakah layanan yang tegolong baru ini benar-benar sudah teruji kredibiltasnya dalam memberikan kredit? Untuk itu, kamu perlu bertanya dengan lengkap seperti apa saja prosedur pembelian hp secara kredit online di Kredivo.

Tips Sebelum Membeli Hp Secara Kredit

Karena sudah hampir menjadi bagian dari kebutuhan primer, hp atau ponsel pintar kian mudah untuk dipilih dan dibeli. Bagi kamu yang sedang mencari hp baru, ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips berikut ini

  1. Beli sesuai dengan kebutuhan

Saat ini produk hp atau ponsel pintar hadir dengan berbagai macam merk. Mulai dari Apple, LG, Samsung, Sony hingga Vivo hingga produk lokal seperti BlackBerry Aurora atau Smartfren hadir menghiasi etalase toko offline atau online.

Harganya pun cukup mahal, meskipun masih relatif terjangkau. Namun yang perlu kamu pertimbangkan adalah seperti apa kebutuhan kamu terhadap sebuah hp atau ponsel pintar.

Apakah hanya untuk sekedar mencari hiburan, alternatif kamera untuk fotografi atau digunakan untuk bekerja secara mobile? Oleh karena itu pastikan untuk membeli hp yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kamu.

Misalnya bisa dilihat dari spesifikasinya. Jika digunakan untuk semua kebutuhan tadi, maka tentunya harus memiliki mesin hp yang benar-benar sempurna.

Namun, jika hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, maka memilih hp dengan spesfikasi menengah adalah pilihan terbaik.

  1. Cari informasi tentang angsuran dan bunga

Ketika pembelian hp semakin mudah dengan cara mencicil, jangan lupa untuk bertanya mengenai angsuran dan bunganya.

Secara umum, hp yang dijual dengan kredit akan memiliki waktu ansuran tiga, enam hingga dua belas bulan. Bahkan tidak jarang beberapa hp atau smartphone premium yang harganya nyaris mencapai Rp 10.000.000, masa angsurannya bisa mencapai 24 bulan.

Selain angsuran, kamu juga harus mencari informasi lengkap tentang nilai bunga cicilan yang dibebankan saat pembayaran. Bahkan jika beruntung, kamu bisa mendapatkan layanan penjualan kredit hp yang menerapkan bunga flat atau tetap per bulan, sehingga pembayaran cicilan pun tidak akan terasa berat di kemudian hari.

Selamat mencoba!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.