Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Cara Sukses Jalan Kaki 10.000 Langkah Sehari. Bikin Langsing!

by Sindhi Aderianti on 12 Februari, 2020

Jangan malas jalan. Kegiatan satu ini mungkin nampak sepele dan tidak mengeluarkan keringat. Namun, manfaat jalan kaki 10.000 langkah per hari amat banyak untuk kesehatan. Jika dilakukan secara rutin, aktivitas kecil tersebut ampuh turunkan berat badan lebih maksimal. Selain itu, risiko beberapa penyakit seperti jantung pun berkurang.

jalan kaki 10.000 langkah

Baru-baru ini, influencer Alodita ‘meracuni’ banyak followers di media sosial lewat kebiasaan barunya yakni, jalan kaki hingga 10.000 langkah. Ia menghitung langkah setiap harinya lewat jam tangan pedometer. Dengan rutin melakukan hal tersebut, ibu satu anak itu pun berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 10 kilogram selama kurang dari 2 bulan.

Bukti Jalan Kaki Ampuh Turunkan Berat Badan

Jalan kaki memang ampuh menjaga berat badan seseorang karena setiap hari otomatis membakar kalori tanpa melakukan olahraga yang lain. Selain dari pengalaman Alodita, jalan kaki 10.000 langkah juga pernah dibuktikan melalui suatu riset.

Melansir Okezone, eksperimen kecil dilakukan oleh sejumlah periset, yakni Jurnalis Kesehatan Michael Mosley bersama Profesor Rob Copeland dari Sheffield Hallam University. Dalam studi itu, para relawan diminta untuk rutin berjalan kaki 10.000 langkah yang kalau di-breakdown menjadi 10 menit selama 3-4 kali sehari. Setelah dua minggu berselang, mereka pun mengalami penurunan berat badan yang seimbang.

(Baca Juga: Aplikasi Fitness Terbaik 2020, Bisa Olahraga Kapan dan di Mana Saja!)
Cara Mudah Wujudkan 10.000 Langkah Per Hari

Jalan kaki hingga 10.000 langkah sehari, mungkin kedengarannya sulit dan berat. Namun, misi ini tak berarti mustahil dilakukan. Ada beberapa hal sederhana yang bisa membuat kamu mau tidak mau lebih sering berjalan kaki. Berikut 5 cara di antaranya:

1. Pilih naik tangga daripada lift

Kalau biasanya kamu memilih menggunakan lift yang lebih praktis saat di kantor, cobalah biasakan diri untuk menggunakan tangga mulai sekarang. Untuk yang kantornya terletak di lantai 10 ke atas, kamu boleh menggunakan lift sampai ke lantai terdekat. Selanjutnya baru gunakan tangga. Di samping membantu mewujudkan target 10.000 langkah kaki setiap hari, manfaat naik tangga tentunya bisa cepat membakar lemak dan mengurangi risiko penyakit stroke.

2. Ke toilet di lantai berbeda

Jangan salah, mewujudkan target 10.000 langkah kaki setiap hari juga bisa dilakukan di kantor sekalipun pekerjaanmu hanya di balik meja. Salah satu caranya adalah memilih lokasi toilet yang agak jauh saat ingin buang air kecil, cuci muka, atau make up. Coba pergi ke toilet di lantai atas dengan menggunakan tangga juga. Tentu saja, hal ini bertujuan agar kamu bisa jalan kaki lebih banyak.

3. Parkir kendaraan yang jauh

Setiap ke kantor atau jalan-jalan di mall, pastikan kamu memarkir kendaraan jauh dari tempat pintu masuk. Mau tidak mau, kamu terpaksa berjalan kaki lebih banyak untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Begitupun jika kamu menggunakan ojek online. Minta berhenti agak jauh dari destinasi, agar kamu bisa mencapainya dengan berjalan kaki. Jika tidak sedang terburu-buru, gunakan transportasi umum yang notabene membuatmu lebih banyak jalan.

4. Cari makan ke luar

Masuk jam makan siang, stop memesan lewat ojek online atau meminta tolong office boy. Demi memenuhi 10.000 langkah per hari, baiknya mulai sekarang cari makan ke luar sendiri dengan berjalan kaki. Semakin jauh, tentu saja semakin baik.  Lebih hemat juga, daripada pesan yang mengharuskanmu bayar ongkos delivery. Tapi jangan lupa beli makanan yang sehat ya, agar usahamu untuk memangkas berat badan tak sia-sia.

5. Sempatkan jalan kaki di sela jam istirahat

Cara terakhir, coba luangkan waktu setidaknya 10 menit untuk berjalan kaki di sekitar kantor saat jam istirahat atau usai makan siang. Bagi kamu yang muslim, boleh sembari cari tempat ibadah seperti musholla atau masjid di luar ruangan  setiap waktu shalat tiba.  Selain membantu menyegarkan pikiran dan rasa penat selama bekerja, cara ini tentu akan bermanfaat untuk mewujudkan target 10.000 langkah kaki.

Awalnya, kelima cara di atas  tentu membuatmu lebih capek dari biasanya. Tapi jika sering dilakukan, tubuh lama kelamaan akan menyesuaikan diri sehingga kamu terbiasa. Gunakan jam tangan pedometer agar kamu termotivasi seperti Alodita. Demi 2020 yang lebih sehat, semangat yuk jalan kaki 10.000 langkah per harinya!

Beli jam tangan pedometer tak perlu nunggu gajian. Kartu kredit akan memudahkan transaksimu di kala uang cash mulai menipis. Apply sekarang juga lewat CekAja.com.

(Baca Juga: Yuk Cek! Olahraga Apa yang Bisa Menurunkan Berat Badan?)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.