Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Cara Tetap Bisa Nabung Walau Gaji Sebatas UMP

by Teti Purwanti on 30 April, 2019

Tidak terasa besok kita para pekerja sudah merayakan May Day lagi, alias hari buruh yang jatuh setiap tanggal 1 Mei. Di Indonesia, May Day biasa diwarnai dengan long march serikat-serikat buruh lengkap dengan penyampaian tuntutan baru setiap tahunnya.

tips hemat menabung - CekAja.com

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ternyata peringatan May Day 2019 tidak akan ada long march dari para buruh melainkan diselenggarakan di lapangan Tenis Indoor Senayan. Meski begitu, serikat buruh akan tetap membacakan tuntutan mengenai penghapusan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015, khususnya mengenai pengupahan.

(Baca juga: Libur Hari Buruh, Cek 10 Promo Makan Minum Hemat!)

Upaha Minimum Provinsi (UMP) Jakarta pada 2019 tercatat sebesar Rp3.940.973, naik 8,03 persen dibandingkan 2018. Meski begitu, apakah uang sebesar Rp3,9 juta cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari sebuah keluarga di ibu kota negara?

Bagi kamu yang gajinya cuma sebatas UMP tidak usah khawatir, ternyata ada loh cara agar kamu bisa tetap menabung demi masa depan anak-anak kamu nanti. Penasaran? Ini dia caranya:

1. Kebutuhan harian 40 persen gaji

Kebutuhan sehari-hari seperti makan minum, air dan listrik, pulsa, internet, transportasi, dan rekreasi usahakan tidak lebih dari 40 persen gaji yang kamu dapat. Jika UMP sebesar Rp3,9 juta maka, kamu memiliki dana sebesar Rp1,56 juta yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk makan, tentu akan lebih hemat kalau kamu memasak di rumah dibandingkan kalau membeli makanan di luar. Atau kalaupun terpaksa membeli makan, belilah makanan yang relatif murah, seperti di warteg atau manfaatkan promo menarik dari aplikasi transportasi online.

Begitu pula untuk transportasi, promo transportasi online tentu sangat menarik dan banyak. Kamu juga akan merasa lebih nyaman, namun kalau tidak ada promo maka transportasi umum adalah solusi terbaik buat kamu naiki.

Adapun untuk internet dan pulsa, isilah pada batas minimum karena tentu saja kantor kamu memiliki internet untuk digunakan bersama, begitu pula di rumah. Apalagi saat ini juga banyak sekali merchant yang memberikan bonus ataupun promo pulsa.

2. 30 persen gaji untuk bayar cicilan

Zaman sekarang siapa yang tidak berutang untuk memiliki sesuatu terutama rumah? Karena itu, meski gaji kamu minimal bukan berarti kamu tidak bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Sisihkan 30 persen gaji kamu untuk cicilan produktif, terutama rumah. Semakin muda kamu mencicil rumah tentu semakin baik, apalagi zaman sekarang harga tanah dan properti melonjak gila-gilaan setiap tahunnya.

Akan tetapi, kalau kamu belum bisa mencicil rumah karena belum memiliki uang untuk uang muka, maka 30 persen dana ini adalah dana yang kamu sisihkan untuk membayar sewa rumah kamu, atau investasi lain dengan catatan adalah hal produktif, bukan untuk foya-foya.

Kalau kamu memang masih mengontrak rumah, ada baiknya pilih kontrakan yang dekat dengan tempat bekerja. Sehingga biaya transportasi bisa disisihkan untuk hal lain yang berguna.

3. Tabung 20 persen gaji

Sebesar 20 persen gajimu kalau bisa kamu gunakan untuk investasi atau menabung tentu akan sangat baik. Namun, kalau pun tidak bisa sehingga kamu bisa menggunakan dana ini sebagai dana dararut kalau sampai terjadi hal buruk.

Untuk memastikan ada dana yang bisa kamu simpan sebaga investasi atau tabungan, kamu bisa memilih tabungan berjangka yang disediakan berbagai bank, baik bank BUMN ataupun swasta. Kalau kamu lebih suka investasi, saat ini juga sangat mudah untuk berinvestasi online.

Kamu bisa berinvestasi surat berharga, saham, dan juga reksa dana, serta logam mulia. Ditambah lagi, tidak ada batas minimum untuk berinvestasi saat ini. Beberapa perusahaan investasi bahkan memungkinkan kamu untuk berinvestasi dari Rp1.000.

4. 10 persen gaji untuk sedekah

Semua agama dan keyakinan tentu saja mengajarkan pemeluknya untuk berbuat baik, meski setiap keyakinan itu punya pakem sendiri untuk beramal.

Setidaknya kamu bisa menyisihkan 10 persen gajimu untuk beramal atau berdonasi bagi yang membutuhkan. Seperti juga banyak layanan berbasis online, sekarang kamu juga bisa berdonasi secara online melalui berbagai platform yang tersedia.

Atau kalau kamu lebih suka bertatap muka kamu bisa mengantarkan donasimu ke rumah yatim piatu terdekat.

5. Pekerjaan tambahan

Jangan lupa jalankan porsi-porsi pengeluaran kamu seperti yang disebutkan di atas secara konsisten. Namun, kalau kamu masih belum bisa mencapainya maka usahakan carilah pekerjaan tambahan agar pengasilanmu tidak terasa pas-pasan.

(Baca juga: Dari Parfum Hingga Tiket Bioskop, Ini Beberapa Tuntutan di Hari Buruh 2018)

Kini kamu sudah tahukan cara tetap bisa menabung dengan gaji UMP? Meski penghasilan kamu belum bisa dibilang lebih dari cukup, jangan lupa untuk terus bersyukur yah! Karena hanya dengan mensyukuri rezeki yang kita miliki, maka akan lebih tenang kita menjalani hidup ini.

Jika kamu terpaksa harus berutang, pastikan untuk mencari pinjaman dari CekAja.com, perusahaan penyedia marketplace finansial yang bisa memberikan rekomendasi kredit tanpa agunan (KTA), atau kredit modal usaha kecil menengah (UKM) sesuai kebutuhan kamu dan keluarga.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.