Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Destinasi Wisata ala Luar Negeri di Banyuwangi

by Sindhi Aderianti on 23 September, 2019

Indonesia dengan ragam keindahan objek wisatanya, selalu menggugah hati untuk menjelajah. Selama ini mungkin kita hanya tahu yang mainstream-mainstream saja, misalnya Yogyakarta, Bali, atau Lombok. Namun, lupa kalau ada Banyuwangi yang punya  segudang destinasi wisata juga tak kalah memukau!

wisata Banyuwangi

Banyuwangi, kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa ini merupakan penghubung antara Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Mungkin banyak di antara kita yang belum terlalu familiar dengan lokasi-lokasi wisata di sana. Selain kaya akan tradisi, kota dengan julukan The Sun Rise of Java tersebut juga memiliki berbagai macam destinasi wisata.

Dari sekian banyak tempat wisata di Banyuwangi, ternyata ada beberapa tempat yang mirip dengan tempat wisata di luar negeri, lho. Berikut 5 di antaranya:

1. Taman Nasional Baluran, ‘the little Africa’

Padang savana, bukan cuma negara-negara di Afrika yang punya. Kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Baluran yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Taman Nasional seluas 25.000 hektar ini menyajikan 444 jenis tumbuhan yang diantaranya adalah tumbuhan asli dan mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering. Selain itu, ada juga 155 spesies burung dan 26 jenis satwa diantaranya, kerbau liar, monyet, rusa, kijang, macan tutul, kancil, kucing bakau, dan banteng.

(Baca juga: Lima Kota Legendaris di Indonesia yang Paling Menarik Bagi Wisatawan)
2. Pantai Plengkung, ‘ombak rasa Hawaii

Terkenal dengan nama G-Land, pantai ini merupakan surga bagi pecinta olahraga surfing. Airnya yang bening memiliki kombinasi tiga warna, yaitu warna putih, biru, dan hijau. Persis seperti di Hawaii, peselancar dunia bahkan menjuluki ombak Pantai Plengkung sebagai the seven giant waves wonder. Apalagi di bulan April hingga September, biasanya ombak yang muncul lebih tinggi sekitar 8 meter dengan panjang 2 km.

Jika tertarik untuk menyambanginya, Pantai Plengkung berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Uniknya lagi, pantai tersebut juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

3. Kawah Ijen, blue fire

Objek wisata ini sangat ikonik bagi Kota Banyuwangi. Popularitasnya bahkan memikat banyak wisatawan mancanegara. Kawah Ijen sering dikunjungi oleh mereka yang ingin melihat keindahan blue fire. Panorama api biru kebetulan cuma ada 2 di dunia, lho! Selain negeri land of fire and ice Islandia, Banyuwangi menjadi kota yang juga beruntung karena dianugerahi fenomena alam tersebut. Namun, untuk menikmati keindahan blue fire, kamu harus sedikit berjuang untuk mendaki Gunung Ijen pada waktu dini hari.

4. De Jawatan, hutan Alice in Wonderland

Pernah nonton Alice in Wonderland? Banyuwangi punya hutan yang mirip dengan setting film garapan Tim Burton tersebut. Ya, kamu bisa mengunjungi Hutan De Jawatan di Desa Benculuk, Kabupaten Banyuwangi. Hutan milik Perhutani ini termasuk dalam kategori hutan kecil, karena hanya memiliki luas sekitar 3,8 hektar. Jawatan merupakan hutan wisata dengan pohon-pohon raksasa setinggi lebih dari 10 meter.

Pohon Trembesi menjadi spot favorit wisatawan, karena memiliki ranting yang menjulur secara acak dan dihinggapi benalu-benalu hijau. Beberapa pohon tersebut juga dibangun rumah pohon dan ayunan sehingga ambience negeri dongeng terasa semakin kuat.

5. Pulau Merah, ‘Baia Do Sancho’

Pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui pegunungan yang berada persis di tengah pantai. Nyaris serupa dengan Baia Do Sancho milik negara Brazil. Perpaduan air seperti kristal dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km, semakin membuat pantai tersebut nampak seperti di luar negeri. Ketika air laut surut, kamu bisa mencoba berjalan kaki menikmati pulau kecil yang memiliki tanah berwarna kemerahan tersebut.

(Baca juga: Menikmati Hutan Wisata Tersembunyi di Batam!)

Jika ada objek wisata yang sebagus itu di negara sendiri, rasanya tak harus lagi mahal-mahal keluar negeri. Banyuwangi, kuy! Kemanapun destinasi travelingmu, jangan lupa untuk selalu membekali diri dengan asuransi perjalanan. Temukan yang terbaik hanya di CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.