Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

5 Dokter Ini Dianggap Paling “Tajir” di Dunia, Kok Bisa?

by Arfan Wiraguna on 31 Juli, 2015

Dokter jadi salah satu profesi yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup lumayan. Dari sekian juta dokter yang ada di dunia, ternyata ada 5 orang dokter yang dianggap paling kaya. Apa yang membedakan mereka?

Dokter kaya raya? Tentu boleh-boleh saja. Terutama karena profesi semacam ini memberikan pendapatan yang biasanya bersifat honor/fee. Ditentukan secara dominan oleh kemampuan, jaringan, dan kompetensi dokter tersebut dalam memberikan layanan yang sesuai bagi sang pasien dalam urusan kesehatan. Makin bagus kredibilitas, kualitas, dan kemampuan, serta jaringan dokter tersebut, maka semakin baik pula bayarannya.

Selain itu, profesi dokter selama ini dianggap relatif lebih aman dan stabil. Semuanya lebih ‘pasti’. Seorang dokter bakal tahu persis kapan uang masuk, berapa jumlahnya, dan tanggal berapa dapur ngebul. Konsekuensinya? Diantaranya adalah kurangnya kebebasan waktu, terutama jika dokter tersebut dibutuhkan oleh banyak pasien.

Namun, dari sekian banyak dokter kaya yang mempunyai banyak pasien, beberapa diantaranya memiliki harta yang berlimpah ruah serta lebih populer dibandingkan dengan rekan-rekan seprofesinya. Mereka mendapatkan uang lewat investasi di berbagai bidang yang diikuti, gaji dan honor. Berikut profil para dokter paling “tajir” di dunia tersebut.

Patrick Soon-Shiong

320x486

Menempati peringkat orang terkaya ke-96 dunia dengan nilai kekayaan yang ditaksir oleh Forbes mencapai US$12,5 miliar atau setara dengan Rp168 triliun pada bulan Juli 2015, Patrick Soon-Shiong jelas-jelas merupakan dokter paling “tajir” di dunia saat ini. Selain berprofesi sebagai dokter, dia juga berbisnis obat-obatan. (Baca juga: Kalau Punya 6 Tanda Ini Anda Calon Miliuner)

Dikutip dari artikel “Patrick Soon-Shiong, miliuner pembuat obat diabetes” yang dimuat secara online oleh Kontan, Senin, 11 Oktober 2010, Soon-Shiong melalui perusahaan obat-obatannya berhasil memupuk pundi-pundi kekayaan hingga sekitar US$ 5 miliar atau setara dengan Rp 67 triliun pada Maret 2010.

Sejak kecil, Soon-Shiong sangat tertarik dengan bidang kesehatan dan kewirausahaan. Dia mendapatkan pengetahuan itu dari ayahnya, yang selain dokter juga membuka usaha toko obat herbal di Port Elizabeth, Afrika Selatan. “Sejak berumur 13 tahun saya sudah ingin menjadi dokter,” kata Soon-Shiong.

Dia berhasil memperoleh beasiswa di Fakultas Kedokteran University of Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan. Pada usia 23 tahun dia sudah mendapat gelar dokter. Ia adalah lulusan terbaik keempat dari 189 mahasiswa yang lulus.

Saat ini, Soon-Shiong mengerjakan beberapa proyek kesehatan. Salah satunya adalah sebuah perusahaan bernama Nantworks. Perusahaan ini rencanaya bakal membuat sebuah sistem yang dapat menghubungkan semua data mengenai pasien di rumah sakit dan mengombinasikan data tersebut dengan informasi genetika pada level yang belum pernah terlihat sebelumnya. (Foto: Forbes.com)

Phillip Frost

320x486-2

Dengan kekayaan yang ditaksir oleh Forbes sebesar US$5,3 miliar atau setara dengan Rp 71 triliun pada bulan Juli 2015, Phillip Frost merupakan salah satu dokter yang memiliki harta berlimpah. Bahkan, ia berada di urutan ke-341 dalam daftar orang terkaya di dunia.

Selain sebagai dokter, Frost juga merupakan seorang investor dan penemu. Saat ini, ia tengah sibuk mengerjakan proyek terbarunya, yaitu Opko Health—sebuah perusahaan farmasi yang memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan kekayaannya.

Frost lahir dari keluarga penganut Yahudi yang taat di Amerika Serikat. Dia mendapatkan gelar BA di bidang sastra Perancis dari Universitas Pennsylvania. Kemudian, ia memperoleh gelar dokter (MD) dari Albert Einstein College of Medicine pada tahun 1961 dan melanjutkan studinya di Universitas Paris dari tahun 1955 sampai 1956. Frost pernah menjabat sebagai mayor di Pusat Kesehatan Umum Amerika Serikat dari tahun 1963 sampai 1965 dan merupakan profesor dermatologi di Universitas Miami dari tahun 1966 sampai 1972. (Foto: Forbes.com)

Gary Michelson

320x486-3

Gary Michelson merupakan seorang ahli bedah ortopedi dan tulang belakang yang berganti fokus menjadi seorang investor. Dengan kekayaan yang ditaksir oleh Forbes sebesar US$1,55 miliar atau setara dengan Rp 20,8 triliun pada bulan Juli 2015, Gary Michelson merupakan salah satu dokter yang memiliki harta berlimpah. (Baca juga: 10 Film yang Ajarkan Cara Kumpulkan Uang Banyak Lebih Cepat)

Saat ini, Michelson berada di urutan ke-1226 dalam daftar orang terkaya di dunia. Investasinya sendiri ada di beberapa bidang, diantaranya adalah properti, perkayuan, energi dan sekuritas.

Keputusan Michelson untuk mendaki karir sebagai ahli bedah tulang belakang tidak terlepas dari pengalaman di keluarganya. Nenek Michelson mengalami deformitas atau perubahan bentuk pada tulang belakangnya. Inilah alasannya kenapa Michelson mendedikasikan hidupnya untuk memperbaiki kehidupan orang-orang yang menderita penyakit tulang belakang. Hingga saat ini, ia telah praktik sebagai dokter ahli bedah tulang belakang selama lebih dari 25 tahun. Selain itu, lebih dari 110 makalah penelitian dan tulisan sudah diterbitkan atas namanya. (Foto: Forbes.com)

James Andrews

39195

Bekerja di Andrews Sports Medicine & Orthopaedic Center sebagai ahli bedah ortopedi, James Andrews merupakan seorang dokter asal Amerika Serikat dengan kekayaan yang ditaksir oleh TheRichest mencapai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun pada tahun 2014.

Andrews dianggap sebagai salah satu dokter bedah terpopuler di dunia dengan spesialisasi pada cedera bahu, siku dan lutut. Ia dikenal sebagai dokter bedah bagi para pasien yang berasal dari kalangan atas dan atlet dunia, seperti Kevin Smith, Tom Brady, Drew Brees, Albert Pujols, Shawn Michaels, CM Punk, John Cena, Triple H, Randy Orton dan Edge.

Selain itu, Andrews juga merupakan dokter untuk beberapa tim football Amerika Serikat, yaitu Washington Redskins dan Alabama Crimson Tide. Ia juga pernah bekerja untuk para selebriti, seperti Michael Jordan, Emmitt Smith, Jack Nicklaus, Robert Griffin III, Tory Aikman, John Smoltz, Brett Favre, Roger Clemens, Charles Barkley, Andrei Markov, Reggie Bush, Adrian Peterson, Jonny Venters, Rajon Rondo, Ryan Broyles, Curt Casali Bo Jackson, Michael Morse, Nerlens Noel dan Marcus Lattimore. (Foto: Andrewssportsmedicine.com)

Leonard Hochstein

doctor-hochstein

Bertempat tinggal di Miami, Leonard Hochstein merupakan salah satu dokter paling “tajir” di dunia dengan nilai kekayaan yang ditaksir oleh TheRichest mencapai US$ 20 juta atau sekitar Rp 269 miliar pada tahun 2012. Selama lebih dari lima belas tahun, Hochstein sudah menjalani profesinya sebagai dokter bedah plastik dengan spesialisanya di bidang mempercantik kontur tubuh, peremajaan wajah, memperindah payudara dan operasi kecantikan lainnya. (Baca juga: 15 Klaim Asuransi Termahal di Dunia)

Pria kelahiran 18 Juni 1966 di Moskow, Rusia, ini menyelesaikan sekolah menengah atas dan berkuliah di Amerika Serikat. Saat ini, dokter bedah Amerika Serikat ini memiliki istri bernama Lisa, yang merupakan bintang acara serial televisi The Real Housewives of Miami.

Setelah menyelesaikan residensi dan mendapatkan sertifikasinya, Hochstein menjadi salah satu dokter paling sukses dan populer di Miami, Amerika Serikat. Hingga saat ini, ia telah melakukan lebih dari 10.000 operasi kecantikan.

Walaupun kita tengah memasuki masa revolusi digital—dengan salah satu hal yang diperoleh dari kemajuan teknologi ini adalah kemudahan dalam mencari informasi, termasuk informasi terkait kesehatan (baca: penyakit)—namun, peran dokter sebagai  analis penyakit, ternyata belum tergantikan. Inilah sebabnya, profesi dokter dibutuhkan banyak orang, sekaligus masih memberikan penghasilan yang sangat besar. (Foto: Foto: Lhochsteinmd.com)

Mau tahu asuransi kesehatan yang cocok untuk Anda? Cek di sini.

 

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami