Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Fakta Mengejutkan Olahraga Hemat Biaya yang Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

by Rafly Aditia on 18 Maret, 2016

Sudah bukan rahasia lagi, olahraga merupakan hal yang harus kamu lakukan secara rutin jika ingin memiliki tubuh yang sehat. Berolahraga pun tidak perlu mahal, karena banyak sekali olahraga hemat biaya yang punya manfaat luar biasa.

Biar kamu makin rajin berolahraga, artikel berikut ini akan memaparkan sejumlah olahraga sederhana yang menyehatkan sekaligus efektif mencegah berbagai penyakit berbahaya.  Untuk yang ingin hidup lebih sehat, coba simak sejumlah hasil penelitian mengenai olahraga di bawah ini:

Jogging mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Fakta yang pertama, jogging atau lari-lari kecil ternyata bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Hal ini dibuktikan oleh studi yang dilakukan Washington University di St Louis yang menemukan fakta bahwa orang yang berpotensi terkena penyakit Alzheimer karena keturunan dapat mengurangi risikonya dengan rutin melakukan jogging atau lari.

Bodyworkout meningkatkan metabolisme

Penelitian lain mengungkapkan bahwa dengan melakukan beberapa repetisi gerakan bodyworkout yang dianjurkan oleh Ben Greenfield seperti jumping jack, crunch, squat, push up, dan burpees dapat memperkuat sistem metabolisme dalam tubuh.

Tentunya, hal ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau ingin membentuk tubuh yang proporsional. Lagi-lagi kamu bisa melakukan olahraga yang satu ini secara cuma-cuma, kapanpun dan dimanapun bahkan di kamar sekalipun.

(Baca juga: 8 Operasi Plastik Termahal di Dunia yang Dilakuakn Selebritis)

Berenang menurunkan risiko penyakit jantung

Kalau kamu mau sedikit keluar uang, berenang bisa menjadi olahraga alternatif. Berenang tidak harus di tempat yang mahal. Manfaatkan kolam renang terdekat dari rumah yang harga tiket masuknya terjangkau. Sebab, manfaat kesehatan yang diperoleh sama.

Perlu kamu ketahui, sebuah penelitian American Heart Association mengungkapkan, berenang selama 30 menit per hari bisa meningkatkan kemampuan jantung koroner hingga 30%. Selain itu, berenang juga bisa membuat rasio antara kadar kolesterol baik dan buruk menjadi lebih seimbang. Hal-hal tersebut membuat risiko penyakit jantung semakin menurun.

Angkat beban bikin tulang lebih kuat

Olahraga lainnya adalah angkat beban. Tak cuma di gym, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam benda yang ada di rumah untuk dijadikan beban berolahraga. Angkat beban ternyata juga bisa membuat tulang lebih kuat.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian Journal of Applied Physiology yang menyatakan, latihan angkat beban selama 16 minggu bisa memadatkan massa tulang pinggul serta meningkatkan level osteocalcin dalam darah yang merupakan zat pembentuk tulang.

(Baca juga: Daftar Terbaru Orang Terkaya Sedunia)

Skipping cegah osteoporosis

Olahraga lompat tali atau skipping adalah salah satu olahraga hemat biaya yangs angat menyehatkan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Osteoporosis Society di Inggris, melakukan olahraga lompat tali selama 2 hingga 5 menit setiap harinya bisa mengurangi risiko terkena osteoporosis. Dengan rutin melakukan skipping, dijamin masa tua kamu akan bebas dari osteoporosis.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami