Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

5 Fakta Unik Seputar Tubuh Manusia

by Rafly Aditia on 8 Oktober, 2016

Tubuh manusia memang penuh dengan misteri. Tidak heran jika banyak sekali kabar burung atau mitos seputar kesehatan.

Tetapi kali ini beberapa mitos kesehatan, khususnya seputar tubuh manusia akan kita tinjau dengan kacamata ilmiah. Berikut ini 5 fakta unik seputar tubuh manusia:

Ukuran kaki tetap membesar meski sudah dewasa

Kamu pernah beli sepatu tetapi baru satu atau dua tahun dipakai sudah terasa sempit? Padahal secara usia kamu sudah tergolong dewasa? Tidak perlu bingung, hal tersebut memang wajar terjadi kok. Cary M. Zinkin, DPM, juru bicara American Podiatric Medical Association menjelaskan alasan di balik hal itu.

Menurutnya,  setelah bertahun-tahun tendon dna ligamen di kakimu bakal melemah sehingga menyebabkan otot kaki menyebar dan melebar secara merata. Inilah penyebabnya ukuran kakimu bisa bertambah walau sudah dewasa.

(Baca juga: 5 Hal yang Harus diketahui Sebelum Memulai Bisnis dengan Teman)

Wanita lebih gampang kedinginan

Kathryn Sandberg, kepala bagian pusat penelitian kesehatan, penyakit, dan kecantikan Georgetown University mengungkapkan bahwa wanita memang lebih mudah kedinginan dibanding laki-laki. Pembuluh darah di jari jemari wanita pun lebih mudah terhambat ketika berada di cuaca dingin sehingga membuat wanita lebih mudah terlihat pucat saat berada di tempat bertemperatur rendah.

Pernah nyium bau khas orang tua?

Bau khas orang tua yang mungkin selama ini kamu ragukan kebenarannya sudah terbukti. Banyak penelitian mengatakan bahwa bau yang dilepaskan dari kulit orang tua benar-benar ada dan berbeda dibanding bau badan anak muda.

Sering buang air kecil saat malam

Pankaj J. Pasricha, MD, ketua neurogastroenterology di Johns Hopkins Center for Neurogastroenterology mengatakan, kebiasaan manusia terutama wanita yang suka kencing di malam hari adalah hal biasa. Penuhnya kandung kemih setelah mengonsumsi cairan sebelum tidur di malam hari bisa membangkitkan saraf yang membuat dirimu bangun untuk buang air kecil.

(Baca juga: Ini Mobil Baru yang Bisa Dibeli Cukup dengan Rp 20 jutaan)

Alasan ketiak jadi bagian tubuh paling bau

Ternyata penyebab ketiak jadi bagian tubuh paling bau adalah bakteri. Yup, walau di bagian lain seperti kaki atau lengan sering berkeringat tetap saja bakteri lebih sering berada di ketiak. Sebab,  posisi ketiak memungkinkan bakteri terlindung dari sinar matahari.

Asuransi kesehatan dapat menghindarkan orang dari bencana finansial. Lindungi dirimu dan keluargamu dengan produk asuransi kesehatan terbaik. Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.