Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Film Horor Paling Sukses di Indonesia, Salah Satunya Pernah Tayang di 42 Negara

by Estrin Vanadianti Lestari on 27 Desember, 2019

Tidak dapat dipungkiri, bahwa industri film Indonesia saat ini, terlihat semakin bagus dan banyak mengukir prestasi. Mulai dari genre drama, action, percintaan anak remaja, dan tak terkecuali genre horor. Nah, bicara tentang genre horor, beberapa film horor Indonesia yang belum lama ini muncul, juga tak kalah bagus lo. Bahkan beberapa di antaranya, masuk dalam daftar film horor paling sukses di Indonesia sepanjang masa.

Sebut saja, film Pengabdi Setan, karya Joko Anwar, yang menjadi satu-satunya film horor Indonesia dengan penonton terbanyak sepanjang masa. Bahkan, saking seramnya, film Pengabdi Setan yang menjadi salah satu film horor paling sukses di Indonesia ini, juga pernah tayang di 42 negara lo.

Tidak sampai di Pengabdi Setan, karena setelah film tersebut tayang, film ber-genre horor yang terus bermunculan juga, tak kalah sukses menarik perhatian berjuta pasang mata penonton. Pasalnya, tingkat kesuksesan sebuah film, juga tidak hanya dilihat dari berapa banyaknya penonton saja, tetapi bisa dilihat juga dari segi prestasi lainnya yang didapat.

Misalnya, film horor paling sukses tersebut, terdaftar kebanyak nominasi penghargaan, seperti nominasi film terbaik, pemain terbaik, skenario terbaik, hingga sutradara terbaik. Pasalnya, film yang paling banyak ditonton, juga belum tentu memiliki rating atau penilaian baik, yang sesuai dengan harapan penonton.

(Baca juga: Film Seru Wajib Tonton di 2020)

Deretan Film Horor Paling Sukses di Indonesia

Nah, daripada asal menebak- nebak, lebih baik intip rangkuman terkait film horor paling sukses di Indonesia berikut ini beserta penghargaan yang pernah diraih:

1. Pengabdi Setan (2017) – 4,2 Juta Penonton

Film horor paling sukses di Indonesia yang pertama adalah Pengabdi Setan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, film yang disutradarai Joko Anwar ini, juga merupakan film horor remake, yang memiliki judul yang sama pada tahun 80-an.

Film horor yang terkenal dengan sosok Ibu ini, juga memenangkan setidaknya 7 penghargaan, dari 13 nominasi pada ajang Festival Film Indonesia 2017. Bahkan, Pengabdi Setan juga berhasil menyabet predikat, sebagai film horor paling sukses dan paling laris di Indonesia.

Selain itu, film ini juga telah tayang di 42 negara di dunia, di antaranya adalah Singapore, Malaysia, Thailand, Taiwan, Belanda, Brunei Darussalam, Spanyol, dan lain-lain. Bahkan, penayangan film Pengabdi Setan, tetap menggunakan bahasa Indonesia, alias tidak di-dubbing.

2. Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur (2018) – 3,3 Juta Penonton

Film horor paling sukses di Indonesia setelah Pengabdi Setan adalah film Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur. Dimana film ini juga merupakan film remake era 80-an, yang kini tokoh utama Suzzanna diperankan oleh Luna Maya. Ada pula pemeran inti lainnya seperti Herjunot Ali sebagai suami Suzzanna, hingga Asri Welas, sebagai asisten rumah tangga.

Film yang disutradarai oleh Rocky Soraya dan Anggy Umbara ini, juga setidaknya menyabet beberapa penghargaan, seperti Pemeran Utama Terbaik, dalam ajang Faestival Film Bandung, Indonesian Movie Actors Award, dan Piala Maya. Serta penghargaan untuk, Penata Musik dalam ajang Festival Film Bandung, hingga Tata Rias Wajah dan Rambut, dalam ajang Piala Maya.

3. Danur: I Can See Ghosts (2017) – 2,7 Juta Penonton

Film horor paling sukses di Indonesia yang ada di urutan ke tiga adalah Danur: I Can See ghosts. Film yang diangkat dari novel dan kisah nyata sang penulis, yakni Risa Saraswati, ini menceritakan pengalamannya memiliki teman-teman gaib sejak kecil.

Tokoh Risa yang diperankan oleh Prilly Latuconsina ini, setidaknya telah memiliki teman gaib, sejak usianya 8 tahun. Cerita yang sangat unik ini pun sangat menarik perhatian para pecinta film horor, dan tembus hingga 2,7 penonton di Indonesia.

Bahkan, sejak penayangan tujuh hari pertama, film ini sudah tembus di angka 1,2 juta penonton. Atas prestasi tersebut, film Danur: I Can See Ghosts mendapatkan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia), sebagai film horor dengan jumlah penonton terbanyak dalam sepekan.

4. Jailangkung (2017) – 2,5 Juta Penonton

Film horor paling sukses selanjutnya adalah film Jailangkung. Film yang disutradarai Jose Poernomo dan Rizal Mantovani ini, setidaknya berhasil mengumpulkan 2,5 juta penonton di Indonesia, selama penayangan.

Film yang dibintangi oleh Amanda Rawles dan Jefri Nichol ini, menceritakan tiga gadis yang ingin menguak sebuah misteri yang terjadi terhadap ayah mereka, karena koma misterius. Nah, gadis ini pun akhirnya menemukan jailangkung, dan membuka rahasia gelap di masa lalu. Namun, dengan terkuaknya hal tersebut, nyawa mereka pun jadi taruhannya.

Tidak hanya mendapatkan banyak penonton, film ini juga masuk ke dalam nominasi di ajang penghargaan Indonesia Box Office Movie Awards (IBOMA) tahun 2019, dan film Jailangkung mendapatkan sebuah Gold Medal.

5. Asih (2018) – 1,7 Juta Penonton

Masih berkaitan dengan film Danur, film Asih ternyata masuk ke dalam salah satu film horor paling sukses di Indonesia lo. Menceritakan tentang seorang perempuan bernama Asih, yang bunuh diri dalam keadaan hamil karena mengalami banyak kejadian aneh, sehingga arwah Asih pun menjadi gentayangan dan menghantui juga sedang hamil besar.

Film yang diperankan oleh Citra Kirana dan Shareefah Daanish ini juga mendapatka predikat film horor terlaris, karena film tersebut meraih 191 ribu penonton di hari pertama, dan 1 juta penonton di pekan pertaman.

(Baca juga: Daftar Situs Nonton Film Online Terbaru 2020)

Itulah beberapa deretan film horor paling sukses dan laris sepanjang masa di Indonesia. Bagaimana, apa kamu sudah pernah nonton semua film horor paling sukses di atas? Jika belum, dengan alasan kehabisan tiket, kamu bisa lho, beli tiket bioskop via online, dan lakukan pembayaran melalui kartu kredit.

Karena dengan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari diskon, promo, atau cashback. Yuk ajukan kartu kredit pilihanmu hanya di CekAja!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk